Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Model Scramble Berbasis STEAM dan Gaya Belajar
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1364Keywords:
Model Scrambel, STEAM, Gaya BelajarAbstract
Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui; (1) adanya perbedaan antara model pembelajaran Scramble berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dan pembelajaran model ceramah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (2) adanya perbedaan kategori gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik peserta didik terhadap pemahaman konsep matematis. (3) adanya interaksi antara faktor model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experiment Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran scramble berbasis STEAM, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan model konvesional dengan model ceramah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji Anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan diperoleh, hipotesis yaitu (1) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran scramble berbasis STEAM (Science, Technology, Egineering, Art, Mathematics) dan pembelajaran model ceramah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (2) Terdapat perbedaan gaya belajar kategori auditorial, visual, dan kinestetik terhadap pemahaman konsep matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara faktor model pembelajaran dengan gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik.
Downloads
References
Alamsyah, Sai, and Andi Budimanjaya. 95 Strategi Mengajar Multiple Intellegences: Mengajar Sesuai Kerja Otak Dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Anggoro, Bambang Sri. "Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry". Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1), (2015): 11-20. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.23
_____, “Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa.” (Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.Vol. 6, No. 2, 2015), h. 121
_____, “Analisis Persepsi Siswa SMP Terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Dan Disposisi Berfikir Kreatif Matematis.” Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika 7 (2016): 153.
Anwar, Chairul. Hakikat Manusia Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Suka-Press: (2014)
Badawi, Achmad. Memotivasi Kerja Guru. Jakarta Selatan: Al-Wasat Publishing House, 2015.
Huda, Miftahul, “Model pembelajaran Dan Pengajaran”(Yogyakarta, Pustaka Pelajar: 2014), h. 288.
Karim, Abdul. "Pengaruh Gaya Belajar Dan sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kkritis Matematika". FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4. no. 3 (2014)
Maharani, Maghfira, Nanang Supriadi, Rany Widyastuti. "Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun Untuk Menurunkan Kecemasan Peserta didik". Desimal: Jurnal Matematika, 1 (1), (2018): 101-106.
Priyambodo, Sudi. "Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Dengan Metode Pembelajaran Personalized System Of Instruction". Jurnal Musharafa, 5 (1), (2016): 10-17.
Putra, R. W. Y. "Analisis Proses Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Guardian Dan Idealis". Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), (2017)
Saraswati, Nym Lili, I. Kt Dibia, and I. Wyn Sudiana. "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas III SD di Gugus I Kecamatan Buleleng". MIMBAR PGSD Undiksha , 1 (1), (2013)
Sarniah, Siti, Chairul Anwar, and Rizki WahyuYunian Putra, "Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis". Journal of Medives : Jounal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3 (1), (2019): 87-96. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709
Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurukulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Sudirman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Tama, Arfani Manda, Achi Rinaldi, and Siska Andriani, “Pemahaman Konsep Peserta Didik Dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM).” Desimal: Jurnal Matematika, Vol.1, No.1, (2018): 91-99, https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2041.
Triana, Nila, Muhammad Ilyas, and Fahrul Basir. "Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Kooperatif Tipe Teams Assited Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII". PROXIMAL, Vol. 2, No. 2, (2019)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.