Analisis Tingkatan Literasi Siswa Sekolah Dasar di Tembilahan Indragiri Hilir

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5742

Authors

  • Latif Latif Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau
  • Putri Octa Hadiyanti Universitas Islam Riau

Keywords:

Literasi, Tingkatan Literasi, Literasi Siswa

Abstract

Penelitian dengan judul Analisis Tingkatan Literasi Siswa Sekolah Dasar di Tembilahan Indragiri Hilir bertujuan mendeskripsikan tingkatan literasi yang dicapai siswa/i SDN 009 Tembilahan. Penelitian ini penting mengingat belum adanya profil terkait tingkat literasi siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam enelitian ini yaitu  kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus. Analisis Data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, klasifikasi dan penarikan simpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan traingulasi Teknik dan menggunakan bantuan skala penilaian secara deskriptif. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa tingkat literasi performatif, fungsional, dan informasional sangat dipahami siswa. Pada tingkatan performative dari 27 siswa  terdata 20 atau 74% siswa sangat baik literasi performatif, 5 atau 18% siswa baik literasi performatif dan 2 atau 7,41% siswa tidak baik literasi performative. Pada tingkat fungsional terdata 22 atau 81% siswa sangat baik literasi fungsional dan 7 atau 25% siswa baik literasi fungsional. Pada tingkat informasional terdata 15 atau 55% siswa sangat baik literasi informasional, 10 atau 37% siswa baik literasi informasional dan 2 atau 7,41%  siswa tidak baik literasi informatif. Pada tingkatan epistemic terdata 10 atau 37%  siswa sangat baik  literasi epistemic, 12 atau 44%  siswa baik literasi epistemik dan 5 atau 18%  siswa tidak baik  literasi epistemic

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhan Nurgiyantoro, B. L. & D. H. R. (2020). Konstruk Asesmen Literasi Fungsional untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Literas, 19(2), 194. file:///C:/Users/HP/Downloads/32977-88883-1-PB.pdf

Damaianti, V. S. (2021). Literasi Membaca: Hasrat Memahami Makna Kehidupan. Bandung: Penerbit Refika.

Emzir. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rajawali Press.

Fardan, A. (2016). Kajian Penanaman Pengetahuan Epistemik Secara Eksplisit Reflektif pada Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1, 529. https://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Ahmad-Fardan-529-541.pdf

Hasanah, U. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Serta Implementasinya di Sekolah Dasar. Jakarta: Puslitjak Kemendikbud.

Hasrianti, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Penguatan Budaya Literasi Membaca Siswa Kelas V di MIMadani Alauddin Kabupaten Gowa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 7(2), 686. https://e-journal.my.id/onoma/article/view/1372/1185

Kusumastuti, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Mashuri, I. (2012). Implementasi Literasi Informasi di Sekolah. Pusatakaloka, 4(1), 61. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/95/pentingnya-literasi-informasi-untuk-pembelajaran-sepanjang-hayat

Murnanee, Richard Isabel Sawhill, C. S. (2012). Literacy Challenges for the Twenty-First Century: Introducing the Issue. Https://Dash.Harvard.Edu/, 22(2), 3–15. https://doi.org/10.1353/foc.2012.0013.

Padmadewi, N. N. (2018). Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktik. Bali: Nilacakra.

Richard Murnane, Isabel Sawhill, and C. S. (2012). Literacy Challenges for the Twenty-First Century: Introducing the Issue. The Future of Children, 22(2), 3. https://futureofchildren.princeton.edu/sites/g/files/toruqf2411/files/media/literacy_challenges_for_the_twenty-first_century_22_02_fulljournal.pdf

Sahidah, A. (2022). Literasi. 17 Oktober. https://www.unuja.ac.id/bs/ffjhdbfifec.html

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108.

Ummah, M. N. (2025). Strategi Komunikasi dalam Mengatasi Ketidaktepatan Berbahasa Lisan pada Mahasiswa Penutur Asing: Studi Kasus Mahasiswa Uganda yang Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 11(1), 232–244. https://e-journal.my.id/onoma/article/view/5017/3294

Wray, D. (2014). Teaching Literacy Effectively in the Primary School. London: Routledge Falmer

Published

2025-04-25

How to Cite

Latif, L., Febrina Dafit, & Putri Octa Hadiyanti. (2025). Analisis Tingkatan Literasi Siswa Sekolah Dasar di Tembilahan Indragiri Hilir. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1967–1973. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5742

Issue

Section

Articles

Categories