Eksplorasi Pembelajaran Matematika Berbasis TPACK

Authors

  • Zagita Aqmal Syarifah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Wanda Nugroho Yanuarto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2722

Keywords:

Mathematics, Learning, TPACK

Abstract

Pembelajaran matematika yang ada perlu dikembangkan supaya lebih mengorientasi siswa pada pembelajaran serta membantu siswa dalam memahami materi. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengembangkan pembelajaran dengan berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksplorasi pembelajaran matematika berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SRL ( Systematic Literature Review). Sebanyak 6 artikel dalam kurun waktu 2021-2023 telah dikaji. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat berbagai eksplorasi pembelajaran matematika berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) yang dapat diterapkan. Guru dapat mengimplementasikan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) pada pembelajaran Model Blended Learning pada materi matematika Sistem Persamaan Dua Variabel, menggunakan E-Modul berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) pada materi matematika segitiga dan segiempat, memanfaatkan aplikasi geogebra pada materi geometri, menggunakan bahan ajar Ecoprint untuk materi transformasi, menggunakan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) pada pembelajaran Model Creative Problem Solving pada materi geometri, dan mengimplementasikan desain instruksional Model Inquiry Learning pada materi geometri. Eksplorasi dari pembelajaran matematika berbasis berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) ini dapat menjadi referensi dalam pembelajaran matematika berbasis TPACK (Technology Pedagogical Content Knowledge). Variasi dari implementasi pembelajaran matematika berbasis TPACK (Technology Pedagogical Content Knowledge) tersebut juga dapat dikembangkan dalam materi matematika lain supaya lebih kreatif dan inovatif. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, M. K., Asih, E. C. M., & Jupri, A. (2018). The Development of Interactive Mathematics Learning Material Based on Local Wisdom with .swf Format. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012131

Andini, D., Mulyani, N., Wijaya, T. T., & Supriyati, D. N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa Menggunakan Pendekatan PBL Berbantuan Geogebra. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 82–93. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.150

Damayanti, H. N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Ecoprint Berbasis TPACK pada Pembelajaran Matematika Materi Transformasi di SMAN 1 Klaten. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 13, 19–30.

Herdiman, I., Nurismadanti, I. F., Rengganis, P., & Maryani, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. Prisma, 7(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.213

Kulsum, S. I., Hidayat, W., Wijaya, T. T., & Kumala, J. (2019). Analysis on High School Students ’ Mathematical. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 431–436.

Novilia, R., Rinaldi, A., & Andriani, S. (2022). Blended learning models dengan pendekatan TPACK berbantuan e-learning: dampaknya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 10(2), 155.

Waluyo, E., & Nuraini. (2020). Pengembangan Desain Instruksional Model Inquiry Learning Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.31.1-11

Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Pengembangan model pembelajaran creative problem solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 191–205. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.39354

Wati, S., Fitriana, L., & Mardiyana, M. (2018). Technological pedagogical content knowledge of junior high school mathematics teachers in teaching linear equation. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012067

Widiazizah, I., Fatah, A., & Rahayu, I. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge ( Tpack ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. ARITMATIKA : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 95–107.

Wijaya, T. T., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smk. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 53. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p53-60

Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2076

Yuliani, R. E., Heru, H., & Sari, E. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Di Sma Negeri 19 Palembang. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1), 12–17. https://doi.org/10.46774/pptk.v4i1.337

Zainuddin, Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, & Mahtari, S. (2019). Developing the interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 12–17. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012019

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Syarifah, Z. A., & Yanuarto, W. N. (2023). Eksplorasi Pembelajaran Matematika Berbasis TPACK. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 208–214. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2722