ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH KALKULUS PEUBAH BANYAK

Authors

  • Yuke Salsabila Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1789

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Daring, Kalkulus Peubah Banyak

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran daring pada mata kuliah kalkulus peubah banyak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan instrumen tes pemahaman konsep matematis mata kuliah kalkulus peubah banyak. Subjek penelitian ini ialah mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pendidikan matematika semester 4 kelas B sejumlah 38 orang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa keseluruhan mahasiswa masih tergolong sedang sebesar 33.33 terdiri dari 5 mahasiswa dengan kelompok tinggi, 19 mahasiswa dengan kelompok sedang, serta 14 mahasiswa termasuk ke dalam kelompok rendah. Indikator pemahaman konsep yang tertinggi adalah menggunakan, memanfaatkan, memilih prosedur atau operasi tertentu. Sedangkan, indikator pemahaman konsep matematis terendah adalah indikator kedua yaitu mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. https://www.researchgate.net/publication/333293321

Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 42–50. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.239

Farhan, M., & Zulkarnain, I. (n.d.). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann’s Error Analysis. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., Paujiah, E., Pai, J., Gunung, S., & Bandung, D. (n.d.). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi.

Kurniawan, A., Setiawan, D., Hidayat, W., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., Barat, I., Kunci, K., Pemecahan, :, Matematis, M., Kontekstual, S., Ruang, B., & Datar, S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Berbantuan Soal Ontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 2(5).

Nuraini, N. L., Suhartono, & Yuniawatika. (2016). Kesalahan Siswa Pada Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas Vi Sekolah Dasar. Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 168-175.

Nurmalitasari, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Stkip Pgri Pasuruan (Vol. 5, Issue 1).

Pendidikan Administrasi Perkantoran, J., Ika Handarini, O., & Sri Wulandari, S. (n.d.). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19 (Vol. 8). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (n.d.). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ENREKANG Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rai, N., Alkassim, R. S., & Tran, X. (n.d.). A STUDY ON PURPOSIVE SAMPLING METHOD IN RESEARCH Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. http://stattrek.com/survey-research/sampling-methods.aspx?Tutorial=AP,

Rufi, M. ’, Fabrika Pasandaran, R., Yogi, A., & Palopo, U. C. (2018). PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI MAHASISWA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF MAHASISWA (Vol. 1, Issue 2).

Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., Fitriani, N., Siliwangi, I., & Terusan Jenderal Sudirman Cimahi, J. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. 04(01), 172–182.

Sugita, G. (n.d.). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Semester I Dalam Menyelesaikan Soal Turunan.

Yanti, R. A., Nindiasari, H., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Dengan Pembelajaran Daring (Vol. 1, Issue 3). http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Salsabila, Y., & Pujiastuti, H. . (2022). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH KALKULUS PEUBAH BANYAK. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 97–105. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1789