Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2913Keywords:
Ethnomathematics, Traditional Houses, Tana Toraja, TongkonanAbstract
Budaya dan matematika sangat erat kaitannya dengan budaya salah satunya yaitu rumah adat tana toraja. pada rumah adat tana toraja yaitu tongkonan banyak sekali terdapat unsur matematika didalamnya. Selain memiliki unsur matematika hal tersebut juga ada kaitannya dengan sejarah sehingga tidak hanya matematika saja akan tetapi sejarah juga terdapat pada tongkonan serta tradisi tana toraja tidak bias dipisahkan dengan rumah adat yaitu tongkonan Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasikan makna-makna dari ukiran pada rumah adat toraja serta mengenalkan unsur-unsur matematika seperti geometri yang bisa dilihat pada bangunan bersejarah tongkonan dan sejarah yang terdapat didalamnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan kajian literature. Pada kegiatan wawancara melibatkan Sekretaris umum MUI Tana Toraja, tokoh adat dan masyarakat setempat, dengan jumlah subjek penelitian yaitu 4 orang. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa dalam rumah adat tana toraja tongkonan terdapat unsur matematika yang belum pernah diekspor dan diketahui oleh masyarakat diantaranya konsep segitiga, tabung, persegi, persegi panjang, lingkaran dan keucut.Downloads
References
Alfiah, A., & Supriyani, E. (2016). Perubahan Bentuk Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja Berdasarkan Pendapat Teori Lesesau. Teknosains: Media Informasi Sains Dan Teknologi, 10(2), 183–196. http://journal.uin alauddin.ac.id/index.php/teknosains/article/view/1899
Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 224. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3183
Manglili, N., Nurkin, B., Paembonan, S. A., Millang, S., Restu, M., & Larekeng, S. H. (2019). The potential of carbon deposits to residual stand in Tongkonan lembang Buri’ garden of Tana Toraja. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/343/1/012061
Martini, S., Farhaeni, M., & Mapanget, L. (n.d.). MAKNA FILOSOFIS DALAM UKIRAN PADA RUMAH ADAT TANAH TORAJA ( TONGKONAN ) DI AREA WISATA BUDAYA DI KOTA MANADO.
Nuri Ria Sri Wahyuni, Amaliya, verty nur, Rusliah, N., & Rilla Gina Gunawan. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan bersejarah Bilik Padi dan Jirok Kerinci. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 4(1), 77–88.
Nursalam, N. (2019). Makna Sosial Tongkonan dalam Kehidupan Masyarakat Tana Toraja. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 5(1), 30–34. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v5i1.972
Pratami, R. K. V. M., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika Pada Rumah Adat Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 125. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.293
Shandra Stephany. (2009). Transformasi Tatanan Ruang Dan Bentuk Pada Interior Tongkonan Di Tana Toraja Sulawesi Selatan. Dimensi Interior, 7(1), 28–39. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/int/article/view/18179
Tangdilintin, L. T. (1974). Toraja dan Kebudayaannya. Lembaga Sejarah dan Antropologi. Ujung Padang: Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan., 1–40.
Wong, A. A., Hussin, R., & Saat, G. (2022). Fungsi Sosiobudaya Rumah Adat Tongkonan Suku Toraja Di Lalikan Pangala’, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia. Journal of Borneo Social Transformation Studies, 8(1), 88–103. https://doi.org/10.51200/jobsts.v8i1.4165
Yuningsih, N., Nursuprianah, I., & Manfaat, B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Rancang Bangun Rumah Adat Lengkong. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.19517
Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216–226. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/289
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.