Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Mateti Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4417Keywords:
Pemahaman Konsep Matematika, Bilangan BulatAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi bilangan bulat. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 11 Kota Gorontalo dengan melibatkan 28 peserta didik sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep dan wawancara. Indikator yang digunakan untuk mengambarkan pemahaman konsep matematika peserta didik antara lain: (1) Mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (2) Memberikan contoh dari konsep, (3) Menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, (4) Mengaplikasikan konsep pemecahan masalah. Selanjutnya dilakukan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai pemahaman konsep matematika peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik dengan kategori tingi sebesar 18%, kategori sedang sebesar 68%, dan kategori rendah sebesar 14%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi operasi bilangan bulat tergolong sedang, yang ditunjukan dengan kemampuan peserta didik yang hanya memenuhi sebagian indikator pemahaman konsep matematika yang diukur.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Komariah, Aan dan Djam’an Satori. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Machmud, Tedy. 2013. Peningkatan Komunikasi Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siawa SMP Melalui Pendekatan Problem-Centered Dengan Strategi Self-Efficacy Scaffolding. Disertasi: UPI Bandung
Masitoh & Prabawanto. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovey Learning). Edu-Mat jurnal Pendidikan Matematika:Vol 4(1)
Poesprodjo. 1987. Pengertian Pengetahuan Memahami. Jakarta : Balai Pustaka.
Aisyah N, Hawa S, Somakin, Purwoko, Hartono Y, dan AS. 2011. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. https;//id.scribd.com/doc/61424217/22-Pengembangan-Pembelajaran-Matematika-SD
Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Ruqoyyah Siti, dkk. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Resiliensi Matematika Dengan Vba Microsoft Excel. Purwakarta : Cv. Tre Alea Jacta Pedagogie
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, dan Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sundayana, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Umbara Uba. 2017. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Deepublish.
Wandi, S. 2013. Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di SMA Karangturi Kota Semarang. ACTIVE; Journal Of Physical Education, Sport, Healt and Recreation,2(8)
Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika
Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.