Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Authors

  • Burhan Burhan Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

kooperatif, STAD, Pendekatan Open Ended, Kemampuan Koneksi, Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.A SMP Negeri 1 Towuti Kabupaten Luwu Timur, yaitu 35 peserta didik terdiri dari 20 peserta didik putri dan 15 peserta didik putra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) Kemampuan Koneksi Matematika peserta didik kelas VIII.A SMP Negeri 1 Towuti Luwu Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 selama kegiatan pembelajaran matematika dengan penerapa pendekatan Open Ended dan (2) Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik kelas VIII.A SMP Negeri 1 Towuti Luwu Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 selama kegiatan pembelajaran matematika dengan penerapa pendekatan Open Ended. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan open ended terjadi perubahan positif dipengaruhi oleh Aktivitas peserta didik dan kemempuan guru mengelolah pembelajaran dimana guru memberikan tindakan selanjutnya peserta didik menerima atau melakukan tindakan tersebut. Untuk aspek (1) hubungan antara konsep dalam matematika, besar presentase peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I ke siklus II adalah 18,82%. Untuk aspek (2) hubungan antara matematika dan bidang ilmu lain, besar presentase peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I ke siklus II adalah 3,47%. Untuk aspek (3) hubungan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari, besar presentase peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I dan siklus II adalah 2,06%. Berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif, untuk aspek (1) ketrampilan bepikir lancar, besar presentase peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I ke siklus II adalah 2,77%. Untuk aspek (2) ketrampilan bepikir luwes, besar presentase peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I ke siklus II adalah 3,08%. Untuk aspek (3) kemampuan berpikir orisinil, besar presentase peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I dan siklus II adalah 7,12%. Respon yang diberikan peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Susana kelas, minat mengikuti pembelajaran, metode guru mengajar, sarana dan prasarana rata-rata berada pada kategori baik, senang dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz. (2015). Meningkatkan Aktifitas Belajar, Sikap, dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Open Ended pada Peserta Didik Kelas VIII Mts Balang-Balang Kab. Gowa. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Herdian. (2010). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Retrieved from http://herdy07.wordpress.com

Hudoyono, H. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA Jurusan IPA melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif-Deduktif. Seminar Nasional Matematika. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Ma’rufi & Ilyas, M. (2018). Mentoring Guru Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Pedagogical Content Knowledge. Prosiding, 3(1).

Munandar, U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.

NCTM. (Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics). 1989. Reston, VA: NCTM.

Ruseffendi, E. (1988). Pengantar Kepada membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran Matematika untuk Meniingkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Megapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung: UPI.

Yanawati, R. (2001). Pembelajaran dengan Open Ended dalam Upaya Meningkatkan kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Published

2018-08-12

How to Cite

Burhan, B. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 117–132. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/203

Issue

Section

Articles