PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Authors

  • kasturi kasturi UNCP
  • Ma'rufi Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurdin Nurdin

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1375

Keywords:

Kemampuan penalaran matematika, motivasi belajar, pembelajaran berbasis masalah

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah  terdapat  peningkatan  kemampuan penalaran matematika dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 239 Salu Minanga kecamatan Malili setelah penerapan model pembelajaran matematika berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 239 Salu Minanga Kecamatan Malili pada tanggal 24 Mei – 18 juni 2021 . Satuan eskperimen yaitu siswa kelas IV SD Negeri 239 Salu Minanga Kecamatan Malili sewbanyak 36 siswa . Perlakuan yang diberikan adalah pembelajaran matematika berbasis masalah. Instrumen penelitian ini adalah tes penalaran matematika, dan angket motivasi belajar. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis secara deskritif dan inferensial. Hasil penelitian ini yaitu 1) terdapat  peningkatan  kemampuan penalaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 239 Salu Minanga kecamatan Malili setelah penerapan pembelajaran matematika berbasis masalah. 2) terdapat  peningkatan  motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 239 Salu Minanga kecamatan Malili setelah penerapan pembelajaran matematika berbasis masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Casnan, C., Mahpudin, A., & Fuadi, E. F. W. (2017). Perancangan Permainan Interaktif “Geocaching” Sebagai Inovasi Baru Pembelajaran Matematika. Edusentris, 4(2), 99-105.

Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, 1(1), 41-62

Ma'rufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika 2(1), 56-67.

Mikrayanti, M. (2016). Meningkatkan kemampuan penalaran matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 97-102.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). Appendix F: The Test-Curriculum Matching Analysis–Mathematics. In TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Retrieved from http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/timss-2015/mathematics/appendices.

Periandani, P. P., & Gita, I. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii B Smp N 7 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 93-101.

Pradnyana, P. B., Marhaeni, A. A. I. N., & Made, C. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas IV SD (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260-271.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Usniati, M. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Tangerang. UIN Syarif Hidayatulloh.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

kasturi, kasturi, Ma'rufi, M., & Nurdin, N. (2022). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 82–90. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1375