"Belenggu Emas" sebagai Pergulatan Identitas Perempuan dalam Konteks Kolonial: Analisis Sara Mills
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5571
Keywords:
Wacana kritis Sara Mills, Representasi perempuan, KolonialismeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji representasi perempuan dalam konteks kolonial menggunakan Analisis Wacana Kritis (AWK) Sara Mills. Selama ini identitas perempuan terjebak dalam narasi patriarkal dan norma-norma gender yang mengekang. Fokus penelitian ini yaitu 1) mengkaji cara perempuan digambarkan, baik sebagai subjek dan objek penceritaan dalam teks. 2)mengkaji cara penceritaan penulis kepada pembaca yang mempengaruhi konstruksi identitas perempuan dalam teks. Data dan sumber data dalam penelitian ini berupa kosa kata, klausa atau kalimat, yang berkaitan dengan identitas perempuan, norma-norma gender, dan konteks sosial politik masa kolonial yang ada dalam cerpen Belenggu Emas karya Iksana Banu. Penelitian ini juga akan melibatkan kajian literatur untuk memahami konteks historis dan teori gender yang relevan untuk mendalami konsep gender dan wacana. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu, 1) kondensasi data, 2) penyajian data, 2) penarikan kesimpulan atau verifiaksi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perempuan digambarkan sebagai subjek sekaligus objek penceritaan. Dalam cerpen yang diteliti menunjukkan, 1) perempuan mengalami dualitas identitas mengakibatkan konflik internal dan ekternal sehingga perempuan sering terjebak dalam narasi patriarkal. 2) Adanya gerakan untuk menciptakan ruang bagi diri mereka sendiri dan kelompoknya dengan pendidikan dan keterampilan. 3) Adanya keberanian untuk menolak hierarki kekuasaan yang menciptakan ketidaksetaraan. Selain itu, dalam penelitian ini penulis juga berusaha untuk memberi kesadaran kepada pembaca mengenai tantangan-tangangan yang dihadapi perempuan dalam memperjuangkan kesetaraan di masa kolonial dan saat ini. Dengan demikian melalui penelitian ini, masyarakat lebih peka terhadap isu gender serta dapat membuka ruang bagi kebijakan yang lebih sensitif gender
Downloads
References
Aisyah, N., Marsalena, N. A., Rita, W. A., Wati, K. L., Sudarsana, I. W., & Suhartien, I. (2024). Dekonstruksi Karya Sastra Ahmad Tohari Tentang Perempuan dalam Perspektif Poskolonial. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 269-276, doi: https://doi.org/10.54297/seduj.v4i3.918 DOI: https://doi.org/10.54297/seduj.v4i3.918
Ambalegin, S. P. (2024). Sejarah Sastra Indonesia. Sejarah Sastra Indonesia, 20.
Amellia, L. F., & Romadhani, R. K. (2021). Dinamika Konflik Peran Ganda dan Psychological Distress pada Wanita Karir. Acta Psychologia, 3(2), 98-104. DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v3i2.40390
Annisa, Z. J., Umaya, N. M., & Septiana, I. (2024). KOLONIALISME DALAM NOVEL RASINA KARYA IKSAKA BANU. Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), 60-67, doi https://doi.org/10.26877/teks.v9i2.597 DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v9i2.597
Banu, I. (2019). Teh dan pengkhianat. Kepustakaan Populer Gramedia.
Butler, J., & Trouble, G. (1990). Feminism and the Subversion of Identity. Gender trouble, 3(1), 3-17.
Connell, R. (2013). Gender and power: Society, the person and sexual politics. John Wiley & Sons.
Eriyanto. 2006. Analisis Wacana Pengantar Teks Media. Yogyakarta: LkiS
Fahmi, M. (2020). Hegemoni Kesetaraan Gender Pada Film Kartini Karya Hanung Bramantyo. Musãwa Jurnal Studi Gender dan Islam, 19(1), 85-97, doi: https://doi.org/10.14421/musawa.2020.191.85-97 DOI: https://doi.org/10.14421/musawa.2020.191.85-97
Faqih, Mansur. (2016). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: INSISTPress
Febiola, N., Aritorang, A. I., & Budiana, D. (2022). Representasi Patriarki Dalam Film “Yuni”. Scriptura, 12(2), 100-112, doi: https://doi.org/10.9744/scriptura.12.2.100-112 DOI: https://doi.org/10.9744/scriptura.12.2.100-112
Khoirunnisa, A. N. (2024). Refleksi Jejak Kolonialisme Jepang dalam Cerpen Bulik Rum Karya Suparto Brata: Kritik Sastra Postkolonial. Sutasoma: Jurnal Sastra Jawa, 12(1), 37-50. Doi https://doi.org/10.15294/3bzdda51 DOI: https://doi.org/10.15294/3bzdda51
Lestari, E. D. (2020). Relasi Pribumi dan Kolonialis dalam Cerpen “Kutukan Dapur” karya Eka Kurniawan (Tinjauan Postkolonial). GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 23-35, doi: https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3191 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3191
Mills, S. 1995. Gender and Discourse. London: Routledge.
Mills, Sara. 1995. The Interface Series: Feminist Stylistics. London: Routledge.
Mills, Sara. 1997. Discourse. London: Routledge.
Nimrah, S., & Sakaria, S. (2015). Perempuan dan budaya patriarki dalam politik: Studi kasus kegagalan caleg perempuan dalam pemilu legislatif 2014. The Politics: Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 1(2), 173-181.
Ningsih, S. W., Karomah, M. M., & Nabila, E. (2025). Analisis Ideologi Kolonialisme Dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer Kajian Pos Kolonial. Student Research Journal, 3(1), 09-16. https://doi.org/10.55606/srj-yappi.v3i1.1680 DOI: https://doi.org/10.55606/srj-yappi.v3i1.1680
Noorvitasari, A. H. (2021). Figur Feminis di Masa Kolonial dalam Novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer. PARAFRASE: Jurnal Kajian Kebahasaan & Kesastraan, 21(2), 146-159, doi: https://doi.org/10.30996/parafrase.v21i2.3095
Ponto, R. A. J., Tampake, T., & Lauterboom, M. (2024). Studi Histori-Feminis Di Zaman Kolonial: Domestifikasi Sebagai Resistensi Perempuan Minahasa. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 7(2), 353-367. https://doi.org/10.14710/endogami.7.2.353-367
Sumakud, V. P. J., & Septyana, V. (2020). Analisis Perjuangan Perempuan Dalam Menolak Budaya Patriarki (Analisis Wacana Kritis–Sara Mills Pada Film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak”). Semiotika: Jurnal Komunikasi, 14(1), doi: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v14i1.2199
Teeuw, A. (1997). Citra Manusia Indonesia dalam Karya Sastra Pramoedya Ananta Toer. Dunia Pustaka Jaya.
Ulfah, D., Idawati, G., & Sultan, S. (2019). Bias Gender Dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(2), 188-196, doi: https://doi.org/10.26858/retorika.v12i2.8935 DOI: https://doi.org/10.26858/retorika.v12i2.8935
Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2025). Analisis Nilai pada Lagu" Sandaran Hati" Karya Letto. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 89-93. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v5i1.1326
Wahyuningsi, E. (2018). Pergeseran Nilai Budaya Jawa dalam Novel Canting Karya Arswendo Atmowiloto: Suatu Kajian Antropologi Sastra. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 2(2), 326-335. DOI: https://doi.org/10.22216/jk.v2i2.3618
Widjanarko, K. I. W. (2023). Representasi Perempuan dalam Lirik Lagu Album TRIAD Karya Ahmad Dhani (Kajian: Analisis Wacana Kritis Sara Mills). Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 131-140, doi: https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.357 DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.357
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.