PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT KELAS 5 SDN 12 LANGKANAE KOTA PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1397Abstract
ABSTRAK
Hasmawati. 2021. Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas 5 SDN 12 Langkanae Kota Palopo (di bimbing oleh Suaedi dan Ma`rufi).
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan minat siswa kelas 5 SDN 12 Langkanae Kota Palopo sebelum dan setelah diajarkan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika.(2).Mengetahui apakah pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 SDN 12 Langkanae Kota Palopo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis desain penelitian ini adalah Pra- Eksperimental designs dengan model one group pretets-posttes, sedangkan strategi yang digunakan adalah pembelajaran matematika berbasis etnomatematika yaitu permainan tradisional Sulawesi Selatan baguli dan ma`dende. Adapun Instrument dari penelitian ini adalah lembar angket minat pretest dan posttest, untuk mengukur minat belajar siswa. Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini pembelajaran berbasis etnomatematika. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1). Sebelum diajarkan pembelajaran berbasis etnomatematika terdapat 2 kategori yaitu tinggi dan cukup, jumah siswa yang berkategori tinggi dengan persentase 67%, siswa dengan kategori cukup persentase 33%, setelah diajarkan pembelajaran berbasis etnomatematika kategori sangat tinggi persentase 48%, siswa dengan kategori tinggi 52% tidak ada berkategori cukup. (2). Terdapat pengaruh peningkatan minat setelah diajarkan pembelajaran berbasis etnomatematika H1 : µg1 > 0.299 dengan skor gain sebesar 0,4250.
Kata Kunci: Minat, dan Etnomatematika
Downloads
References
Abadi, A. P. (2020). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. Universitas Singaperbangsa Karawang..Hal 1502-1508.
Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2019). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek Beserta Alatnya sebagai Bahan Ajar. Kadikma, 10(1),Hal 85-94.
Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1-6.
Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar MatematiSka. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1).
Ilyas, M.(2015). Metodelogi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung.Pustaka Ramadhan.362 hal.
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81.
Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2017). Penerapan etnomatematika dalam pembelajaran matematika di sekolah berbasis budaya. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 27(2).
Marufi, M., Ilyas, M., & Winahyu, W. (2021). an Implementation of Ethno-STEM to Enhance Conceptual Understanding. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 35-44
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.