Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Matriks bagi Peserta Didik Kelas XII IPA Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing pada SMA PPM Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang

Authors

  • M Siing SMA PPM Rahmatul Asri

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Penemuan terbimbing, Konsep Matriks

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi matriks menggunakan metode penemuan terbimbing. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMA PPM Rahmatul Asri sebanyak 29 siswa terdiri jumlah 12 laki – laki dan 17 perempuan pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016-2017.
Pengambilan data dilakukan melalui pengamatan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh dengan memberikan tes akhir setiap akhir siklus. Data hasil belajar diperoleh dari hasil siklus I dan hasil siklus II. Nilai rata-rata hasil siklus I adalah 67,39, hasil siklus II 75,62 sehingga ada peningkatan sebesar 8,23 atau sekitar 12,21%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar. Sedangkan data keaktifan siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dilihat dari keaktifan mengikuti pembelajaran, menjawab pertanyaan awal, mengajukan pertanyaan selama proses pembelajaran, perhatian terhadap materi pelajaran dan keaktifan dalam kerja kelompok. Jadi pembelajaran Matematika materi matriks menggunakan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi matriks bagi peserta didik kelas XII IPA SMA PPM Rahmatul Asri Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016-2017.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ekawati, E. (2016, Oktober 12). Retrieved from http://p4tkmatematika.org/2011/10/peran-fungsitujuan-dan-karakteristik-matematika-sekolah/

Hamalik, O. dkk. (1982). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.

Hudoyo, H. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. . Malang: Universitas Negeri Malang.

Muchtar. (2014). Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing pada peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 1 Maiwa Kabupaten Enrekang. Enrekang.

Noormandiri, B. (2004). Matematika SMA Jilid 3A Program Ilmu IPA. Jakarta: PT Erlangga.

Purwatiningsi, S. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok. Jurnal elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01.

Ruseffendi, E. (1988). Pengantar Kepada membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran Matematika untuk Meniingkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sari, Pujiati dkk (2014). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Luas Permukaan dan Volume Limas di SMP Negeri 9 Palu. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 03 Nomor 02, September 2014. Di Download tanggal 07 Oktober 2016 jam 10.55

Suherman, E., & dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Published

2018-08-12

How to Cite

Siing, M. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Matriks bagi Peserta Didik Kelas XII IPA Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing pada SMA PPM Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 1–10. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/192

Issue

Section

Articles