Archives
-
Innovasi dalam Matematika dan Pembelajarannya
Vol. 8 No. 2 (2025)Eksplorasi bagaimana inovasi dalam matematika dan metode pengajarannya dapat meningkatkan pemahaman mendalam terhadap matematika murni sekaligus mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks. Inovasi dalam konsep-konsep matematika murni, seperti teori bilangan, aljabar, atau geometri, yang telah membuka jalan untuk pendekatan pembelajaran baru. Dalam konteks ini, penggunaan teknologi, seperti perangkat lunak matematika dan aplikasi interaktif, dapat membantu visualisasi konsep-konsep abstrak dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap teori-teori kompleks. Selain itu, pendekatan pembelajaran berbasis proyek juga dapat diterapkan untuk mengaitkan matematika murni dengan situasi dunia nyata, sehingga memberikan siswa pemahaman yang lebih dalam tentang relevansi dan aplikasi praktis matematika dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, adanya metode pembelajaran yang personalisasi, melalui teknologi adaptif, memungkinkan pengajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan individual setiap siswa.
-
Integrasi Matematika, Teknologi, dan Budaya dalam Pendidikan dan Aplikasi Terapan
Vol. 8 No. 1 (2025)Edisi ini menyajikan beragam penelitian inovatif yang mencakup penerapan model matematika seperti VARX, Fuzzy Time Series, dan Algoritma Dijkstra dalam bidang pertanian, ekonomi, dan sistem distribusi. Selain itu, edisi ini juga menyoroti eksplorasi etnomatematika dalam budaya lokal seperti tenun Wajo, rumah adat Balla Lompoa, dan tari Minangkabau, yang mengaitkan tradisi dengan konsep matematika modern. Dalam bidang pendidikan, issue ini mengangkat pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi (Android, e-LKPD, website, animasi), serta implementasi model pembelajaran seperti Problem Based Learning, Inquiry Based Learning, dan pendekatan Van Hiele untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, literasi, dan pemecahan masalah siswa. Tak ketinggalan, dibahas pula isu-isu kontemporer seperti math anxiety, ketimpangan sosial, dan permasalahan budaya dengan pendekatan matematis.
Jumlah Institusi 25 Institusi Jumlah Negara 1 Negara Jumlah Author 50 Jumlah Artikel 50 -
Menjembatani Matematika dan Pendidikan Matematika menuju Pemanfaatan Berkelanjutan
Vol. 7 No. 2 (2024)Edisi ini menghadirkan kumpulan karya ilmiah yang merefleksikan perkembangan terbaru dalam pendidikan dan aplikasi matematika, baik secara teoritis maupun praktis. Fokus utama meliputi integrasi model pembelajaran inovatif seperti Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching, dan Flipped Classroom yang dipadukan dengan teknologi terkini seperti Google Sites, Articulate Storyline, dan Augmented Reality. Selain itu, eksplorasi etnomatematika dalam budaya lokal dan kuliner Indonesia membuka perspektif baru dalam pembelajaran kontekstual. Edisi ini juga menampilkan pemanfaatan metode statistik dan algoritma komputasi seperti Naive Bayes, K-Nearest Neighbor, SVM-PSO, dan ARIMA untuk peramalan data dan pengambilan keputusan di berbagai bidang termasuk kesehatan, sosial, dan ekonomi. Dengan pendekatan literatur sistematik, pengembangan media, serta analisis kesalahan siswa, issue ini menjadi wadah yang kaya akan gagasan inovatif dan relevan dalam menjawab tantangan pembelajaran matematika dan penerapannya di era modern.
Jumlah Institusi 29 Institusi Jumlah Negara 1 Negara Jumlah Author 50 Jumlah Artikel 50
-
Sustainable Development Goal in Mathematics and Mathematics Education
Vol. 7 No. 1 (2024)Edisi ini memuat kumpulan artikel yang mengupas pendekatan-pendekatan inovatif dalam pembelajaran matematika dan penerapannya di berbagai bidang kehidupan. Dari analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS, TIMSS, dan PISA, hingga integrasi model pembelajaran seperti Problem Posing, VAK, dan Missouri Mathematics Project, kajian ini menunjukkan bagaimana variasi strategi mengarah pada peningkatan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Selain itu, edisi ini juga menyajikan pemodelan matematika untuk persoalan dunia nyata seperti peramalan harga minyak, inflasi, distribusi logistik, dan stunting. Pendekatan komputasi dan statistik seperti Lasso Regression, SAR, Fuzzy Time Series, dan Game Theory memperkaya dimensi analisis data. Kajian etnomatematika dari budaya lokal juga menambah kedalaman dan relevansi pembelajaran. Dengan latar multidisipliner, edisi ini menjadi kontribusi penting bagi pendidik, peneliti, dan praktisi dalam mengembangkan matematika yang aplikatif dan kontekstual.
Jumlah Institusi 23 Institusi Jumlah Negara 1 Negara Jumlah Author 50 Jumlah Artikel 50
-
Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya
Vol. 6 No. 2 (2023)Permasalahan yang diangkat pada Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023 dalam dunia Pendidikan Matematika di Antaranya Rendahnya Hasil Belajar Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, Berpikir Kreatif Matematika, Berpikir Reflektif Matematika, dan Berpikir Koneksi Matematika. Beberapa Solusi yang di berikan oleh author adalah dengan penerapan model model pembelajaran yang berpusat pada siswa, selain itu diberikan solusi berupa pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi terbaru. Penerapan Kurikulum Merdeka dan Pembelajaran terdiferensiasi yang merupakan bagian dari program merdeka belajar juga merupakan salah satu solusi yang ditawarkan penulis untuk menyelesaikan masalah diatas.
Dalam dunia sains matematika peneliti mengembangkan suatu model matematika untuk menyelesaikan berbagai masalah yang umum ditemukan di Indonesia seperti Penjadwalan Kereta Api, Harga Komoditas Suatu Produk tertentu.
Jumlah Institusi 18 Institusi Jumlah Negara 1 Negara Jumlah Author 37 Jumlah Artikel 37
-
Inovasi Teknologi, Psikologi Belajar, dan Adaptasi Pembelajaran Matematika di Era Modern
Vol. 6 No. 1 (2023)Edisi ini menghimpun berbagai kajian yang menyoroti interseksi antara teknologi, pendekatan pembelajaran inovatif, dan aspek psikologis siswa dalam konteks pendidikan matematika modern. Mulai dari penerapan blended learning, e-LKPD berbasis etnomatematika, dan role play games, hingga pemanfaatan aplikasi seperti Geogebra, Articulate Storyline, dan LOTIKA berbasis Android, edisi ini menampilkan strategi pembelajaran berbasis teknologi yang mendukung pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi matematis.
Selain itu, terdapat pembahasan mendalam tentang motivasi, self-efficacy, gaya belajar, dan kepercayaan diri yang turut memengaruhi capaian akademik siswa. Edisi ini juga menyentuh analisis matematis lanjutan seperti pewarnaan graf, model mangsa-pemangsa, dan simulasi model SEIR dalam konteks kesehatan masyarakat. Dengan pendekatan lintas bidang dan berpijak pada kebutuhan pendidikan masa kini, jurnal ini menjadi sumber pengetahuan yang relevan bagi akademisi, pendidik, dan pengembang kurikulum.
Jumlah Institusi 24 Institusi Jumlah Negara 1 Negara Jumlah Author 34 Jumlah Artikel 34
-
Volume 5 Nomor 2 Tahun 2022
Vol. 5 No. 2 (2022) -
Volume 5 Nomor 1 Tahun 2022
Vol. 5 No. 1 (2022) -
Volume 4 Nomor 2 tahun 2021
Vol. 4 No. 2 (2021)