Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Materi Segi Empat Menggunakan Prosedur Newman Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 4 Tanjung Morawa
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4895Keywords:
NEA, Soal Cerita Segi Empat, Faktor Penyebab KesalahanAbstract
Riset ini berguna untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang diselenggarakan anak didik serta alasan yang menyebabkannya dalam menjawab soal cerita terkait segi empat. Untuk menganalisis kesalahan siswa, digunakan metode NEA. Riset ini bersifat deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara, dengan responden sebanyak 34 anak didik kelas VII E SMP N 4 Tanjung Morawa. Berpatokan analisis data menggunakan metode NEA, ditemukan bahwa kesalahan membaca mencapai 39,70%, kesalahan memahami soal sebesar 41,17%, kesalahan transformasi 22,05%, kesalahan keterampilan proses 38,23%, dan kesalahan menulis jawaban 38,23%. Alasan penyebab kesalahan tersebut meliputi minimnya pemahaman terhadap soal cerita, ketidaktelitian, minimnya bahasa yang dikuasai, kekeliruan konsep, kesukaran dalam melakukan penaksiran, serta kebiasaan yang kurang dalam mencantumkan simpulan dan satuan pada jawaban akhir. Kesimpulannya, banyak anak didik menyelenggarakan kesalahan ketika menulis jawaban, khususnya disebabkan oleh ketidakcermatan dan kurangnya pemahaman konsep.
Downloads
References
Adha, I., & Refianti, R. (2019). Respon Siswa terhadap Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konteks Lubuklinggau dengan Pendekatan PMRI. Curup Annual Conference on Math (CACM), 1(1), 6–10.
Ali dan M. Ansori. (2014). Metodelogi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematik untuk siswa kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135–1142.
Ardianzah, M. A., & Wijayanti, P. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman Pada Materi Bangun Datar Segiempat. MATHEdunesa, 9(1), 40-47.
Arumiseh, N. E., Hartoyo, A., & Bistari, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Newman's Error Analysis Di Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9).
Desi Noor Utami, B. K. (2019). Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Geometri. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 37-44.
Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642.
Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39–50.
Irenewati, I., Aulya, L. N., Rahma, A. L., & Putri, S. H. (2023, January). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Tinggi Memecahkan Masalah Matematika Dalam Materi Geometri Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 4, No. 1, pp. 417-426).
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Masyhud. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Edisi ke 5. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).
Mochamad Andy Ardianzah, P. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Pendidikan Matematika , 40-47.
Ningrum, R. W., (2016). Miskonsepsi Siswa Smp Pada Materi Bangun Datar Segiempat Dan Alternatif Mengatasinya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Ningsih, W., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 177–184.
Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-Hasil Asesmen Belajar dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Peneliti dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses tanggal 20 November 2024, pada http://bit.ly/2pisamathematic
Purwosusilo. (2014). Peningkatan kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK melalui Strategi Pembelajaran React. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1 No. 2. ISSN 2356-3915
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2).
Sipa, I. P. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Segi Empat dan Segitiga. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1679-1686.
Wahyuni, Sri. (2016). Pembelajaran Sepanjang Hayat dan Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Pembelajaran Matematika). Jurnal Pendidikan Matematika Universtitas Muhammadiyah Purworejo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.