Pengaruh Guided Discovery Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik
Keywords:
Hasil Belajar Matematika, proses pembelajaran, Guided DiscoveryAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui deskripsi proses pembelajaran peserta didik selama menggunakan Guided Discovery, (2) mengetahui deskripsi hasil belajar matematika peserta didik setelah menggunakan Guided Discovery, (3) mengetahui apakah penggunaan Guided Discovery memberikan pengaruh terhadap proses dan hasil belajar matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMAN 6 Wajo dengan sampel penelitian adalah kelas XII IPS 1 yang diambil dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling ( sampel purposif ). Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar (pretest dan posttest) dan lembar observasi terhadap proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas XII IPS 1 SMAN 6 Wajo dan teknik analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran peserta didik mengalami peningkatan selama diajar dengan menggunakan Guided Discovery dimana peserta didik terlibat lebih aktif dalam mengajukan pertanyaan pada saat guru menjelaskan, pemaparan hasil diskusi serta lebih aktif dalam pengerjaan tugas latihan , (2) hasil belajar matematika peserta didik mengalami peningkatan setelah diajar dengan menggunakan Guided Discovery, dan (3) penerapan pembelajaran dengan menggunakan Guided Discovery memberikan pengaruh terhadap proses dan hasil belajar matematika peserta didik Kelas XII IPS 1 SMAN 6 Wajo.
Downloads
References
Amien, M. (1998). Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan metode “discovery” dan “inquiry”. Jakarta: Depdikbud.
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Baharrudin dan Esa Nur Wahyudu. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran Yogyakarta: ArRuzz.
Carin, Arthur A. (1993). Teaching Science Through Discovery. USA: Macmillan Publishing Company.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta
http://darussholahjember. com/2011/05/aplikasi-metode-discovery-learning.html (diunduh 30 Agustus 2017 ).
http://ebookbrowse.com/pengertian-model-pembelajaran-discovery-learning-menurut-para-ahli-pdfd368189396 (diunduh 30 Agustus 2017).
http://prismabekasi.com/2012/10/definisi-belajar-menurut-para-ahli.html (diunduh 30 Agustus 2017)
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan : Bandung
M. Ngalim Purwanto. (1999). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono, Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nana Sudjana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Praswoto, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta : Diva PERS
Purwanto, M.Pd. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Sani, R. A. (2013). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan dan Implementasinya pada KTSP. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.