Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Berpikir Kreatif Peserta Didik
Keywords:
kooperatif, STAD, Pendekatan Open Ended, Kemampuan Koneksi, Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.A SMP Negeri 1 Towuti Kabupaten Luwu Timur, yaitu 35 peserta didik terdiri dari 20 peserta didik putri dan 15 peserta didik putra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) Kemampuan Koneksi Matematika peserta didik kelas VIII.A SMP Negeri 1 Towuti Luwu Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 selama kegiatan pembelajaran matematika dengan penerapa pendekatan Open Ended dan (2) Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik kelas VIII.A SMP Negeri 1 Towuti Luwu Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 selama kegiatan pembelajaran matematika dengan penerapa pendekatan Open Ended. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan open ended terjadi perubahan positif dipengaruhi oleh Aktivitas peserta didik dan kemempuan guru mengelolah pembelajaran dimana guru memberikan tindakan selanjutnya peserta didik menerima atau melakukan tindakan tersebut. Untuk aspek (1) hubungan antara konsep dalam matematika, besar presentase peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I ke siklus II adalah 18,82%. Untuk aspek (2) hubungan antara matematika dan bidang ilmu lain, besar presentase peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I ke siklus II adalah 3,47%. Untuk aspek (3) hubungan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari, besar presentase peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I dan siklus II adalah 2,06%. Berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif, untuk aspek (1) ketrampilan bepikir lancar, besar presentase peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I ke siklus II adalah 2,77%. Untuk aspek (2) ketrampilan bepikir luwes, besar presentase peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I ke siklus II adalah 3,08%. Untuk aspek (3) kemampuan berpikir orisinil, besar presentase peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I dan siklus II adalah 7,12%. Respon yang diberikan peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Susana kelas, minat mengikuti pembelajaran, metode guru mengajar, sarana dan prasarana rata-rata berada pada kategori baik, senang dan menarik.
Downloads
References
Aziz. (2015). Meningkatkan Aktifitas Belajar, Sikap, dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Open Ended pada Peserta Didik Kelas VIII Mts Balang-Balang Kab. Gowa. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Herdian. (2010). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Retrieved from http://herdy07.wordpress.com
Hudoyono, H. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA Jurusan IPA melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif-Deduktif. Seminar Nasional Matematika. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Ma’rufi & Ilyas, M. (2018). Mentoring Guru Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Pedagogical Content Knowledge. Prosiding, 3(1).
Munandar, U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.
NCTM. (Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics). 1989. Reston, VA: NCTM.
Ruseffendi, E. (1988). Pengantar Kepada membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran Matematika untuk Meniingkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Ruseffendi, E. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Megapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung: UPI.
Yanawati, R. (2001). Pembelajaran dengan Open Ended dalam Upaya Meningkatkan kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.