Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang

Authors

  • Resti Rosmiati Untirta
  • Novaliyosi Novaliyosi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2752

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan informasi tentang implementasi
kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika berdasarkan (1) perencanaan pembelajaran matematika; (2)
pelaksanaan pembelajaran matematika; dan (3) penilaian pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan
di Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan
adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran
matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang dilakukan dengan menyesuaikan modul ajar hasil kolaborasi
MGMP berdasarkan potensi peserta didik. (2) Pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran intrakulikuler
mata pelajaran matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang belum menerapkan strategi pembelajaran
berdiferensiasi secara maksimal sebagaimana mestinya, dan (3) Penilaian kurikulum merdeka dalam pembelajaran
matematika di kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang dilakukan oleh Guru mata pelajar kepada peserta didik dengan
melaksanakan penilaian formatif dan sumatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). Syakir Media Press.

Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, P. (2021). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Fatoni, M. (2022). Analisis Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari Terkait Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora Universitas PGRI Madiun, 1, 68–77. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDR

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Kepmendikbudristekdikti. (2022). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112.

Khoirurrijal, K., Fadriati, F., Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, T., Fakhrudin, A., Hamdani, H., & Suprapno, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi Perumahan. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Manik, H., C B Sihite, A., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3048

Nurhayati. (2020). TELAAH KURIKULUM (Sebuah Pengantar Mata Kuliah Telaah Kurikulum di Perguruan Tinggi Agama Islam Yang Mengacu Pada KKNI). Widina Bhakti Persada Bandung.

Peraturan Pemerintah RI. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(69), 5–24.

Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Prenadamedia Group.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Sudarto, Hafid, A., & Amran, M. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/TemaIPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1(1), 406–417. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25268

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Wisnujati, N. S., Sitorus, E., Anggusti, M., Ramadhani, R., Cendana, W., Marzuki, I., Simarmata, A., Tjiptadi, D. D., Bachtiar, E., Sari, D. C., Sari, I. N., Jamaludin, J., Sakirman, S., Grace, E., Hastuti, P., Ramadhani, Y. R., Purba, A., Prihatmojo, A., Firdaus, E., … Cahyadin, W. (2021). Merdeka Belajar Merdeka Mengajar.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Resti Rosmiati, Novaliyosi, N., & Santosa, C. A. H. F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 132–140. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2752