Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Sistem Persamaan Linear di Kelas X SMK Negeri 1 Ketapang

Authors

  • Hetty Amalia IKIP PGRI Pontianak
  • Rahman Haryadi IKIP PGRI Pontianak
  • Yadi Ardiawan IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4291

Keywords:

Aplikasi Android, Media Ajar Matematika, Sistem Persamaan Linear, Research and Development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Android sebagai media ajar matematika pada materi sistem persamaan linear untuk siswa SMK kelas X Ketapang yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Pengembangan (Research and Development/ R & D).  Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu analisis, rancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK sebanyak 30 siswa dan 3 orang ahli media dan materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan respon siswa, dan soal post-test. Hasil penelitian validasi aplikasi berbasis android yaitu validasi media dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 93,33%  dalam kriteria sangat valid. Sedangkan hasil penelitian validasi materi diperoleh skor rata-rata 97,14% dalam kriteria sangat valid. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan seluruh siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh persentase sebesar 92,01,% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari nilai hasil pengerjaan post-test siswa dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang dari 30 orang dengan persentase 73,33% dan nilai rata-rata siswa yang dihitung dengan rumus skor rata-rata dan dipersentasekan dengan keseluruhan nilai siswa sehingga diperoleh nilai sebesar 78,2 dengan berpatokan pada nilai KKM sekolah yaitu 70, maka rata-rata hasil tes siswa memiliki kriteria tuntas dan tergolong sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat .

Setyahandani, U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android pada Materi Gelombang Cahaya di Kelas XI SMA Negeri 2 Ketapang. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah x Ikatan Psikologi , 227.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Cetakan Ke-3. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyuda, R. (2021). Pengembangan Aplikasi PIW-Math Berbasis Contextual Teaching And Learning Bermuatan Karakter Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 1 Paloh. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Downloads

Published

2024-11-13

How to Cite

Hetty Amalia, Haryadi, R., & Ardiawan, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Sistem Persamaan Linear di Kelas X SMK Negeri 1 Ketapang. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 43–49. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4291