Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Mateti Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Gorontalo

Authors

  • Irda Fentriani Saputri Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4417

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematika, Bilangan Bulat

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi bilangan bulat. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 11 Kota Gorontalo dengan melibatkan 28 peserta didik sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep dan wawancara. Indikator yang digunakan untuk mengambarkan pemahaman konsep matematika peserta didik antara lain: (1) Mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (2) Memberikan contoh dari konsep, (3) Menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, (4) Mengaplikasikan konsep pemecahan masalah. Selanjutnya dilakukan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai pemahaman konsep matematika peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik dengan kategori tingi sebesar 18%, kategori sedang sebesar 68%, dan kategori rendah sebesar 14%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi operasi bilangan bulat tergolong sedang, yang ditunjukan dengan kemampuan peserta didik yang hanya memenuhi sebagian indikator pemahaman konsep matematika yang diukur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonius dkk. 2021. Wawancara Terstruktur Semi-Terstruktur. Bandung: CRMS Membangun Indonesia Dengan GRC.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Komariah, Aan dan Djam’an Satori. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Machmud, Tedy. 2013. Peningkatan Komunikasi Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siawa SMP Melalui Pendekatan Problem-Centered Dengan Strategi Self-Efficacy Scaffolding. Disertasi: UPI Bandung
Masitoh & Prabawanto. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovey Learning). Edu-Mat jurnal Pendidikan Matematika:Vol 4(1)
Poesprodjo. 1987. Pengertian Pengetahuan Memahami. Jakarta : Balai Pustaka.
Aisyah N, Hawa S, Somakin, Purwoko, Hartono Y, dan AS. 2011. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. https;//id.scribd.com/doc/61424217/22-Pengembangan-Pembelajaran-Matematika-SD
Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Ruqoyyah Siti, dkk. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Resiliensi Matematika Dengan Vba Microsoft Excel. Purwakarta : Cv. Tre Alea Jacta Pedagogie
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, dan Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sundayana, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Umbara Uba. 2017. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Deepublish.
Wandi, S. 2013. Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di SMA Karangturi Kota Semarang. ACTIVE; Journal Of Physical Education, Sport, Healt and Recreation,2(8)
Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika
Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.

Downloads

Published

2025-01-04

How to Cite

Saputri, I. F. (2025). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Mateti Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Gorontalo. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 179–187. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4417