Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Sistem Persamaan Linear di Kelas X SMK Negeri 1 Ketapang
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4291Keywords:
Aplikasi Android, Media Ajar Matematika, Sistem Persamaan Linear, Research and DevelopmentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Android sebagai media ajar matematika pada materi sistem persamaan linear untuk siswa SMK kelas X Ketapang yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Pengembangan (Research and Development/ R & D). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu analisis, rancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK sebanyak 30 siswa dan 3 orang ahli media dan materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan respon siswa, dan soal post-test. Hasil penelitian validasi aplikasi berbasis android yaitu validasi media dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 93,33% dalam kriteria sangat valid. Sedangkan hasil penelitian validasi materi diperoleh skor rata-rata 97,14% dalam kriteria sangat valid. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan seluruh siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh persentase sebesar 92,01,% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari nilai hasil pengerjaan post-test siswa dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang dari 30 orang dengan persentase 73,33% dan nilai rata-rata siswa yang dihitung dengan rumus skor rata-rata dan dipersentasekan dengan keseluruhan nilai siswa sehingga diperoleh nilai sebesar 78,2 dengan berpatokan pada nilai KKM sekolah yaitu 70, maka rata-rata hasil tes siswa memiliki kriteria tuntas dan tergolong sangat efektif.
Downloads
References
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat .
Setyahandani, U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android pada Materi Gelombang Cahaya di Kelas XI SMA Negeri 2 Ketapang. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah x Ikatan Psikologi , 227.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Cetakan Ke-3. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wahyuda, R. (2021). Pengembangan Aplikasi PIW-Math Berbasis Contextual Teaching And Learning Bermuatan Karakter Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 1 Paloh. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.