PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1370Keywords:
Model Kooperatif, Student Team Achievement Devision, Prestasi Belajar Matematika, KreativitasAbstract
Abad 21 dibutuhkan keterampilan 4C yaitu keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan berkomunikasi yang baik, dan keterampilan berkolaborasi atau bekerjasama dalam tim. Oleh karena itu, masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SDN pada Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Penelitian dilaksanakan pada Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur pada SDN 221 Malili dan SDN 238 Mallaulu. Jumlah siswa pada SDN 221 Malili adalah sebanyak 24 siswa, dan pada SDN 238 Mallaulu adalah sebanyak 28 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental, dengan tipe one-shot case study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kreativitas, tes prestasi belajar, dan lembar observasi guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan uji-F dengan uji one way anova. Hasil penelitian ini adalah (1) gambaran prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN pada Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 79.73 berada pada kategori tinggi, (2) Gambaran kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SDN pada Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur yaitu sebesar 55.45 berada pada kategori rendah, (3) Rata-rata prestasi belajar matematika siswa yang kreativitas tinggi setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas IV SDN se-kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur adalah 87.50 yaitu berada pada kategori tinggi, (4) Rata-rata prestasi belajar matematika siswa yang kreativitas sedang setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas IV SDN se-kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur adalah 81.33 yang berada ada kategori tinggi, (5) Rata-rata prestasi belajar matematika siswa yang kreativitas rendah setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas IV SDN se-Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur adalah 78.56 yang berada pada kategori sedang, (6) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SDN pada Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur.
Downloads
References
Ilyas, M. 2015. Metodologi Penelitian. Pendidikan Matematika dilengkapi beberapa contoh hasil penelitian dengan pradigma yang berbeda. Pustaka Ramadhan: Bandung
Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Kagan Cooperative Learning. California: Kagan Publisher.
Lestari, W., Pratama, L D., & Jailani. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Aksioma, Vol. 9, No. 1, Juli 2018.
Mullis, I V.S., Martin, M O., Foy, P., and Hooper, M. (2016). TIMSS 2019 International Results in Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Cente. Dilansir pada 9 Januari 2021 dari laman https://timssandpirls.bc.edu/isc/publications.html
Mullis, I V.S., Martin, M O., Foy, P., and Hooper, M. (2020). TIMSS 2019 International Results in Mathematics and Science. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Cente. Dilansir pada 9 Januari 2021 dari laman https://timssandpirls.bc.edu/isc/publications.html
Rangkuti, dkk. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe-STAD Terintegrasi ICT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI Volume 3, No. 1, Juni 2019, pp. 64-69.
Redhana, I Wayan. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2019, halaman 2239 – 2253.
Saraswati, P, M, S., & Agustika, G, N, S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 4, Number 2, 2020 pp. 257-269.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Diakses secara online 7 januari 2021 pada laman https://osf.io/pcjvx.
Trianggono, M, M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Vol 3 No 1 Maret 2017, hal 1-12.
Wijaya, E Y., Sudjimat, D.A., & Nyoto, A. (2016), Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Volume 1 Tahun 2016 – ISSN 2528-259X, Universitas Kanjuruhan Malang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.