Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komonikasi Matematis Siswa

Authors

  • Jarwan Jarwan Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Discovery Learning, Pemecahan Masalah, Mathematical Communication, Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komonikasi Matematis Siswa Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Pitumpanua Tahun Pelajaran 2017/2018. Sample penelitian ini adalah dengan menggunakan Pretes dan Postes. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah dan komonikasi matematis dengan instrumen berbentuk essay. Analisis data penelitian ini dengan rata-rata gain untuk Pemecahan Masalah (PM)=0,50 dan untuk Komonikasi Matematis (KM) = 0,54. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komonikasi matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharudin, & Wahyuni, N. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Bicknell, H. T., & Hoffman, P. S. (2000). Elicit, Engage, Experience, Explore: Discovery Learning in Library Instruction. Reference Services Review, 28(4), 313-322.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1989). Educational Research, An Introduction: Fifth Edition. New York: Longman.

Branca, N. A. (1980). Problem Solving as A Goal, Process and Basic Skill. Washington DC: NCTM.

Bronsfort, & Stein. (1993). Psicology Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Cahyati. (2009). Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Matematika . Retrieved from http://repository.unpas.ac.id

Fasco, D. J. (2001). Education and Creativity. Creativity Research Journal, 13(3 & 4), 317-327.

Ilyas, M., & Basir, F. (2016). Keefektifan Strategi Konflik Kognitif Pada Pembelajaran Struktur Aljabar Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Mahasiswa. Journal of Mathematics Education, 1(2).

Kemendikbud. (2013). Strategi Discovery Learning.

NCTM. (2000). Retrieved from repository.unpas.ac.id

OECD. (2003). The definition and selection of competencies (DeSeCo): Executive summary of the final report. Retrieved from OECD: www.oecd.org

Ramelan, P. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Ruseffendi, E. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matemátika. Bandung: Tarsito.

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Zainu, E. A. (2016). An Analysis of Mathemathic Communication Skill in Solving Problems Linear Equation System of Two Variables Students Class VIII-C SMP Nuris Jember. JURNAL EDUKASI UNEJ, 3(2), 9-12.

Published

2018-08-12

How to Cite

Jarwan, J. (2018). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komonikasi Matematis Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 77–89. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/200

Issue

Section

Articles