Efektifitas Penggunaan Media Powerpoint Topik Lingkaran Terhadap Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Kaslam Hamzah Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik, Resiliensi Matematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana efektifitas pembelajaran matematika menggunakan media PowerPoint terhadap motivasi, aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media PowerPoint dengan model pembelajaran kooperatif pada topik lingkaran siswa SMP Negeri 1 Bua. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar adalah tes hasil belajar, data aktivitas siswa diperoleh dengan lembar observasi aktivitas siswa dan guru, sedang data motivasi siswa diperoleh dengan menggunakan angket motivasi. Data aktivitas siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dan motivasi siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hipotesis dari penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa setelah penerapan media pembelajaran PowerPoint pada topik lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bua. Secara umum disimpulkan bahwa penggunaan media PowerPoint pada pada pembelajaran matematika topik lingkaran siswa SMP Negeri 1 Bua dengan kategori cukup efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar A. 2002. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Fitriani A. (2013). Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match dan Tipe Scramble pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM

Redhana, I.W. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argumen Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 141-148.

Taufiq, 2013. Keefektifan Penerapan Media Animasi Dengan Setting Kooperatif Pada Materi Pokok Kubus dan Balok Siswa SMP Negeri 1 Segeri. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Suprapti and Endang. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Powerpoint ISPRING Pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang Dan Trapesium Di Kelas VII SMP. Mathematics Education, Science and Technology 1, no.1 : 57–68.

Suprijono. A. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Zulkarnaini, 2015; Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, (Online) [http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel%20%26%20Jurnal/Inovasi%20Dalam%20Pendidik an/TIK_inEduMath.pdf] diakses pada tanggal 28 September 2016.

Downloads

Published

2019-02-17

How to Cite

Hamzah, K. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Powerpoint Topik Lingkaran Terhadap Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 18–24. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/207

Issue

Section

Articles