Eksplorasi Pembelajaran Matematika Berbasis TPACK
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2722Keywords:
Mathematics, Learning, TPACKAbstract
Pembelajaran matematika yang ada perlu dikembangkan supaya lebih mengorientasi siswa pada pembelajaran serta membantu siswa dalam memahami materi. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengembangkan pembelajaran dengan berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksplorasi pembelajaran matematika berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SRL ( Systematic Literature Review). Sebanyak 6 artikel dalam kurun waktu 2021-2023 telah dikaji. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat berbagai eksplorasi pembelajaran matematika berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) yang dapat diterapkan. Guru dapat mengimplementasikan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) pada pembelajaran Model Blended Learning pada materi matematika Sistem Persamaan Dua Variabel, menggunakan E-Modul berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) pada materi matematika segitiga dan segiempat, memanfaatkan aplikasi geogebra pada materi geometri, menggunakan bahan ajar Ecoprint untuk materi transformasi, menggunakan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) pada pembelajaran Model Creative Problem Solving pada materi geometri, dan mengimplementasikan desain instruksional Model Inquiry Learning pada materi geometri. Eksplorasi dari pembelajaran matematika berbasis berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) ini dapat menjadi referensi dalam pembelajaran matematika berbasis TPACK (Technology Pedagogical Content Knowledge). Variasi dari implementasi pembelajaran matematika berbasis TPACK (Technology Pedagogical Content Knowledge) tersebut juga dapat dikembangkan dalam materi matematika lain supaya lebih kreatif dan inovatif.
Downloads
References
Abadi, M. K., Asih, E. C. M., & Jupri, A. (2018). The Development of Interactive Mathematics Learning Material Based on Local Wisdom with .swf Format. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012131
Andini, D., Mulyani, N., Wijaya, T. T., & Supriyati, D. N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa Menggunakan Pendekatan PBL Berbantuan Geogebra. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 82–93. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.150
Damayanti, H. N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Ecoprint Berbasis TPACK pada Pembelajaran Matematika Materi Transformasi di SMAN 1 Klaten. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 13, 19–30.
Herdiman, I., Nurismadanti, I. F., Rengganis, P., & Maryani, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. Prisma, 7(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.213
Kulsum, S. I., Hidayat, W., Wijaya, T. T., & Kumala, J. (2019). Analysis on High School Students ’ Mathematical. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 431–436.
Novilia, R., Rinaldi, A., & Andriani, S. (2022). Blended learning models dengan pendekatan TPACK berbantuan e-learning: dampaknya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 10(2), 155.
Waluyo, E., & Nuraini. (2020). Pengembangan Desain Instruksional Model Inquiry Learning Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.31.1-11
Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Pengembangan model pembelajaran creative problem solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 191–205. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.39354
Wati, S., Fitriana, L., & Mardiyana, M. (2018). Technological pedagogical content knowledge of junior high school mathematics teachers in teaching linear equation. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012067
Widiazizah, I., Fatah, A., & Rahayu, I. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge ( Tpack ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. ARITMATIKA : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 95–107.
Wijaya, T. T., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smk. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 53. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p53-60
Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2076
Yuliani, R. E., Heru, H., & Sari, E. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Di Sma Negeri 19 Palembang. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1), 12–17. https://doi.org/10.46774/pptk.v4i1.337
Zainuddin, Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, & Mahtari, S. (2019). Developing the interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 12–17. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.