PENGARUH KEYAKINAN DIRI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Seniwati Seniwati Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Keyakinan Diri, Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh keyakinan diri dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD di kecamatan Towuti  Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah dasar yang ada dikecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik Pengambilan subjek yaitu teknik sampling acak proportional random sampling. Instrumen penelitian yaitu angket keyakinan diri, angket kedisiplinan dan tes prestasi belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik imferansial. Hasil penelitian yaitu Terdapat pengaruhkeyakinan diridan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD di kecamatan Towuti. artinya siswa yang memiliki keyakinan dan kemandiran belajar tinggi cenderung memiliki prestasi belajar yang tinggi juga.Keyakinan diri dan kedisiplinan memiliki kontribusipengaruh 22,7% terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD di kecamatan Towuti dan 77,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar keyakinan diri dan kedisiplinan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, M, Matematika SMK Bisnis dan Manajement Tingkat 1, Bandung : Amirco,2000.
Afrilianto. M, 2012, Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompotensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking, Jurnal.
Arif, M K. 2002, Statistik Distribusi Bebas, Makassar: Andira Publisher.
Arifin, Z. 2014, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2008, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Budi, P S dan Ashari. 2005, Analisis statistic dengan Microsoft Excel & SPSS, Yogyakarta : Andi Offset.
Darmadi. 2017, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Ed 1, Cet 1; Yogyakarta: Deepublish.
Dwi, C R, Laelasari, dan M . Subali Noto., Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar Linear 1, Jurnal Euclid , Unswagati Cirebon.
Dwi. Oktiana Dwi Putra Herawati dkk, 2016, Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA NEGERI 6 PALEMBANG , Jurnal.
Ferdianto, F dan Ghanny, Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing, Jurnal Euclid, ISSN 2355-17101, vol.1, No.1, pp. 1-59, Unswagati Cirebon.
Harahap, R. 2014, Pengaruh Teknik Pembelajaran Assessment Search Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur -Unsur Puisi Siswa X Sma Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Pembelajaran” 2013/2014, Jurnal Bahasa Vol 3, No 2.
Ika, A P. 2008, Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menerapkan Strategi Kognitif dalam Pemecahan Masalah, Tesis, Makassar: UNM.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Karim. A. 2011, Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar, Jurnal.
Magfirah, Q, Marthen Ttapilouw dan Nar Herrhyanto, Penerapan Model Pembelajaran Konseptual Interaktif (Interactive Conceptual Instruction) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP (Penelitian Eksperiment Terhadap Siswa Kelas VII Di SMPN 29 Bandung.
Mawaddah, Siti dan Ratin Maryanti.2 016, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (DISCOVERY LEARNING),Jurnal.
Negoro, ST & B. Harahap. 1998, Ensiklopedia Matematika, Bogor: Ghalia Indonesia.
Oktaviyanti, S. 2017, Efektivitas Model Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran “NUMBER HEADS TOGETHER(NHT) Berbasis MISSOWI METHEMATICS PROJECT (MMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Relasional Siswa, Tesis: Universitas Peradaban.
Peramatasari, B. 2014, Efektivitas Penertipan Model Pembeljaran Superitem dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 11 Makassar, Jurnal.
Richard, S R. 2006, Relational Understanding and Instrumental Understanding. Jurnal Mathematics Teaching in the Middle School, Vol. 12 No.2.
Rizki, Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Instrumental dan Relasional Siswa SMP, Universitas Pendidikan Indonesia.
Rohmah, I. 2012, Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Assessment Search (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kroya Tahun Ajaran 2011/2012.
Rusman. 2012, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. 2016, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group.
Siregar ,S. 2014, Statistik parametric untuk penelitian kuantitatif dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17, Jakarta:Bumi Aksara.
Siregar, S. 2014, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Soesianto. F & Djoni Dwijono. 2013, Logika Proposisional, Yogyakarta: Andi Offset.
Sriyanto. 2007, Strategi Sukses Menguasai Matematika, Yogyakarta: Indonesia Cerdas
Subana, M. dan Sudrajat. 2005, Dasar – dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia.
Subana, M , dkk. 2000, Statistik Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.
Sugimun dan Susi Maryani. 2014, Efektivitas Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Berbasis CTL Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis (Study Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri Bangunrejo Kab. Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014), Jurnal.
Sugiyono. 2013, Metode penelitian kombinasi mixed methods, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2009, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 1998, Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta.
Syah, M. 2007, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, H R. dan Purnomo Setiady Akbar. 2000, Pengantar Statistika, Jakarta: Bumi Aksara.
Yaumi, M. 2013, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencanah.
Zaini, H dkk. 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Seniwati, S. (2020). PENGARUH KEYAKINAN DIRI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 31–39. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/484