PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Satria Karim Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1370

Keywords:

Model Kooperatif, Student Team Achievement Devision, Prestasi Belajar Matematika, Kreativitas

Abstract

Abad 21 dibutuhkan keterampilan 4C yaitu keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan berkomunikasi yang baik, dan keterampilan berkolaborasi atau bekerjasama dalam tim. Oleh karena itu, masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SDN pada Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Penelitian dilaksanakan pada Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur pada SDN 221 Malili dan SDN 238 Mallaulu. Jumlah siswa pada SDN 221 Malili adalah sebanyak 24 siswa, dan pada SDN 238 Mallaulu adalah sebanyak 28 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental, dengan tipe one-shot case study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kreativitas, tes prestasi belajar, dan lembar observasi guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan uji-F dengan uji one way anova. Hasil penelitian ini adalah (1) gambaran prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN pada Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 79.73 berada pada kategori tinggi, (2) Gambaran kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SDN pada Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur yaitu sebesar 55.45 berada pada kategori rendah, (3) Rata-rata prestasi belajar matematika siswa yang kreativitas tinggi setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas IV SDN se-kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur adalah 87.50 yaitu berada pada kategori tinggi, (4) Rata-rata prestasi belajar matematika siswa yang kreativitas sedang setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas IV SDN se-kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur adalah 81.33 yang berada ada kategori tinggi, (5) Rata-rata prestasi belajar matematika siswa yang kreativitas rendah setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas IV SDN se-Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur adalah 78.56 yang berada pada kategori sedang, (6) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SDN pada Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gilles, R. M, & Ashman, A. F. (2005). Cooperative Learning: The Social and Intellectual Outcomes of Learning in Groups. London & New York: RoutledgeFalmer Taylor & Francis Group.
Ilyas, M. 2015. Metodologi Penelitian. Pendidikan Matematika dilengkapi beberapa contoh hasil penelitian dengan pradigma yang berbeda. Pustaka Ramadhan: Bandung
Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Kagan Cooperative Learning. California: Kagan Publisher.
Lestari, W., Pratama, L D., & Jailani. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Aksioma, Vol. 9, No. 1, Juli 2018.
Mullis, I V.S., Martin, M O., Foy, P., and Hooper, M. (2016). TIMSS 2019 International Results in Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Cente. Dilansir pada 9 Januari 2021 dari laman https://timssandpirls.bc.edu/isc/publications.html
Mullis, I V.S., Martin, M O., Foy, P., and Hooper, M. (2020). TIMSS 2019 International Results in Mathematics and Science. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Cente. Dilansir pada 9 Januari 2021 dari laman https://timssandpirls.bc.edu/isc/publications.html
Rangkuti, dkk. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe-STAD Terintegrasi ICT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI Volume 3, No. 1, Juni 2019, pp. 64-69.
Redhana, I Wayan. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2019, halaman 2239 – 2253.
Saraswati, P, M, S., & Agustika, G, N, S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 4, Number 2, 2020 pp. 257-269.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Diakses secara online 7 januari 2021 pada laman https://osf.io/pcjvx.
Trianggono, M, M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Vol 3 No 1 Maret 2017, hal 1-12.
Wijaya, E Y., Sudjimat, D.A., & Nyoto, A. (2016), Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Volume 1 Tahun 2016 – ISSN 2528-259X, Universitas Kanjuruhan Malang

Downloads

Published

2021-08-28

How to Cite

Satria Karim. (2021). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 108–115. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1370