Pengembangan E-Lkpd Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada Materi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5157Keywords:
Ethnomathematics, Segaran Reservoir, Majapahit CultureAbstract
Pendidikan Indonesia yang diduduki oleh Generasi Z kini telah bergeser dalam proses mendapatkan informasi dan belajar. Peserta didik generasi Z ini memiliki kecenderungan membaca dengan menggunakan gawai daripada buku materi. Selain meningkatkan hasil belajar, perubahan saat ini mendorong digitalisasi dan kebutuhan pendidik dan peserta didik untuk dapat menggunakan teknologi digital di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik e-LKPD berbasis lembar kerja langsung dapat meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan paradigma pembelajaran kooperatif tipe STAD pada konten aljabar yang andal, bermanfaat, dan efisien. Penelitian dan pengembangan menggunakan paradigma ADDIE (Analyze, Design, Development, and Evaluation) adalah metodologi penelitian yang digunakan. Dua puluh siswa kelas tujuh di SMP Negeri 3 Watulimo berpartisipasi dalam uji coba produk. Metode analisis data meliputi uji-t berpasangan (dependant sample t-test), uji normalitas, dan perhitungan n-Gain. (1) E-LKPD dinilai sangat valid dengan rata-rata persentase 93%; (2) E-LKPD dinilai sangat praktis dengan rata-rata persentase 80,5%; dan (3) E-LKPD dinilai efektif dengan nilai Sig. (2-tailed) pada pasangan data prates dan pascates yaitu 0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata hasil prates dan pascates ditemukan berbeda, yang menunjukkan bahwa penggunaan e-LKPD berbasis liveworksheet berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa pada konten aljabar.. Berdasarkan penelitian ini disarankan mengecek kembali fitur dan jaringan internet stabil sebelum mengakses link e-LKPD, supaya semua fitur dan elemen dalam e-LKPD dapat ditampilkan pada layar.
Downloads
References
Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857-2868.
Amthari, W., Muhammad, D., & Anggereini, E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas XI SMA. Biodik, 7(3), 28–35. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13239
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer Science Bussiness Media, Inc.
Canva. 2024. Aplikasi Visual untuk Semua-Canva. Diakses pada 25 Juni 2024, dari https://www.canva.com/.
Devi, E. A., Sujiran, S., & Puspananda, D. R. (2021). Penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran matematika serta pandangan guru terhadap penggunaan smartphone selama pembelajaran daring. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 1(1), 40-46.
Handayani, S. (2016). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta didik. Jurnal Formatif, 141-148.
Hurrahma, M., & Sylvia, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbasis Liveworksheet dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik di Kelas XI IPS SMA N 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 14-22.
Indriani, S., Hetty Marhaeni, N., Kurniati, R., Studi Pendidikan Matematika, P., Mercu Buana Yogyakarta, U., & Smpn, U. (2022). Efektivitas Penggunaan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat dan Segitiga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3959–3966. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3480
Lestari, D. E., & Suryadi, D. (2020). Analisis kesulitan operasi hitung bentuk aljabar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 247-258.
Mursalim, M., & Rumbarak, T. A. (2021). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV SD YPK Getsemani Warwanai. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 175–184. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidi kandasar.v3i2.1155
Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10),
Purwanti, N. D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Jurnal Analisa, 6(2), 122-131.
Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Jurnal SAP, 1(2), 115-124.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Membangun Profesionalisme Guru Edisi Ke-2. Jakarta: PT Raja Gradindo Persada.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Riduwan, A., & Akdon, A. (2007). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahapeserta didik Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi Kasus Mahapeserta didik Tingkat 1 EKM A Semester II). Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(1), 440-448.
Winata, R., & Friantini, R. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Kuala Behe. JIPM Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 85-92.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.