A ANALISIS PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1223Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan pemecahan masalah kontekstual ditinjau dari gaya belajar siswa pada materi aritmatika sosial. Analisis kemampuan pemecahan masalah menggunakan tahapan Polya yaitu (1) memahami masalah, (2) membuat rencana pemecahan masalah, (3) melaksanakan rencana pemecahan masalah, (4) memeriksa kembali pemecahan masalah. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yang telah dikelompokkan berdasarkan gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu angket gaya belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Subjek dengan gaya belajar visual mampu memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah dengan baik, kurang teliti dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan melakukan pemeriksaan kembali jawaban akhir. (2) Subjek dengan gaya belajar auditori mampu memahami masalah dengan baik, membuat rencana penyelesaian dengan benar, dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah dengan tepat serta memeriksa kembali hasil akhir. (3) subjek dengan gaya belajar kinestetik kurang mampu dalam memahami masalah, tidak dapat merencanakan penyelesaian masalah dengan baik, tidak dapat menyelesaikan rencana penyelesaian dikarenakan subjek kurang mampu dalam melakukan operasi hitung matematika sesuai dengan rumus yang digunakan utamanya perkalian dan pembagian, subjek tidak memeriksa kembali hasil akhir.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.