Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Materi Segi Empat Menggunakan Prosedur Newman Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 4 Tanjung Morawa

Authors

  • Aprilia Mula Defi Saragih Universitas Negeri Medan
  • Dian Utami Simamora Universitas Negeri Medan
  • Diyan Tia Rony Br Ginting Universitas Negeri Medan
  • KMS. Amin Fauzi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4895

Keywords:

NEA, Soal Cerita Segi Empat, Faktor Penyebab Kesalahan

Abstract

Riset ini berguna untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang diselenggarakan anak didik serta alasan yang menyebabkannya dalam menjawab soal cerita terkait segi empat. Untuk menganalisis kesalahan siswa, digunakan metode NEA. Riset ini bersifat deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara, dengan responden sebanyak 34 anak didik kelas VII E SMP N 4 Tanjung Morawa. Berpatokan analisis data menggunakan metode NEA, ditemukan bahwa kesalahan membaca mencapai 39,70%, kesalahan memahami soal sebesar 41,17%, kesalahan transformasi 22,05%, kesalahan keterampilan proses 38,23%, dan kesalahan menulis jawaban 38,23%. Alasan penyebab kesalahan tersebut meliputi minimnya pemahaman terhadap soal cerita, ketidaktelitian, minimnya bahasa yang dikuasai, kekeliruan konsep, kesukaran dalam melakukan penaksiran, serta kebiasaan yang kurang dalam mencantumkan simpulan dan satuan pada jawaban akhir. Kesimpulannya, banyak anak didik menyelenggarakan kesalahan ketika menulis jawaban, khususnya disebabkan oleh ketidakcermatan dan kurangnya pemahaman konsep.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Respon Siswa terhadap Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konteks Lubuklinggau dengan Pendekatan PMRI. Curup Annual Conference on Math (CACM), 1(1), 6–10.

Ali dan M. Ansori. (2014). Metodelogi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematik untuk siswa kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135–1142.

Ardianzah, M. A., & Wijayanti, P. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman Pada Materi Bangun Datar Segiempat. MATHEdunesa, 9(1), 40-47.

Arumiseh, N. E., Hartoyo, A., & Bistari, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Newman's Error Analysis Di Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9).

Desi Noor Utami, B. K. (2019). Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Geometri. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 37-44.

Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642.

Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39–50.

Irenewati, I., Aulya, L. N., Rahma, A. L., & Putri, S. H. (2023, January). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Tinggi Memecahkan Masalah Matematika Dalam Materi Geometri Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 4, No. 1, pp. 417-426).

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Masyhud. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Edisi ke 5. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).

Mochamad Andy Ardianzah, P. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Pendidikan Matematika , 40-47.

Ningrum, R. W., (2016). Miskonsepsi Siswa Smp Pada Materi Bangun Datar Segiempat Dan Alternatif Mengatasinya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Ningsih, W., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 177–184.

Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-Hasil Asesmen Belajar dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Peneliti dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses tanggal 20 November 2024, pada http://bit.ly/2pisamathematic

Purwosusilo. (2014). Peningkatan kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK melalui Strategi Pembelajaran React. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1 No. 2. ISSN 2356-3915

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2).

Sipa, I. P. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Segi Empat dan Segitiga. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1679-1686.

Wahyuni, Sri. (2016). Pembelajaran Sepanjang Hayat dan Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Pembelajaran Matematika). Jurnal Pendidikan Matematika Universtitas Muhammadiyah Purworejo

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Saragih, A. M. D., Simamora, D. U., Ginting, D. T. R. B., & Fauzi, K. A. (2024). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Materi Segi Empat Menggunakan Prosedur Newman Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 4 Tanjung Morawa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 100–109. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4895