PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT KELAS 5 SDN 12 LANGKANAE KOTA PALOPO

Authors

  • Hasmawati Hamzah Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Suaedi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1397

Abstract

ABSTRAK

 

Hasmawati. 2021. Pembelajaran Matematika Berbasis  Etnomatematika untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas 5 SDN 12 Langkanae Kota Palopo (di bimbing oleh Suaedi dan Ma`rufi).

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan minat  siswa kelas 5 SDN 12 Langkanae Kota Palopo  sebelum dan setelah diajarkan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika.(2).Mengetahui  apakah pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dapat meningkatkan minat belajar siswa  kelas 5 SDN 12 Langkanae Kota Palopo. Penelitian ini  adalah penelitian eksperimen,  jenis desain penelitian ini adalah Pra- Eksperimental designs dengan model one group pretets-posttes, sedangkan strategi yang digunakan adalah pembelajaran matematika berbasis etnomatematika yaitu permainan tradisional Sulawesi Selatan baguli dan ma`dende. Adapun Instrument dari penelitian ini adalah lembar angket minat pretest dan posttest, untuk mengukur  minat belajar siswa. Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini pembelajaran berbasis etnomatematika. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1). Sebelum diajarkan pembelajaran berbasis etnomatematika terdapat 2 kategori yaitu tinggi dan cukup, jumah siswa yang berkategori  tinggi dengan persentase 67%, siswa dengan kategori cukup persentase 33%, setelah diajarkan pembelajaran berbasis etnomatematika kategori sangat tinggi persentase 48%, siswa dengan kategori tinggi 52% tidak ada berkategori cukup. (2). Terdapat pengaruh peningkatan minat setelah diajarkan pembelajaran berbasis etnomatematika H1 : µg1 > 0.299 dengan skor gain sebesar 0,4250.

Kata Kunci: Minat, dan Etnomatematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, A. P. (2020). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. Universitas Singaperbangsa Karawang..Hal 1502-1508.

Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2019). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek Beserta Alatnya sebagai Bahan Ajar. Kadikma, 10(1),Hal 85-94.

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1-6.

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar MatematiSka. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1).

Ilyas, M.(2015). Metodelogi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung.Pustaka Ramadhan.362 hal.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81.

Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2017). Penerapan etnomatematika dalam pembelajaran matematika di sekolah berbasis budaya. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 27(2).

Marufi, M., Ilyas, M., & Winahyu, W. (2021). an Implementation of Ethno-STEM to Enhance Conceptual Understanding. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 35-44

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Hamzah, H., Suaedi, & Ma'rufi. (2022). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT KELAS 5 SDN 12 LANGKANAE KOTA PALOPO. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 98–105. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1397