Analisis Tingkatan Literasi Siswa Sekolah Dasar di Tembilahan Indragiri Hilir
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5742
Keywords:
Literasi, Tingkatan Literasi, Literasi SiswaAbstract
Penelitian dengan judul Analisis Tingkatan Literasi Siswa Sekolah Dasar di Tembilahan Indragiri Hilir bertujuan mendeskripsikan tingkatan literasi yang dicapai siswa/i SDN 009 Tembilahan. Penelitian ini penting mengingat belum adanya profil terkait tingkat literasi siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam enelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus. Analisis Data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, klasifikasi dan penarikan simpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan traingulasi Teknik dan menggunakan bantuan skala penilaian secara deskriptif. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa tingkat literasi performatif, fungsional, dan informasional sangat dipahami siswa. Pada tingkatan performative dari 27 siswa terdata 20 atau 74% siswa sangat baik literasi performatif, 5 atau 18% siswa baik literasi performatif dan 2 atau 7,41% siswa tidak baik literasi performative. Pada tingkat fungsional terdata 22 atau 81% siswa sangat baik literasi fungsional dan 7 atau 25% siswa baik literasi fungsional. Pada tingkat informasional terdata 15 atau 55% siswa sangat baik literasi informasional, 10 atau 37% siswa baik literasi informasional dan 2 atau 7,41% siswa tidak baik literasi informatif. Pada tingkatan epistemic terdata 10 atau 37% siswa sangat baik literasi epistemic, 12 atau 44% siswa baik literasi epistemik dan 5 atau 18% siswa tidak baik literasi epistemic
Downloads
References
Burhan Nurgiyantoro, B. L. & D. H. R. (2020). Konstruk Asesmen Literasi Fungsional untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Literas, 19(2), 194. file:///C:/Users/HP/Downloads/32977-88883-1-PB.pdf
Damaianti, V. S. (2021). Literasi Membaca: Hasrat Memahami Makna Kehidupan. Bandung: Penerbit Refika.
Emzir. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rajawali Press.
Fardan, A. (2016). Kajian Penanaman Pengetahuan Epistemik Secara Eksplisit Reflektif pada Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1, 529. https://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Ahmad-Fardan-529-541.pdf
Hasanah, U. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Serta Implementasinya di Sekolah Dasar. Jakarta: Puslitjak Kemendikbud.
Hasrianti, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Penguatan Budaya Literasi Membaca Siswa Kelas V di MIMadani Alauddin Kabupaten Gowa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 7(2), 686. https://e-journal.my.id/onoma/article/view/1372/1185
Kusumastuti, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Mashuri, I. (2012). Implementasi Literasi Informasi di Sekolah. Pusatakaloka, 4(1), 61. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/95/pentingnya-literasi-informasi-untuk-pembelajaran-sepanjang-hayat
Murnanee, Richard Isabel Sawhill, C. S. (2012). Literacy Challenges for the Twenty-First Century: Introducing the Issue. Https://Dash.Harvard.Edu/, 22(2), 3–15. https://doi.org/10.1353/foc.2012.0013.
Padmadewi, N. N. (2018). Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktik. Bali: Nilacakra.
Richard Murnane, Isabel Sawhill, and C. S. (2012). Literacy Challenges for the Twenty-First Century: Introducing the Issue. The Future of Children, 22(2), 3. https://futureofchildren.princeton.edu/sites/g/files/toruqf2411/files/media/literacy_challenges_for_the_twenty-first_century_22_02_fulljournal.pdf
Sahidah, A. (2022). Literasi. 17 Oktober. https://www.unuja.ac.id/bs/ffjhdbfifec.html
Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108.
Ummah, M. N. (2025). Strategi Komunikasi dalam Mengatasi Ketidaktepatan Berbahasa Lisan pada Mahasiswa Penutur Asing: Studi Kasus Mahasiswa Uganda yang Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 11(1), 232–244. https://e-journal.my.id/onoma/article/view/5017/3294
Wray, D. (2014). Teaching Literacy Effectively in the Primary School. London: Routledge Falmer
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.