Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran E-LKPD Berbasis Auditory, Intellectually, Repetition dengan Pendekatan Etnomatematika
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5197Keywords:
Respon Guru dan Peserta Didik, E-LKPD, Pembelajaran MatematikaAbstract
Bahasa Indonesia: Perkembangan teknologi yang pesat di era ini membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan. Salah satu penerapan teknologi dalam pendidikan adalah media pembelajaran digital, seperti Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD), yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tanggapan guru dan siswa terhadap tingkat kepraktisan penggunaan E-LKPD sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran angket kuesioner. Subjek penelitian ini terdiri dari guru matematika dan 32 siswa kelas VII di salah satu MTS di Kabupaten Semarang, Indonesia. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa respon guru terhadap E-LKPD mencapai 89% dengan kategori "Sangat Praktis," sementara siswa memberikan penilaian 90% dengan kategori yang sama. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD sangat praktis digunakan sebagai alat pembelajaran matematika.Bahasa Inggris:
The rapid development of technology in this era has brought significant changes in the world of education. One of the applications of technology in education is digital learning media, such as Electronic Student Worksheets (E-LKPD), which can be used in learning activities. This study aims to evaluate the responses of teachers and students to the level of practicality of using E-LKPD as a learning medium. The method used is quantitative descriptive research, with data collection through interviews and distributing questionnaires. The subjects of this study consisted of mathematics teachers and 32 grade VII students at one of the MTS in Semarang Regency, Indonesia. The evaluation results showed that the teacher response to E-LKPD reached 89% with the category "Very Practical," while students gave an assessment of 90% with the same category. Based on these results, it can be concluded that E-LKPD is very practical to use as a mathematics learning tool.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Anissa, F. N., & Limbong, A. M. N. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Islam Tambora. 1(1), 33–43.
Permana, Hazizah, & Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Danggu, J. R., Yusuf, M., & Paramata, D. D. (2023). Kepraktisan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Menggunkaan Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Suhu dan Kalor Di SMP. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 158–165. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.427
Astutik, N. A. A. A. M. P. (2023). Artificial Intelligence: Dampak Pergeseran PemanfaatanKecerdasan Manusia Dengan Kecerdasan Buatan Bagi DuniaPendidikan Di Indonesia. Sindoro Cendekia Pendidikan, Vol. 1(10), 101–112.
Khajar, D., Dasna, I. W., & Wardati, D. (2025). PEMANFAATAN LKPD BERBASIS MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MELATIH KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MATERI SUMBER ENERGI LISTRIK ALTERNATIF KELAS 9 SMP. 3(2). https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p348-356
Maryoto. (2020). Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Gotong Royong Siswa Sd. Jees, 1(2), 158–165. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES
Nafisa, S. (2024). TRADISIONAL KERAK TELOR SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA tinggi dalam pembelajaran matematika , terlebih di sekolah dasar . Geometri sangat berkaitan. 5(3), 1361–1369.
Nasution, E. Y. P., Putri, S., & Laswadi. (2024). Pengembangan Lkpd Berbasis Geogebra Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 623–633. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3761
Patandung, M., Ikram, M., & Pasandaran, R. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Berbasis Geogebra. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(1), 20–39. https://doi.org/10.53696/2964-867x.141
Putra, J. E., Sobandi, A., & Aisah, A. (2024). The urgency of digital technology in education: a systematic literature review. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 224. https://doi.org/10.29210/1202423960
Sari, S. M., Harahap, M. R., & Ridwan, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Poster Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Insiru PAI, 7(2), 438–449.
Sukmawati, I., & Ghofur, M. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Keterampilan 4C untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1020. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.8626
Taupik, B., Ruhiat, Y., & Rusdiyani, I. (2024). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Live Worksheet pada Materi Volume Bangun Ruang. 9(1), 30–42.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Permana, Hazizah, & Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Danggu, J. R., Yusuf, M., & Paramata, D. D. (2023). Kepraktisan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Menggunkaan Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Suhu dan Kalor Di SMP. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 158–165. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.427
Astutik, N. A. A. A. M. P. (2023). Artificial Intelligence: Dampak Pergeseran PemanfaatanKecerdasan Manusia Dengan Kecerdasan Buatan Bagi DuniaPendidikan Di Indonesia. Sindoro Cendekia Pendidikan, Vol. 1(10), 101–112.
Khajar, D., Dasna, I. W., & Wardati, D. (2025). PEMANFAATAN LKPD BERBASIS MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MELATIH KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MATERI SUMBER ENERGI LISTRIK ALTERNATIF KELAS 9 SMP. 3(2). https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p348-356
Maryoto. (2020). Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Gotong Royong Siswa Sd. Jees, 1(2), 158–165. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES
Nafisa, S. (2024). TRADISIONAL KERAK TELOR SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA tinggi dalam pembelajaran matematika , terlebih di sekolah dasar . Geometri sangat berkaitan. 5(3), 1361–1369.
Nasution, E. Y. P., Putri, S., & Laswadi. (2024). Pengembangan Lkpd Berbasis Geogebra Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 623–633. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3761
Patandung, M., Ikram, M., & Pasandaran, R. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Berbasis Geogebra. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(1), 20–39. https://doi.org/10.53696/2964-867x.141
Putra, J. E., Sobandi, A., & Aisah, A. (2024). The urgency of digital technology in education: a systematic literature review. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 224. https://doi.org/10.29210/1202423960
Sari, S. M., Harahap, M. R., & Ridwan, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Poster Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Insiru PAI, 7(2), 438–449.
Sukmawati, I., & Ghofur, M. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Keterampilan 4C untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1020. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.8626
Taupik, B., Ruhiat, Y., & Rusdiyani, I. (2024). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Live Worksheet pada Materi Volume Bangun Ruang. 9(1), 30–42.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Downloads
Published
2025-01-13
How to Cite
Haryana Putri, A. C., Sulistyaningsih, D., & Suprayitno, I. J. (2025). Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran E-LKPD Berbasis Auditory, Intellectually, Repetition dengan Pendekatan Etnomatematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 286–297. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5197
Issue
Section
Articles
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.