PENGARUH KEYAKINAN DIRI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Keywords:
Keyakinan Diri, Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh keyakinan diri dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD di kecamatan Towuti Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah dasar yang ada dikecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik Pengambilan subjek yaitu teknik sampling acak proportional random sampling. Instrumen penelitian yaitu angket keyakinan diri, angket kedisiplinan dan tes prestasi belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik imferansial. Hasil penelitian yaitu Terdapat pengaruhkeyakinan diridan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD di kecamatan Towuti. artinya siswa yang memiliki keyakinan dan kemandiran belajar tinggi cenderung memiliki prestasi belajar yang tinggi juga.Keyakinan diri dan kedisiplinan memiliki kontribusipengaruh 22,7% terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD di kecamatan Towuti dan 77,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar keyakinan diri dan kedisiplinan.
Downloads
References
Afrilianto. M, 2012, Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompotensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking, Jurnal.
Arif, M K. 2002, Statistik Distribusi Bebas, Makassar: Andira Publisher.
Arifin, Z. 2014, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2008, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Budi, P S dan Ashari. 2005, Analisis statistic dengan Microsoft Excel & SPSS, Yogyakarta : Andi Offset.
Darmadi. 2017, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Ed 1, Cet 1; Yogyakarta: Deepublish.
Dwi, C R, Laelasari, dan M . Subali Noto., Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar Linear 1, Jurnal Euclid , Unswagati Cirebon.
Dwi. Oktiana Dwi Putra Herawati dkk, 2016, Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA NEGERI 6 PALEMBANG , Jurnal.
Ferdianto, F dan Ghanny, Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing, Jurnal Euclid, ISSN 2355-17101, vol.1, No.1, pp. 1-59, Unswagati Cirebon.
Harahap, R. 2014, Pengaruh Teknik Pembelajaran Assessment Search Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur -Unsur Puisi Siswa X Sma Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Pembelajaran” 2013/2014, Jurnal Bahasa Vol 3, No 2.
Ika, A P. 2008, Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menerapkan Strategi Kognitif dalam Pemecahan Masalah, Tesis, Makassar: UNM.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Karim. A. 2011, Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar, Jurnal.
Magfirah, Q, Marthen Ttapilouw dan Nar Herrhyanto, Penerapan Model Pembelajaran Konseptual Interaktif (Interactive Conceptual Instruction) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP (Penelitian Eksperiment Terhadap Siswa Kelas VII Di SMPN 29 Bandung.
Mawaddah, Siti dan Ratin Maryanti.2 016, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (DISCOVERY LEARNING),Jurnal.
Negoro, ST & B. Harahap. 1998, Ensiklopedia Matematika, Bogor: Ghalia Indonesia.
Oktaviyanti, S. 2017, Efektivitas Model Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran “NUMBER HEADS TOGETHER(NHT) Berbasis MISSOWI METHEMATICS PROJECT (MMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Relasional Siswa, Tesis: Universitas Peradaban.
Peramatasari, B. 2014, Efektivitas Penertipan Model Pembeljaran Superitem dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 11 Makassar, Jurnal.
Richard, S R. 2006, Relational Understanding and Instrumental Understanding. Jurnal Mathematics Teaching in the Middle School, Vol. 12 No.2.
Rizki, Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Instrumental dan Relasional Siswa SMP, Universitas Pendidikan Indonesia.
Rohmah, I. 2012, Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Assessment Search (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kroya Tahun Ajaran 2011/2012.
Rusman. 2012, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. 2016, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group.
Siregar ,S. 2014, Statistik parametric untuk penelitian kuantitatif dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17, Jakarta:Bumi Aksara.
Siregar, S. 2014, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Soesianto. F & Djoni Dwijono. 2013, Logika Proposisional, Yogyakarta: Andi Offset.
Sriyanto. 2007, Strategi Sukses Menguasai Matematika, Yogyakarta: Indonesia Cerdas
Subana, M. dan Sudrajat. 2005, Dasar – dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia.
Subana, M , dkk. 2000, Statistik Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.
Sugimun dan Susi Maryani. 2014, Efektivitas Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Berbasis CTL Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis (Study Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri Bangunrejo Kab. Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014), Jurnal.
Sugiyono. 2013, Metode penelitian kombinasi mixed methods, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2009, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 1998, Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta.
Syah, M. 2007, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, H R. dan Purnomo Setiady Akbar. 2000, Pengantar Statistika, Jakarta: Bumi Aksara.
Yaumi, M. 2013, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencanah.
Zaini, H dkk. 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.