PENGARUH KECEMASAN DAN SIKAP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP DIKECAMATAN BURAU

Authors

  • Subaedah Subaedah Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1610

Keywords:

Kecemasan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan sampel 85 orang siswa kelas VII SMP di Kecamatan Burau yang diambil secara random sampling. Variabel penelitian terdiri dari kecemasan dan sikap siswa pada pembelajaran matematika sebagai variabel bebas dan hasil belajar Aritmatika Sosial sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian menggunakan angket kecemasan matematika, angket sikap siswa pada pembelajaran matematika, dan tes hasil belajar aritmatika sosial.Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui variable bebas secara parsial dan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP di kecamatan Burau sebesar 8,9%. Terdapat pengaruh sikap siswa pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP di kecamatan Burau sebesar 19,4%. Terdapat pengaruh secara bersama-sama kecemasan dan sikap pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP di Kecamatan Burau sebesar 21,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan jika tingkat kecemasan matematika siswa rendah dan sikap siswa pada pembelajaran matematika baik, maka hasil belajar aritmatika sosial siswa akan tinggi. Sebaliknya, jika tingkat kecemasan matematika siswa tinggi dan sikap siswa pada pembelajaran matematika kurang baik, maka hasil belajar aritmatika sosial siswa akan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-132.

Susilo, T. A. B., & Agustin, I. (2015). Pengaruh Sikap Siswa pada Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9-16.

Purnomo, Y. (2016). Pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93-105.

Disai, W. I., Dariyo, A., & Basaria, D. (2018). Hubungan Antara Kecemasan Matematika dan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA X Kota Palangka Raya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 556-568.

Sirajuddin, Arsyad, N, & Ma’rufi. (2019). Pengaruh Sikap Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 13-19.

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Subaedah, S. (2022). PENGARUH KECEMASAN DAN SIKAP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP DIKECAMATAN BURAU. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1610