Optimalisasi Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning-Flipped Classroom

Authors

  • Selvia Erita Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2617

Keywords:

Problem Based Learning, Flipped Classroom, Berpikir Kritis

Abstract

Model pembelajaran merupakan unsur utama dalam praktek mengajar. Perlunya memodifikasi model PBL dengan mengintegrasikan FC didalamnya, karena diharapkan pemodifikasian ini mampu menjadi ideal yang berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa matematika melalui tahapan pengembangan konseptual modifikasi model PBL dengan mengintegrasikan FC dengan menggunakan prosedur sintesis Lee and Jang dengan pendekatan Theory-Driven Conceptual Instruction Design Model tipe F1-O1-S1-A1 dan dilanjutkan dengan tahapan eksperimen menggunakan uji-t. Tahapan pengembangan konseptual modifikasi model PBL diawali dengan analisis studi literature dan informasi terbaru yang berkaitan dengan pola matematikawan bekerja serta melakukan proses validasi dengan teknik Delphi tiga putaran. Sedangkan pada tahap eksperimen meliputi uji pengaruh modifikasi model PBL dengan mengintegrasikan FC dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa matematika. Pengembangan konseptual modifikasi model PBL-FC menghasilkan 5 tahapan yaitu: 1). Mereview dan menyajikan masalah; 2). Memahami dan mendorong penyelesaian masalah; 3). Menfasilitasi dan memproses rencana penyelesaian; 4). Membahas hasil penyelesaian dan memberikan penguatan dan 5). Mengevaluasi dan menyimpulkan pembelajaran. Sedangkan pada tahapan eksperimen menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,001 artinya mahasiswa yang menggunakan model PBL-FC memiliki keterampilan berpikir kritis lebih baik dibandingkan mahasiswa  tidak mengimplementasikan Model PBL-FC. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tahapan modifikasi memberikan pengaruh untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, S. R., Murni, A., & Maimunah. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Open-Ended untuk Menfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Aksioma, 11(1), 342–354.

Ariyanti, M. (2017). Perbandingan Keefektifan Project-Based Learning dan Problem-Based Learning Ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5, 1–10.

Aulia, R., Rohati, R., & Marlina, M. (2021). Students’ Self-Confidence and Their Mathematical Communication Skills in Solving Problems. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 90–103. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v4i2.770

Basri, H., Purwanto, P., Asari, A. R., & Sisworo, S. (2019). Investigating Critical Thinking Skill of Junior High School in Solving Mathematical Problem. 12(3), 745–758.

Bassham, G., Irwin, W., Nardone, H., & Wallace, J. (2018). Critical Thinking A Student’s Introduction (Sixt Editi). McGraw-Hill.

Desania, F., Sinaga, B., Lubis, A., & Syahputra, E. (2020). Analysis of students’ critical thinking skills through problem-based learning approach using HOTS questions in SMA N 13 medan. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 131–137.

Dick, W., & Carey, L. (2015). Systematic Design of Instruction (The 8Th Ed). Pearson.

Eyyam, R., Languages, F., & Mediterranean, E. (2014). Impact Of Use Of technology in Mathematics lessons on Student Achievement and Attitudes. Social Behavior and Personality, 42(2005). http://eds.a.ebscohost.com.pallas2.tcl.sc.edu/ehost/pdfviewer/pdfviewer?vid=8&sid=f43c7b13-7e51-43a4-b7cd-8a7ce098c94e%40sessionmgr4008

Fautch, J. M. (2013). The flipped classroom for teaching organic chemistry in small classes: is it effective? Chemistry Education Research and Practice, 1–3. https://doi.org/10.1039/x0xx00000x

Firdaus, Kailani, I., Bakar, M. N. Bin, & Bakry. (2015). Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning, 9(3), 226–236. https://doi.org/10.1007/s00365-013-9198-y

Gravemeijer, K., Stephan, M., Julie, C., Lin, F. L., & Ohtani, M. (2017). What Mathematics Education May Prepare Students for the Society of the Future? International Journal of Science and Mathematics Education, 15, 105–123. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9814-6

Irawaan, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Penguasaan Konsep Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritik Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1), 46–55. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.138

Jensen, J. L., Holt, E. A., Sowards, J. B., Heath Ogden, T., & West, R. E. (2018). Investigating Strategies for Pre-Class Content Learning in a Flipped Classroom. Journal of Science Education and Technology, 27(6), 523–535. https://doi.org/10.1007/s10956-018-9740-6

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of Teaching. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Ninth Edit). Pearson Education, Inc.

Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2022). Self-regulated learning-based digital module development to improve students ’ critical thinking skills. 13(1), 211–220.

Lee, J., & Jang, S. (2014). A Methodological Framework for Instructional Design Model Development: Critical Dimensions and Synthesized Procedures. Educational Technology Research and Developmen, 62, 743–765.

Lee, M. K. (2018). Flipped classroom as an alternative future class model?: implications of South Korea’s social experiment. Educational Technology Research and Development, 66(3), 837–857. https://doi.org/10.1007/s11423-018-9587-9

Liberna, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(23), 190–197.

Masfingatin, T., Murtafiah, W., & Maharani, S. (2020). Exploration of Creative Mathematical Reasoning in Solving Geometric Problems. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 155–168. https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.7654.155-168

Moallem, M., Hung, W., & Dabbagh, N. (2019). The Wiley Handbook of Problem Based Learning. Wiley BlackWell.

Petrucco, C., & Ferranti, C. (2017). Developing Critical Thinking in online search. October. https://doi.org/10.20368/1971-8829/1390

Rusdi, M. (2019). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Sanders, S. (2016). Journal of Student Engagement: Education Matters. University of Wollongong, 6(1), 19–27. https://ro.uow.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?article=1019&context=jseem

Santos, S. C. dos. (2017). PBL-SEE: An Authentic Assessment Model for PBL-Based Software Engineering Education. IEEE Transactions on Education, 60(2), 120–126.

Tobing, H. E. L., Somakin, & Susanti, E. (2022). Development of E-Module Based on HOTS Questions on Distance Material for High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 1–14.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Selvia Erita. (2023). Optimalisasi Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning-Flipped Classroom. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 34–42. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2617