Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Aritmetika Sosial Dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Model Belajar Kooperatif Tipe STAD
Keywords:
Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Realistic, Model Belajar Kooperatif, STAD, Development ResearchAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika materi aritmetika social dengan pendekatan matematika realistic dan model belajar kooperatif tipe STAD di kelas VII, yang ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, kefektipan dan mengetahui efek pontensial yang timbul dari pengembangan perangkat pembelajaran tersebut, (2) mendiskripsi kan karakteristi perangkat pembelajaran materi aritmetika social dengan pendekatan matematika realistic dan model belajarkooperatif tipe STAD di kelas VII. Metode peneltian ini adalah penelitian pengembangan (development reserch) dengan model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel. Adapun tahap – tahap pengembangan adalah define, design, develope dan disseminate atau diadaptasikan menjadi model 4-P yaitu pendefenisian, perangcangan, pengembangan dan penyebaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1dan VII.2 SMP Negeri 1 Pitumpanua semester genap tahun pelajaran 2017 / 2018 yang berjumlah 61 orangyang terdiri dari 29 siswa kelas VII.1 dan 32 siswa kelas VII.2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, lembar observasi, hasil tes dan respon siswa. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kwantitatif. Hasil analisis data diketahui menghasilkan perangkat pembelajaran matematika materi aritmetika social dengan pendekatan realistic dan model belajar kooperatif tipe STAD yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran telah valid secara isi, konstruk, dan bahasa hasil dari validasi pakar apada tahap expert review dan uji prototipe pada tahap small group, sedangkan perangkat pembelajaran praktis dari hasil uji coba 1 sampai uji coba ke 4, efek potensial dari perangkat pembelajaran ini diketahui dari hasil pre-tes dan post-tes siswa. Hasil post-tes siswa pada kelas eksprimen 1 menunjukkan kategori nilai 17,24% baik sekali, 75,86% baik dan 3,45% cukup. Dari observasi yang sudah dilakukan, diperoleh persentase rata – rata aktivitas siswa diatas 92,6 % yang termasuk kategori baik, sedangkan rata – rata kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran 4,48 sangat tinggi dan respon siswa 92.19% sangat positif dan hasil post-tes siswa pada kelas eksprimen 2 menunjukkan kategori nilai 100 % baik . Dari observasi yang sudah dilakukan, diperoleh persentase rata – rata aktivitas siswa diatas 89,4 % yang termasuk kategori baik, sedangkan rata – rata kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran 4,45 sangat tinggi dan respon siswa 84.81% sangat positif.
Downloads
References
BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Karpianti. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Segiempat Dengan Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.
Ma’rufi, Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2018, January). Pedagogical Content Knowledge: Teacher’s Knowledge of Students in Learning Mathematics on Limit of Function Subject. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 954, No. 1, p. 012002). IOP Publishing.
Maslihah, S. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Sebagai Pendekatan Belajar Matematika. Phenomenom, 2(1), 110-112.
Nurrokhmah, F. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pythagoras Kelas VIII SMP. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.