Pengembangan Media Augmented Reality Picture Book Sebagai Penunjang Keterampilan Menyimak Cerpen

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6008

Authors

  • Shanti Putri Kirani Universitas Negeri Semarang
  • Andarini Permata Cahyaningtyas Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Augmented Reality Picture Book, listening skills, ADDIE model

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media Augmented Reality Picture Book (ARPB) dan menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV SD Negeri Podorejo 3. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan kuantitatif, mengacu pada model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media ARPB dikembangkan dalam bentuk buku cerita bergambar yang dipadukan dengan teknologi Augmented Reality guna menyajikan konten cerita secara visual dan interaktif. Implementasi dilakukan dengan melibatkan perangkat digital untuk mengakses elemen animasi, suara narasi, dan objek 3D melalui marker yang terdapat di setiap halaman buku, serta didukung dengan lembar kerja siswa sebagai panduan kegiatan menyimak. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan skor kelayakan sebesar 95% dari ahli materi dan 87,5% dari ahli media. Hasil uji efektivitas melalui paired sample t-test juga menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan menyimak siswa setelah menggunakan ARPB. Dengan demikian, media ARPB dapat dijadikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menyimak secara efektif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, D. R. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 185–199.

Anggraini, G., & Winarti, W. (2023). Problematika Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Daerah Tanpa Jaringan Listrik (Studi di SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu). Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 103–112. https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i2.5534

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9). Springer Science.

Damayanti, W. W., Halidjah, S., & Pranata, R. (2021). Analisis tingkat kesukaran butir soal pilihan gandapada penilaian tengah semester kelas iv. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Khatulistiwa, 10(11), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/50458/75676591120

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center. CV. Kaaffah Learning Center.

Du, S., Sanmugam, M., & Barkhaya, N. M. M. (2024). The Impact of Augmented Reality Storybooks on Children’s Reading Comprehension and Motivation. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 18(24), 135–154.

Egista, E., Haryanto, & Mustofa, H. A. (2025). The Effectiveness of Augmented Reality as a Learning Medium in Enhancing Students ’ Motivation and Their Ability to Analyze Physics Concepts. Indonesian Journal of Science Education, 13(1), 202–212.

Hajar, S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Menumbuhkan Minat Siswa Terhadap. Jurnal El-Hamra:Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 9(3), 292–298.

Kusumaningtyas, E. A., & Noviani, A. (2024). Analisis Desain Interaksi Augmented Reality Pada Buku Ensiklopedia Terhadap Konten Pembelajaran Anak Sekolah Dasar. AKSARA: Jurnal Seni Dan Design, 3(1), 1–19.

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 780. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13613

Mafruudloh, N., Ahsanah, F., & Khoiriyah, K. (2024). Developing mobile augmented reality in picture book for teaching English for young learners. Research and Development in Education, 4(2), 908–923.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154

Nursafinah, S., Aisah, S., & Pricilia, H. (2024). Peran Kurikulum Merdeka Untuk Memajukan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Karimah Tauhid, 3(8), 9050–9059.

Oktaviana, P., Holida, N., Tabrani, A., & Arief, N. F. (2024). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Teknologi Augumented Reality. 13(4), 4581–4590.

Ozdemir, E. C., & Akyol, H. (2021). Effect of Augmented Reality-Based Reading Activities on Some Reading Variables and Participation in Class. International Journal of Progressive Education, 17(4), 135–154. https://doi.org/10.29329/ijpe.2021.366.9

Pahlevi, N. R., Degeng, M. D. K., & Ulfa, S. (2024). Storybook berbasis augmented reality (AR) meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/diglosia.v7i1.880

Pamorti, O. A., Winarno, & Suryandari, K. C. (2024). Effectiveness of Augmented Reality Based Learning Media to Improve Critical Thinking Skills on IPAS Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2211–2219. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.7139

Putri Rahminda, Aziva Umairoh, & Witri Islaura W. (2023). Menilai Peran Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Dan Kredibilitas Individu. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 73–77. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i3.3015

Rahmayani, S., Anggraini, S., & Gusmaneli. (2024). Peningkatan Keterampilan Menyimak Peserta Didik dengan Menggunakan Model Discovery Learning pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 01–19.

Salsabila, B., Akhyar, A., Setiawan, A., & Chandra, D. A. (2023). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Kelas VII SMPN 1 Rambah. Journal on Education, 6(1), 856–863. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3002

Sannikov, S., Zhdanov, F., Chebotarev, P., & Rabinovich, P. (2015). Interactive Educational Content Based on Augmented Reality and 3D Visualization. In Procedia Computer Science (Vol. 66). Elsevier Masson SAS. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.11.082

Sari, Y. Y., Fatayan, A., Pandhita, G., Ayu, S., Yatri, K., & Nurfauziah, H. (2025). Integrating Neuroscience-Based Augmented Reality Media for Character Education. International Journal of Information and Education Technology, 15(4), 828–835. https://doi.org/10.18178/ijiet.2025.15.4.2289

Sawitri, J. I., Novita, T., Karo, B., Mutiara, C., & Barus, B. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Improving the Quality of Learning by Using Interactive Learning Media. POTENSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 96–102.

Setiawaty, S., Lukman, I. R., Imanda, R., Sudirman, S., & Rauzatuzzikrina, R. (2024). Integrating Mobile Augmented Reality Applications Through Inquiry Learning To Improve Students’ Science Process Skills and Concept Mastery. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(1), 90–102. https://doi.org/10.15294/jpii.v13i1.48891

Shakurnia, A., Aslami, M., & Bijanzadeh, M. (2018). The effect of question generation activity on students’ learning and perception. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 6(2), 70–77. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29607334%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC5856907

Simsek, E. E. (2024). The effect of augmented reality storybooks on the story comprehension and retelling of preschool children. Frontiers in Psychology, 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1459264

Tarmidzi, Andari, K. D. W., Sari, A., Nuryanti, M., Arfiyanti, R., & Noto, M. S. (2018). Augmented Reality and Its Use in Elementary School Education : A Systematic Literature Review. Jurnal Prima Edukasia, 13(1), 128–145.

Tondang, B., Sitorus, H. A., Tambunan, I. F., Saragih, M. P., & Amirah, N. (2024). Peran Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. ADIBA: Journal of Education, 4(3), 304–315.

Ugalde, L., Garabieta, M. S., Carballido, B. V., & Puigvert, L. (2021). Impact of Interactive Learning Environments on Learning and Cognitive Development of Children With Special Educational Needs: A Literature Review. Frontiers in Psychology, 12, 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.674033

Widyanti, A. N., & Ngatmini. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. JIPDAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(3), 81–88.

Zakariya, Y. F. (2022). Cronbach’s alpha in mathematics education research: Its appropriateness, overuse, and alternatives in estimating scale reliability. Frontiers in Psychology, 1–6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1074430

Published

2025-06-10

How to Cite

Shanti Putri Kirani, & Andarini Permata Cahyaningtyas. (2025). Pengembangan Media Augmented Reality Picture Book Sebagai Penunjang Keterampilan Menyimak Cerpen. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 2624–2637. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6008

Issue

Section

Articles

Categories