Aljabar Max-Plus: Verifikasi Keamanan Sistem Penjadwalan Keberangkatan Kereta Api

Indonesia

Authors

  • Aditya Putra Pratama Institut Teknologi Kalimantan
  • Nurul Fuady Adhalia H Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2447

Keywords:

Aljabar max-plus, analisis reachability, sistem transisi, sistem uncertain max-plus linear, verifikasi keamanan

Abstract

Dalam penelitian ini dibahas mengenai cara untuk melakukan verifikasi terhadap sistem penjadwalan keberangkatan kereta api atas Aljabar Max-Plus berdasarkan suatu property keamanan yang akan diamati. Lebih khusus, sistem yang digunakan sebagai representasi dari sistem penjadwalan keberangkatan kereta api, yaitu: Sistem uncertain Max-Plus Linear (uMPL). Sistem uMPL tersebut dapat dikonstruksi berdasarkan graf berarah yang merepresentasikan jalur lintasan kereta api. Jika diberikan suatu Sistem uMPL autonomous yang merepresentasikan sistem penjadwalan keberangkatan kereta api, maka proses untuk melakukan verifikasi keamanan terhadap sistem tersebut berdasarkan property yang diberikan dapat dilakukan dengan menggunakan analisis reachability. Lebih lanjut, jika diberikan Sistem uMPL, suatu initial conditions yang tak kosong, time horizon, dan unsafe set, maka verifikasi keamanan terhadap Sistem uMPL dapat dilakukan dengan melihat apakah state dari sistem tersebut mampu mencapai unsafe set atau tidak. Jika state dari Sistem uMPL mampu mencapai unsafe set berdasarkan time horizon yang diberikan, maka Sistem uMPL tersebut tidak aman. Sebaliknya, jika state sistem tidak mampu mencapai unsafe set berdasarkan time horizon yang diberikan, maka sistem tersebut dikatakan aman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Adzkiya, D., Zhang, Y. dan Abate, A.: VeriSiMPL 2: An Open-Source Software for the Verification of Max-Plus-Linear Systems. Discrete Event Dynamic Systems, 2015, manuscript.
2. Candido, R. M. F., Hardouin, L., Lhommeau, M. dan Mendes, R. S. 2017.Conditional Reachability Of Uncertain Max Plus Linear Systems.
3. Heemels, W.P., De Schutter, B. and Bemporad, A., 2001. Equivalence of hybrid dynamical models. Automatica, 37(7), pp.1085-1091.
4. Necoara, I., Kerrigan, E.C., De Schutter, B., and Van den Boom, T.J.J.,2006.Worst-case optimal control of uncertain max-plus-linear systems. Proceedings of the 45th IEEE Conference on Decision and Control, San Diego, California, pp. 60556060, Dec. 2006
5. Pratama, A.P., Subchan, S. and Adzkiya, D., 2018. Safety Verification of Uncertain Max-Plus-Linear Systems. (IJCSAM) International Journal of Computing Science and Applied Mathematics, 4(2), pp.52-55.
6. Van den Boom, T., dan De Schutter,B., A stablizing model predictive controller for uncertain max-plus-linear systems and uncertain switching max-plus linear systems, Proceedings of the 18th IFAC World Congress, Milan, Italy, pp. 8663-8668, 2011. DOI: 10.3182/20110828-6-IT-1002.00872

Downloads

Published

2023-05-13

How to Cite

Aditya Putra Pratama, & Adhalia H, N. F. . (2023). Aljabar Max-Plus: Verifikasi Keamanan Sistem Penjadwalan Keberangkatan Kereta Api: Indonesia. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2447