ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI PEMBUATAN TAHU KHAS KALISARI KABUPATEN BANYUMAS SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Fitria Zana Kumala UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1633

Keywords:

Etnomatematika, Tahu Khas Kalisari, Geometri, Pembagian, Kekongruenan, Perbandingan Senilai

Abstract

Abstrak. Pembelajaran matematika di sekolah seringkali tidak kontekstual dan dikaitkan dengan budaya karena matematika dianggap tidak ada kaitannya dengan budaya yang ada. Sebagai kabupaten yang kaya akan budaya, pendidik di Kabupaten Banyumas dapat mengintegrasikan kekayaan budaya tersebut dalam pembelajaran matematika. Salah satu kekayaan budaya tersebut adalah berupa makanan khas yang terdapat di Kabupaten Banyumas. Tahu Kalisari merupakan produk tahu Kabupaten Banyumas yang memiliki cita rasa khas dan bentuk geometri yang beragam. Masyarakat Desa Kalisari yang mayoritas berprofesi sebagai pembuat tahu tanpa disadari telah menerapkan konsep-konsep matematika dalam proses pembuatan tahu khas Kalisari. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi aktivitas yang melibatkan konsep-konsep matematika yang terdapat dalam proses pembuatan tahu khas Kalisari.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan etnografi. Observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pembuat tahu khas Kalisari digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembuatan tahu khas kalisari melibatkan konsep-konsep matematika yaitu konsep geometri berupa bangun datar dua dimensi (persegi, persegi panjang) dan bangun ruang tiga dimensi (tabung tanpa tutup, setengah bola, balok, balok tanpa alas dan tutup, balok tanpa tutup, limas segiempat, dan bola), konsep pembagian, perbandingan senilai, dan kekongruenan yang dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran matematika yang kontekstual.

 

Kata Kunci:   Etnomatematika, Tahu Khas Kalisari, Geometri, Pembagian, Perbandingan Senilai, Kekongruenan

 

Abstract. Mathematics learning at schools is often not contextual and culturally related because mathematics is considered to have nothing to do with the existing culture. As a district that is rich in culture, educators in Banyumas Regency can integrate the cultural wealth in learning mathematics. One of the cultural treasures is in the form of special foods found in Banyumas Regency. Kalisari tofu is a tofu product from Banyumas Regency which has a distinctive taste and various geometric shapes. Kalisari village community which majority of whom work as tofu makers, without realising actually applied mathematical concepts in the process of making special Kalisari tofu. This study aims to explore activities that involve mathematical concepts contained in the process of making special Kalisari tofu. This research is a qualitative descriptive study that uses an ethnographic approach. Observation, documentation and interview with Kalisari tofu makers are used as data collection techniques. This study shows that the production of special Kalisari tofu involves mathematical concepts, namely the concept of geometry in the form of two-dimensional flat shapes (square, rectangle) and a constructed three- dimensional shapes (tube without lid, hemispherical, block, block without base and lids, blocks without lids, rectangular pyramids, and spheres), concepts of division, direct proportion and congruence that can be used as a source of contextual mathematics learning.

 

Keywords:     Ethnomathematics, Special Kalisari Tofu, Geometry, Division, Direct Proportion, Congruence

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ayu, D. S. (2020). Etnomatematika pada Kesenian Calung Banyumas. PROSIDING.

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika pada Permainan Dengklaq sebagai Media Pembelajaran Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408–419. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Harususilo, Y. E. (2019). Skor PISA Terbaru Indonesia, ini 5 PR Besar Pendidikan pada Era Nadiem Makarim. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-pisa-terbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem-makarim?page=all

Huda, N. T. (2018). Etnomatematika pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Nisa, R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Pamiluto Gresik. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(3), 442. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i3.462

Pathuddin, H., Kamariah, & Ichsan Nawawi, M. (2021). Buginese Ethnomathematics: Barongko Cake Explorations as Mathematics Learning Resources. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295–312. https://doi.org/10.22342/jme.12.2.12695.295-312

Pathuddin, H., & Raehana, S. (2019). Etnomatematika: Makanan Tradisional Bugis sebagai Sumber Belajar Matematika. MaPan, 7(2), 307–327. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a10

Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning Geometry and Values from Patterns: Ethnomathematics on the Batik Patterns of Yogyakarta, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456

Pusvita, Y., Herawati, & Widada, W. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu : Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “ Bay Tat .” 04(02), 185–193.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Pembelajaran Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah PENDIDIKAN DASAR, IV(1), 21–31.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13–26. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1438

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Fitria Zana Kumala. (2022). ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI PEMBUATAN TAHU KHAS KALISARI KABUPATEN BANYUMAS SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 127–137. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1633