PENERAPAN PEWARNAAN GRAF PADA PENYUSUNAN PETA ZONASI SMA NEGERI DI KABUPATEN KARANGANYAR BERDASARKAN DATA PPDB TAHUN PELAJARAN 2022/2023 MENGGUNAKAN ALGORITMA WELCH-POWELL
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4452Keywords:
Zonasi, Pewarnaan Graf, Pewarnaan Peta, dan Algoritma Welch Powell.Abstract
Abstrak. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi merupakan salah satu strategi penting dalam pemerataan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia. Kebijakan zonasi sekolah diyakini oleh pemerintah pusat dapat mewujudkan tantangan pemerataan kualitas pendidikan antar sekolah dan berkeadilan. Kabupaten Karanganyar menerapkan sistem ini untuk memastikan distribusi siswa berdasarkan kedekatan geografis antara tempat tinggal siswa dan sekolah. Namun, tantangan utama dalam pelaksanaan sistem zonasi adalah menentukan zona penerimaan yang optimal atau kekurangan kuota di sekolah-sekolah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan dan menyelesaikan masalah zonasi pada peta PPDB SMA Negeri di Kabupaten Karanganyar menggunakan teori graf, khususnya pewarnaan graf. Algoritma Welch-Powell digunakan sebagai metode utama dalam pewarnaan graf ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan algoritma Welch-Powell mampu memetakan zonasi dengan warna minimum, sehingga dapat menjadi pertimbangan pemerintah daerah Kabupaten Karanganyar untuk meningkatkan pemerataan akses pendidikan di Kabupaten Karanganyar, terutama sebagai pertimbangan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) di wilayah-wilayah yang belum terdapat SMA Negeri.Downloads
Download data is not yet available.
References
Bahri, S., & Hidayatullah, T. (2018). PENERAPAN COLORING GRAPH PADA SISTEM PENGINGAT DAN PENJADWALAN IMUNISASI DASAR LENGKAP (Vol. 3, Issue 2).
Elwijaya, F., Mairina, V., & Gistituati, N. (2021). Konsep dasar kebijakan pendidikan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 67. https://doi.org/10.29210/3003817000
Farisi, O. I. R., Maysyaroh, S., & Dewi, E. F. (2021a). Penerapan Pewarnaan Graf pada Penjadwalan Mengajar Dosen Pendidikan Matematika Universitas Nurul Jadid. Jurnal Matematika, 11(1), 10. https://doi.org/10.24843/jmat.2021.v11.i01.p132
Farisi, O. I. R., Maysyaroh, S., & Dewi, E. F. (2021b). Penerapan Pewarnaan Graf pada Penjadwalan Mengajar Dosen Pendidikan Matematika Universitas Nurul Jadid. Jurnal Matematika, 11(1), 10. https://doi.org/10.24843/jmat.2021.v11.i01.p132
Hasanah, Laili Gadis. (2022). Konsep Pewarnaan Graf Dalam Penyusunan Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar Di SMKN. Griya Journal of Mathematics Education and Application. Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 504. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
https://arsip.siap-ppdb.com/2022/jateng/#/0300/hasil/seleksi
Maulani, A., & Wulandari, D. (2023). Implementasi Pewarnaan Graf Pada Pengelompokan Siswa/i Rumah Belajar Azalea Dengan Algoritma Welch-Powell. In Jurnal Siger Matematika (Vol. 04, Issue 02).
Monim, H. O., Widjajanti, T. W. T., & Sesa, J. (2022, May). Aplikasi Pewarnaan Graf dalam Penentuan Distrik yang Strategis di Kabupaten Manokwari dengan Algoritma Welch Powell. In Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIPA (pp. 126-141). https://prosiding.fmipa.unipa.ac.id/index.php/SNMIPAUNIPA/article/view/18/16.
Dinas Kominfo Kabupaten Karanganyar. (2019). profil-kabupaten-karanganyar-19_compressed. (n.d.).
Qomaruddin, M., Bismi, W., & Hariyanto, D. (2022). Pewarnaan Graf Pada Peta Provinsi Jawa Barat Menggunakan Algoritma Welch-Powell. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 10(2), 258. https://doi.org/10.26418/justin.v10i2.53829
Selvy, O. :, Putri, A., & Yogyakarta, U. N. (n.d.). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) ZONASI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA THE IMPLEMENTATION OF THE ZONING SYSTEM FOR STUDENT ENROLMENT POLICY AT SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. In Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan (Vol. 11, Issue 4).
Sidik, F. (2024). Pelaksanaan kebijakan zonasi sekolah dan dampaknya terhadap kualitas sekolah pada jenjang sekolah menengah pertama: Studi kasus di Kabupaten Sleman Yogyakarta. HUMANIKA, 24(1), 47–56. https://doi.org/10.21831/hum.v24i1.68551
Suryadi, D., & Nanang Priatna, Me. (n.d.). Modul 2 Representasi Graph dan Beberapa Graph Khusus.
Syakarofath, N. A., Sulaiman , A., & Irsyad, M. F. (2020). KAJIAN PRO KONTRA PENERAPAN SISTEM ZONASI PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 115-130. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1736
Syam, R., Ihsan, H., Asman, D., Matematika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2019). Aplikasi Pewarnaan Graf dengan Algoritma Recursive Largest First pada Penjadwalan Mata Kuliah. In Journal of Mathematics (Vol. 2, Issue 1). http://www.ojs.unm.ac.id/jmathcos
Elwijaya, F., Mairina, V., & Gistituati, N. (2021). Konsep dasar kebijakan pendidikan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 67. https://doi.org/10.29210/3003817000
Farisi, O. I. R., Maysyaroh, S., & Dewi, E. F. (2021a). Penerapan Pewarnaan Graf pada Penjadwalan Mengajar Dosen Pendidikan Matematika Universitas Nurul Jadid. Jurnal Matematika, 11(1), 10. https://doi.org/10.24843/jmat.2021.v11.i01.p132
Farisi, O. I. R., Maysyaroh, S., & Dewi, E. F. (2021b). Penerapan Pewarnaan Graf pada Penjadwalan Mengajar Dosen Pendidikan Matematika Universitas Nurul Jadid. Jurnal Matematika, 11(1), 10. https://doi.org/10.24843/jmat.2021.v11.i01.p132
Hasanah, Laili Gadis. (2022). Konsep Pewarnaan Graf Dalam Penyusunan Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar Di SMKN. Griya Journal of Mathematics Education and Application. Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 504. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
https://arsip.siap-ppdb.com/2022/jateng/#/0300/hasil/seleksi
Maulani, A., & Wulandari, D. (2023). Implementasi Pewarnaan Graf Pada Pengelompokan Siswa/i Rumah Belajar Azalea Dengan Algoritma Welch-Powell. In Jurnal Siger Matematika (Vol. 04, Issue 02).
Monim, H. O., Widjajanti, T. W. T., & Sesa, J. (2022, May). Aplikasi Pewarnaan Graf dalam Penentuan Distrik yang Strategis di Kabupaten Manokwari dengan Algoritma Welch Powell. In Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIPA (pp. 126-141). https://prosiding.fmipa.unipa.ac.id/index.php/SNMIPAUNIPA/article/view/18/16.
Dinas Kominfo Kabupaten Karanganyar. (2019). profil-kabupaten-karanganyar-19_compressed. (n.d.).
Qomaruddin, M., Bismi, W., & Hariyanto, D. (2022). Pewarnaan Graf Pada Peta Provinsi Jawa Barat Menggunakan Algoritma Welch-Powell. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 10(2), 258. https://doi.org/10.26418/justin.v10i2.53829
Selvy, O. :, Putri, A., & Yogyakarta, U. N. (n.d.). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) ZONASI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA THE IMPLEMENTATION OF THE ZONING SYSTEM FOR STUDENT ENROLMENT POLICY AT SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. In Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan (Vol. 11, Issue 4).
Sidik, F. (2024). Pelaksanaan kebijakan zonasi sekolah dan dampaknya terhadap kualitas sekolah pada jenjang sekolah menengah pertama: Studi kasus di Kabupaten Sleman Yogyakarta. HUMANIKA, 24(1), 47–56. https://doi.org/10.21831/hum.v24i1.68551
Suryadi, D., & Nanang Priatna, Me. (n.d.). Modul 2 Representasi Graph dan Beberapa Graph Khusus.
Syakarofath, N. A., Sulaiman , A., & Irsyad, M. F. (2020). KAJIAN PRO KONTRA PENERAPAN SISTEM ZONASI PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 115-130. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1736
Syam, R., Ihsan, H., Asman, D., Matematika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2019). Aplikasi Pewarnaan Graf dengan Algoritma Recursive Largest First pada Penjadwalan Mata Kuliah. In Journal of Mathematics (Vol. 2, Issue 1). http://www.ojs.unm.ac.id/jmathcos
Downloads
Published
2025-01-04
How to Cite
Nugraha, M. R. A., & Chrisnawati, H. E. (2025). PENERAPAN PEWARNAAN GRAF PADA PENYUSUNAN PETA ZONASI SMA NEGERI DI KABUPATEN KARANGANYAR BERDASARKAN DATA PPDB TAHUN PELAJARAN 2022/2023 MENGGUNAKAN ALGORITMA WELCH-POWELL. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 188–197. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4452
Issue
Section
Articles
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.