PENGARUH KECEMASAN DAN SIKAP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP DIKECAMATAN BURAU
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1610Keywords:
Kecemasan, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan sampel 85 orang siswa kelas VII SMP di Kecamatan Burau yang diambil secara random sampling. Variabel penelitian terdiri dari kecemasan dan sikap siswa pada pembelajaran matematika sebagai variabel bebas dan hasil belajar Aritmatika Sosial sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian menggunakan angket kecemasan matematika, angket sikap siswa pada pembelajaran matematika, dan tes hasil belajar aritmatika sosial.Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui variable bebas secara parsial dan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP di kecamatan Burau sebesar 8,9%. Terdapat pengaruh sikap siswa pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP di kecamatan Burau sebesar 19,4%. Terdapat pengaruh secara bersama-sama kecemasan dan sikap pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP di Kecamatan Burau sebesar 21,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan jika tingkat kecemasan matematika siswa rendah dan sikap siswa pada pembelajaran matematika baik, maka hasil belajar aritmatika sosial siswa akan tinggi. Sebaliknya, jika tingkat kecemasan matematika siswa tinggi dan sikap siswa pada pembelajaran matematika kurang baik, maka hasil belajar aritmatika sosial siswa akan rendah.
Downloads
References
Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-132.
Susilo, T. A. B., & Agustin, I. (2015). Pengaruh Sikap Siswa pada Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9-16.
Purnomo, Y. (2016). Pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93-105.
Disai, W. I., Dariyo, A., & Basaria, D. (2018). Hubungan Antara Kecemasan Matematika dan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA X Kota Palangka Raya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 556-568.
Sirajuddin, Arsyad, N, & Ma’rufi. (2019). Pengaruh Sikap Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 13-19.
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.