ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH KALKULUS PEUBAH BANYAK
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1789Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Daring, Kalkulus Peubah BanyakAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran daring pada mata kuliah kalkulus peubah banyak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan instrumen tes pemahaman konsep matematis mata kuliah kalkulus peubah banyak. Subjek penelitian ini ialah mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pendidikan matematika semester 4 kelas B sejumlah 38 orang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa keseluruhan mahasiswa masih tergolong sedang sebesar 33.33 terdiri dari 5 mahasiswa dengan kelompok tinggi, 19 mahasiswa dengan kelompok sedang, serta 14 mahasiswa termasuk ke dalam kelompok rendah. Indikator pemahaman konsep yang tertinggi adalah menggunakan, memanfaatkan, memilih prosedur atau operasi tertentu. Sedangkan, indikator pemahaman konsep matematis terendah adalah indikator kedua yaitu mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya tertentu.
Downloads
References
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. https://www.researchgate.net/publication/333293321
Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 42–50. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.239
Farhan, M., & Zulkarnain, I. (n.d.). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann’s Error Analysis. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., Paujiah, E., Pai, J., Gunung, S., & Bandung, D. (n.d.). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi.
Kurniawan, A., Setiawan, D., Hidayat, W., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., Barat, I., Kunci, K., Pemecahan, :, Matematis, M., Kontekstual, S., Ruang, B., & Datar, S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Berbantuan Soal Ontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 2(5).
Nuraini, N. L., Suhartono, & Yuniawatika. (2016). Kesalahan Siswa Pada Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas Vi Sekolah Dasar. Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 168-175.
Nurmalitasari, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Stkip Pgri Pasuruan (Vol. 5, Issue 1).
Pendidikan Administrasi Perkantoran, J., Ika Handarini, O., & Sri Wulandari, S. (n.d.). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19 (Vol. 8). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (n.d.). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ENREKANG Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rai, N., Alkassim, R. S., & Tran, X. (n.d.). A STUDY ON PURPOSIVE SAMPLING METHOD IN RESEARCH Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. http://stattrek.com/survey-research/sampling-methods.aspx?Tutorial=AP,
Rufi, M. ’, Fabrika Pasandaran, R., Yogi, A., & Palopo, U. C. (2018). PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI MAHASISWA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF MAHASISWA (Vol. 1, Issue 2).
Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., Fitriani, N., Siliwangi, I., & Terusan Jenderal Sudirman Cimahi, J. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. 04(01), 172–182.
Sugita, G. (n.d.). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Semester I Dalam Menyelesaikan Soal Turunan.
Yanti, R. A., Nindiasari, H., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Dengan Pembelajaran Daring (Vol. 1, Issue 3). http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.