Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran E-LKPD Berbasis Auditory, Intellectually, Repetition dengan Pendekatan Etnomatematika

Authors

  • Aulia Cindi Haryana Putri universitas muhammadiyah semarang
  • Dwi Sulistyaningsih
  • Iswahyudi Joko Suprayitno

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5197

Keywords:

Respon Guru dan Peserta Didik, E-LKPD, Pembelajaran Matematika

Abstract

Bahasa Indonesia: Perkembangan teknologi yang pesat di era ini membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan. Salah satu penerapan teknologi dalam pendidikan adalah media pembelajaran digital, seperti Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD), yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tanggapan guru dan siswa terhadap tingkat kepraktisan penggunaan E-LKPD sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran angket kuesioner. Subjek penelitian ini terdiri dari guru matematika dan 32 siswa kelas VII di salah satu MTS di Kabupaten Semarang, Indonesia. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa respon guru terhadap E-LKPD mencapai 89% dengan kategori "Sangat Praktis," sementara siswa memberikan penilaian 90% dengan kategori yang sama. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD sangat praktis digunakan sebagai alat pembelajaran matematika.

Bahasa Inggris:

The rapid development of technology in this era has brought significant changes in the world of education. One of the applications of technology in education is digital learning media, such as Electronic Student Worksheets (E-LKPD), which can be used in learning activities. This study aims to evaluate the responses of teachers and students to the level of practicality of using E-LKPD as a learning medium. The method used is quantitative descriptive research, with data collection through interviews and distributing questionnaires. The subjects of this study consisted of mathematics teachers and 32 grade VII students at one of the MTS in Semarang Regency, Indonesia. The evaluation results showed that the teacher response to E-LKPD reached 89% with the category "Very Practical," while students gave an assessment of 90% with the same category. Based on these results, it can be concluded that E-LKPD is very practical to use as a mathematics learning tool.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anissa, F. N., & Limbong, A. M. N. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Islam Tambora. 1(1), 33–43.
Permana, Hazizah, & Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Danggu, J. R., Yusuf, M., & Paramata, D. D. (2023). Kepraktisan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Menggunkaan Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Suhu dan Kalor Di SMP. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 158–165. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.427
Astutik, N. A. A. A. M. P. (2023). Artificial Intelligence: Dampak Pergeseran PemanfaatanKecerdasan Manusia Dengan Kecerdasan Buatan Bagi DuniaPendidikan Di Indonesia. Sindoro Cendekia Pendidikan, Vol. 1(10), 101–112.
Khajar, D., Dasna, I. W., & Wardati, D. (2025). PEMANFAATAN LKPD BERBASIS MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MELATIH KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MATERI SUMBER ENERGI LISTRIK ALTERNATIF KELAS 9 SMP. 3(2). https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p348-356
Maryoto. (2020). Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Gotong Royong Siswa Sd. Jees, 1(2), 158–165. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES
Nafisa, S. (2024). TRADISIONAL KERAK TELOR SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA tinggi dalam pembelajaran matematika , terlebih di sekolah dasar . Geometri sangat berkaitan. 5(3), 1361–1369.
Nasution, E. Y. P., Putri, S., & Laswadi. (2024). Pengembangan Lkpd Berbasis Geogebra Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 623–633. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3761
Patandung, M., Ikram, M., & Pasandaran, R. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Berbasis Geogebra. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(1), 20–39. https://doi.org/10.53696/2964-867x.141
Putra, J. E., Sobandi, A., & Aisah, A. (2024). The urgency of digital technology in education: a systematic literature review. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 224. https://doi.org/10.29210/1202423960
Sari, S. M., Harahap, M. R., & Ridwan, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Poster Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Insiru PAI, 7(2), 438–449.
Sukmawati, I., & Ghofur, M. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Keterampilan 4C untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1020. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.8626
Taupik, B., Ruhiat, Y., & Rusdiyani, I. (2024). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Live Worksheet pada Materi Volume Bangun Ruang. 9(1), 30–42.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Haryana Putri, A. C., Sulistyaningsih, D., & Suprayitno, I. J. (2025). Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran E-LKPD Berbasis Auditory, Intellectually, Repetition dengan Pendekatan Etnomatematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 286–297. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5197