Bentuk dan Makna Tindak Tutur Tidak Langsung dalam Film Sekawan Limo: Kajian Pragmatik
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5829
Keywords:
Tindak Tutur Tidak Langsung, Film Sekawan Limo, Pragmatik, Bentuk Tindak Tutur, Makna Tindak TuturAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk dan makna tindak tutur tidak langsung dalam film Sekawan Limo karya Bayu Skak menggunakan pendekatan pragmatik. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi tuturan yang secara struktur atau modusnya tidak sesuai dengan fungsi atau maksud penuturnya, akan tetapi memiliki fungsi komunikatif yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara tersirat. Penelitian ini menggunakan teori bentuk tindak tutur Apriastuti (2019), Wijana (1996), dan makna menurut Manggiasih (2020). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan makna tindak tutur tidak langsung dalam percakapan para tokoh dalam film. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif menggunakan metode konten analisis dengan teknik pengumpulan data berupa simak dan catat dari dialog film. Sumber data pada penelitian ini adalah film. Data dalam penelitian ini yaitu penggalan dialog. Teknik analisis data dilakukan menggunakan metode konten analisis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 16 data peristiwa tutur yang memuat tindak tutur tidak langsung, 5 tuturan berbentuk kalimat berita atau kalimat deklaratif dan 11 berbentuk kalimat tanya atau kalimat interogatif yang berfungsi memerintah. Contohnya, kalimat “WIFI mati, saya tidak punya paket data” yang secara struktur merupakan pernyataan, namun bermakna memerintah agar memberikan tethering (deklaratif) dan kalimat “Mengapa bawa kapak?” secara struktur adalah pertanyaan, akan tetapi bermakna memerintah untuk tidak membawa kapak (interogatif). Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap kajian pragmatik dalam konteks media film serta memperkaya pemahaman tentang komunikasi tersirat antar tokoh khususnya dalam memahami bentuk dan makna tindak tutur tidak langsung dalam konteks budaya Jawa
Downloads
References
Agustri Dianah, D., Ningsih, N. M., & Ratnaningsih, D. (2023). Analisis tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung pada novel Arah Langkah karya Fiersa Besari sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Griya Cendikia, 8(1), 250–260. https://doi.org/10.47637/griyacendikia.v8i1.698
Al Jufri, M. I., & Wargadinata, W. (2022). Variasi dan Fungsi Tindak Tutur dalam Ceramah KH. Marzuki Mustamar (Kajian Pragmatik). Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(4), 807–820. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i4.491
Anwar, L. P. (2022). Analisis Semiotika Tentang Representasi Disfungsi Keluarga Dalam Film Boyhood. Journal of Discourse and Media Research, 1(01), 60–78. https://journal.rc-communication.com/index.php/JDMR/article/view/16
Apriastuti, N. N. A. A. (2019). Bentuk, Fungsi Dan Jenis Tindak Tutur Dalam Komunikasi Siswa Di Kelas Ix Unggulan Smp Pgri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 22–34. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2989/0
Austin, J. L. (1962). How do to Things with Words. The Clarendon Press.
Eko, B., Bayu, M., Daerah, B., Surabaya, U. N., Pairin, P. U., Basir, M., & Pd, M. (2018). Sain Amif Dakhul Ihrom Abstrak Abstrak. February.
Fauzia, V. S., Haryadi, H., & Sulistyaningrum, S. (2019). Tutur Direktif Dalam Sinetron Preman Pensiun Di RctiTindak. Jurnal Sastra Indonesia, 8(1), 33–39. https://doi.org/10.15294/jsi.v8i1.29855
Ilyas, R. (2021). Peran Dewan Pengawas Syariah Dalam Perbankan Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(1), 42–53. https://doi.org/10.46367/jps.v2i1.295
Irsyad, M., Nugroho, H., Hastuti, T. M., Candra, D. A., Nismara, W. B. S., Akbar, Y., Nur, R., Utomo, P. Y., Kesuma, R. G., Kurnianto, B., Konseling, B., & Semarang, U. N. (2025). Analisis Tindak Tutur Ekspresif pada Program Kompetisi Pendidikan Clash of Champions by Ruangguru Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Universitas Negeri Semarang , Indonesia. 2, 25–56.
Manggiasih, N. (2020). Tindak Tutur Direktif Dalam Ceramah Siswa Kelas Xi Man Blitar
. 10–43. http://repo.uinsatu.ac.id/16782/
Priantiwi, T. N., & Abdurrahman, M. (2023). Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Media Tiktok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1365–1371. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1502
Rahayu, N. I. (2019). Analisis Konten dan Komparatif Sustainability Report Perbankan Berdasarkan GRI G4. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 9(1), 50–60.
Ramadhanti, P. F., & Mujianto, G. (2020). Impresi Tindak Tutur Tidak Langsung Tidak Literal terhadap Kepekaan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran di MTs Surya Buana Malang. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(2), 171. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i2.1781
Romansyah, K., & Pujiatna, T. (2023). Bentuk Dan Ragam Tindak Tutur Tak Langsung Dalam Percakapan Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kabupaten Cirebon. Jurnal Tuturan, 12(1), 24. https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v12i1.8714
Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik. Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 19, 68. www.researchgate.net
Rustono. (1999). Pokok-Pokok Pragmatik (Cetakan Pe). CV. IKIP Semarang Press.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta. Alfabeta CV.
Wahyuni, H. (2025). Tindak Tutur Direktif dalam Film Induk Gajah the Series Season 2. 11(1), 1228–1241.
Widiaswara, R. A., & Jumanto, J. (2024). Translation techniques of the positive politeness utterances in the Pay It Forward movie. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 281–290. https://doi.org/10.30872/diglosia.v7i2.932
Wijana, I. D. (1996). Dasar-Dasar Pragmatik (Pertama). Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.