KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DILIHAT DARI VISUALISASI SPASIAL SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS

Authors

  • Avila Yolanda IKIP PGRI Pontianak
  • Dewi Risalah IKIP PGRI Pontianak
  • Muchtadi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2795

Keywords:

Kemampuan Koneksi Matematis, Visualisasi Spasial, Koordinat Kartesius

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis tingkat tingkat dilihat dari visualisasi spasial pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Laur di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Laur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang terdiri dari 26 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematis dan wawancara Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa B8 dan B1 memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat tinggi memenuhi indikator-indikator visualisasi spasial pengimajinasian, pengkosepan, penyelesaian masalah dan pencapaian pola, untuk siswa B25 dan B10 memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat sedang siswa B25 memenuhi indikator-indikator visualisasi spasial pengimajinasian, pengkosepan, penyelesaian masalah sedangkan siswa B10 memenuhi indikator pengimajinasian dan pengkosepan saja, dan siswa B11 dan B22 memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat rendah hanya memenuhi indikator pengkosepan saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnis, F. M., Syahputra, E., & Surya, E. (2020). Analisis Lintasan Berpikir Siswa SMP Untuk Menyelesaikan Masalah Spasial Setelah Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik. PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 13(2), 73–78.
Bakhril, Moh. S., Kartono, & N.,R, D. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 754–758.
Harmony, J., & Theis, R. (2012). Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Edumatica, 2(1), 11–19.
Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal On Education, 01(02), 309–316.
Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.
Kumastuti, Supartono, & Dwijanto. (2013). Pembelajaran Bercirikan Pemberdayaan Kegiatan Belajar Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Keruangan. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1).
Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Jurnal Matematika, 17(1), 1–12.
Meylinda, D., & Surya, E. (2017). Kemampuan Koneksi Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah. State University Of Medan, 1–11.
Nuryatin, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education, 1(2), 61–67.
Octaviani, K. D., Indrawatiningsih, N., & Afifah, A. (2021). Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar. International Journal Of Progressive Mathematics Education, 1(1), 27–40.
Rizkiana, S., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Kemampuan Visual Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Kubus dan Balok. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA.
Ulya, U., Irmawati, & Maulana. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130.
Yasinta, P., Meirista, E., & Taufik, A. R. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Asimtot:Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 129–138.

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Avila Yolanda, Dewi Risalah, & Muchtadi. (2023). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DILIHAT DARI VISUALISASI SPASIAL SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS . Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 161–169. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2795