Pengaruh Guided Discovery Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Inderwati Abdul Rahman Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, proses pembelajaran, Guided Discovery

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui deskripsi proses pembelajaran peserta didik selama menggunakan Guided Discovery, (2) mengetahui deskripsi hasil belajar matematika peserta didik setelah menggunakan Guided Discovery, (3) mengetahui apakah penggunaan Guided Discovery memberikan pengaruh terhadap proses dan hasil belajar matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMAN 6 Wajo dengan sampel penelitian adalah kelas XII IPS 1 yang diambil dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling ( sampel purposif ). Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar (pretest dan posttest) dan lembar observasi terhadap proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas XII IPS 1 SMAN 6 Wajo dan teknik analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran peserta didik mengalami peningkatan selama diajar dengan menggunakan Guided Discovery dimana peserta didik terlibat lebih aktif dalam mengajukan pertanyaan pada saat guru menjelaskan, pemaparan hasil diskusi serta lebih aktif dalam pengerjaan tugas latihan , (2) hasil belajar matematika peserta didik mengalami peningkatan setelah diajar dengan menggunakan Guided Discovery, dan (3) penerapan pembelajaran dengan menggunakan Guided Discovery memberikan pengaruh terhadap proses dan hasil belajar matematika peserta didik Kelas XII IPS 1 SMAN 6 Wajo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amien, M. (1998). Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan metode “discovery” dan “inquiry”. Jakarta: Depdikbud.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Baharrudin dan Esa Nur Wahyudu. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran Yogyakarta: ArRuzz.

Carin, Arthur A. (1993). Teaching Science Through Discovery. USA: Macmillan Publishing Company.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

http://darussholahjember. com/2011/05/aplikasi-metode-discovery-learning.html (diunduh 30 Agustus 2017 ).

http://ebookbrowse.com/pengertian-model-pembelajaran-discovery-learning-menurut-para-ahli-pdfd368189396 (diunduh 30 Agustus 2017).

http://prismabekasi.com/2012/10/definisi-belajar-menurut-para-ahli.html (diunduh 30 Agustus 2017)

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan : Bandung

M. Ngalim Purwanto. (1999). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nana Sudjana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Praswoto, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta : Diva PERS

Purwanto, M.Pd. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Sani, R. A. (2013). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan dan Implementasinya pada KTSP. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2019-02-17

How to Cite

Rahman, I. A. (2019). Pengaruh Guided Discovery Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 68–76. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/213

Issue

Section

Articles