Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Mengunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok
Keywords:
Numbered Head Together, Two Stay Two StrayAbstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membandingkan hasil belajar pokok bahasan kubus dan balok, siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatiif tipe NHT dengan TSTS. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Bajiminasa yang berjumlah 61 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.A berjumlah 31 siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa kelas XI.B yang berjumlah 30 siswa yang diajar dengan model pembelajaran tipe TSTS. Data dikumpul melalui pemberian tes hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Pengolahan datanya menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe NHT berada pada kategori tinggi dengan rata-rata sebesar 67,58 dan standar deviasi 16,244. Sedangkan hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berada pada kategori sedang dengan rata-rata 59,20 dan standar deviasi 12,12. Sedangkan hasil analisis statistic inferensial diperoleh t hitung > t table yang berarti ada perbedaan hasil belajar mtematika pada pokok bahasan kubus dan balok siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbeda dengan hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS.
Downloads
References
Dimyati & Mudjono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hudojo, H. (1990). Strtegi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang
Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. UNESA. Surabaya
Johnson, E. B. (2012). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa.
Lie, A. (2002). Cooperatif Learning. Jakarta: PT. Grasindo
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Ratumanan, G. T. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Rusman, (2012). Model-Model Pembelajaran (mengembangkan profesional guru). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sabri, Ahmad. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Slavin, R. E. (2005). Cooperatif Learning (Teori, Riset dan Praktik), Bandung: Nusa Media.
Sudjana, N. (1989). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Sudjana, N. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suprijono, A. (2013). Cooperatif learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Warsono & Haryanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Wati, Ratna. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 13 Makassar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Pendekatan Konstektual. Skrpsi: FMIPA UNM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.