Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Beliefs Matematis Siswa SMP

Authors

  • Ratri Isharyadi Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Pendekatan Kontekstual, Mathematical Beliefs, Beliefs Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap beliefs matematis siswa. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan desain two group posttest only. Populasi pada penelitian ini adalah selurus siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen diterapkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, sedangkan kelas kontrol diterapkan pembelajaran saintifik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner beliefs matematis. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual tidak berpengaruh secara signifikan terhadap beliefs matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berns, R.G., & Erickson, P.M. (2001). Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. The Highlight Zone: Research@ Work No. 5.

Chapman, O. (2008). Self-Study in Mathematics Teacher Education. In Symposium on the Occasion of the 100th Anniversary of ICMI, Rome (Italy).

CORD. (1999). Teaching Mathematics Contextually. USA: CORD Communication Inc.

De Corte, E., & Op’t Eynde, P. (2002). Unraveling Students’ Belief Systems Relating To Mathematics Learning and Problem Solving. In Proceedings of the International Conference “The Humanistic Renaissamce in Mathematics Education”, hlm 96-101.

Del Valle Mina, M. Beliefs About What Explaining Why Means For A Student in A Mathematics Classroom: A Case Study.

Eleftherios, K., & Theodosios, Z. (2007). Students’ Beliefs and Attitudes about Studying and Learning Mathematics. Proceedings of the 31st Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 3, hlm 97-104.

Hannula, M. S., Maijala, H., & Pehkonen, E. (2004). Development Of Understanding And SelfConfidence In Mathematics: Grades 5-8. In Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 3, hlm 17-24.

Jaenudin. (2008). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Bandung: UPI.

Johnson, E. B. (2006). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan Dan Bermakna. Mizan Learning Center.

Lazim, M. A., Abu Osman, M. T., & Wan Salihin, W. A. (2004). The Statistical Evidence in Describing the Students’ Beliefs about Mathematics. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 6(1), hlm 1-12.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing.

Russefendi, E. T. (2010). Dasar - Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Spangler, D. A. (1992). Assessing Students' Beliefs about Mathematics. Arithmetic Teacher, 40, hlm 148-148.

Sumintono, B & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Bandung: Trim Komunikata Publishing House.

Törner, G., & Pehkonen, E. (1999). Teachers' Beliefs on Mathematics Teaching- Comparing Different Self-Estimation Methods-A Case Study. hlm 1-12.

Widjajanti, D, B. (2009). Mengembangkan Keyakinan (Belief) Siswa Terhadap Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Yogyakarta: UNY.

Published

2018-08-12

How to Cite

Isharyadi, R. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Beliefs Matematis Siswa SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 68–76. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/199

Issue

Section

Articles