Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Model Scramble Berbasis STEAM dan Gaya Belajar

Authors

  • Friska Ninda Safilda FNS
  • Bambang Sri Anggoro universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rizki Wahyu Yunian Putra universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Ahmad Sodiq
  • Nurhasanah Leni Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1364

Keywords:

Model Scrambel, STEAM, Gaya Belajar

Abstract

Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui; (1) adanya perbedaan antara model pembelajaran Scramble berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dan pembelajaran model ceramah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (2) adanya perbedaan kategori gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik peserta didik terhadap pemahaman konsep matematis. (3) adanya interaksi antara faktor model pembelajaran dengan  gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experiment Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran scramble berbasis STEAM, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan model konvesional dengan model ceramah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji Anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan diperoleh, hipotesis yaitu (1) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran scramble berbasis STEAM (Science, Technology, Egineering, Art, Mathematics) dan pembelajaran model ceramah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (2) Terdapat perbedaan gaya belajar kategori auditorial, visual, dan kinestetik terhadap pemahaman konsep matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara faktor model pembelajaran dengan gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Nur Rohmatul, Syafrimen, Netriwati, Pahrudin A, Rahayu T, and Puspasari V. “Problem Based Learning for Critical Thinking Skills in Mathematics.” Journal of Physics: Conference Series, 1155 012026, (2019).
Alamsyah, Sai, and Andi Budimanjaya. 95 Strategi Mengajar Multiple Intellegences: Mengajar Sesuai Kerja Otak Dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Anggoro, Bambang Sri. "Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry". Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1), (2015): 11-20. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.23
_____, “Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa.” (Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.Vol. 6, No. 2, 2015), h. 121
_____, “Analisis Persepsi Siswa SMP Terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Dan Disposisi Berfikir Kreatif Matematis.” Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika 7 (2016): 153.
Anwar, Chairul. Hakikat Manusia Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Suka-Press: (2014)
Badawi, Achmad. Memotivasi Kerja Guru. Jakarta Selatan: Al-Wasat Publishing House, 2015.
Huda, Miftahul, “Model pembelajaran Dan Pengajaran”(Yogyakarta, Pustaka Pelajar: 2014), h. 288.
Karim, Abdul. "Pengaruh Gaya Belajar Dan sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kkritis Matematika". FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4. no. 3 (2014)
Maharani, Maghfira, Nanang Supriadi, Rany Widyastuti. "Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun Untuk Menurunkan Kecemasan Peserta didik". Desimal: Jurnal Matematika, 1 (1), (2018): 101-106.
Priyambodo, Sudi. "Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Dengan Metode Pembelajaran Personalized System Of Instruction". Jurnal Musharafa, 5 (1), (2016): 10-17.
Putra, R. W. Y. "Analisis Proses Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Guardian Dan Idealis". Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), (2017)
Saraswati, Nym Lili, I. Kt Dibia, and I. Wyn Sudiana. "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas III SD di Gugus I Kecamatan Buleleng". MIMBAR PGSD Undiksha , 1 (1), (2013)
Sarniah, Siti, Chairul Anwar, and Rizki WahyuYunian Putra, "Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis". Journal of Medives : Jounal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3 (1), (2019): 87-96. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709
Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurukulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Sudirman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Tama, Arfani Manda, Achi Rinaldi, and Siska Andriani, “Pemahaman Konsep Peserta Didik Dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM).” Desimal: Jurnal Matematika, Vol.1, No.1, (2018): 91-99, https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2041.
Triana, Nila, Muhammad Ilyas, and Fahrul Basir. "Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Kooperatif Tipe Teams Assited Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII". PROXIMAL, Vol. 2, No. 2, (2019)

Downloads

Published

2021-08-28

How to Cite

Safilda, F. N., Anggoro, B. S. ., Putra, R. W. Y., Ahmad Sodiq, & Nurhasanah Leni. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Model Scramble Berbasis STEAM dan Gaya Belajar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 98–107. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1364