A Sistematic Literature Review: Model Inquiry Based Learning Terhadap Pengingkatan Kemampuan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5310Keywords:
Inquiry Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, MatematikaAbstract
Pentingnya kemampuan berpikir kritis untuk menunjang individu dalam menghadapi kompleksitas kehidupan sehari-hari yang membutuhkan pemikiran logis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis penerapan model Inquiry-Based Learning (IBL) dalam membantu peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pendidikan matematika. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review dengan model PRISMA. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi elemen-elemen kunci, tantangan, dan faktor pendukung yang memengaruhi keberhasilan IBL. Dengan menganalisis 25 artikel yang dipublikasikan antara 2020 hingga 2024, hasil penelitian menunjukkan bahwa model IBL memiliki kontribusi signifikan dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis matematis siswa. Kesimpulannya implementasi IBL memberi kemungkinan siswa untuk lebih giat dalam pembelajaran, mempromosikan analisis, eksplorasi, dan refleksi mandiri yang meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka. Meskipun model IBL terbukti efektif, temuan juga mengungkapkan tantangan dalam pelaksanaannya, seperti kebutuhan akan keterlibatan aktif guru dan pengelolaan kelas yang optimal. Implikasi penelitian ini menyarankan pentingnya pelatihan guru dan penggunaan sumber daya belajar yang relevan untuk memaksimalkan efektivitas IBL, serta adaptasi metodologi IBL agar sesuai dengan konteks pembelajaran yang berbeda.
Downloads
References
Anggreini, D., Putri, Y., Amin, A. K., Hidayat, T., Studi, P., Matematika, P., Bojonegoro, I. P., Studi, P., Ekonomi, P., & Bojonegoro, I. P. (2023). Tantangan dan Terobosan Pembelajaran Inovatif di Era Digital Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Nasional Pendidikan LPPMIKIP PGRI Bojonegoro, 368–382.
Anjarwati1, I. D. N., & Astuti, S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD Gugus Hasanudin. Pendas, 09, 2846–2858.
Annisa, N. (2022). Kompetensi Seorang Guru Dan Tantangan Pembelajaran Abad 21. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 1–16.
Ardiansyah, Z. K., Shodiqin, A., & Muhtarom, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Discovery Learning Berbantu Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Negeri 5 Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 176–183. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.5876
Bakri, A., Mulyono, M., & Syahputra, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Langsa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 56–64. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.32030
Berpikir, K., Siswa, K., Viii, K., & Pekalongan, U. (2022). : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Pengaruh Metode Inkuiri Berbasis Video Pembelajaran terhadap. 2(02), 169–179.
Charolina, H. F., Susanta, A., Muchlis, E. E., & Utari, T. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas Viii Smp Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 347–358. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.347-358
Dalimunte, N., Salim, & Samin, M. (2023). Pengaruh Model Pjbl Dan Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 105–110.
Depin, Nurwahid, H., Yohanes Sulla, F., & Barella, Y. (2024). Inquiry Learning: Pengertian, Sintaks Dan Contoh Implementasi Di Kelas. 1(2), 39–43.
Diana, E. R., & Anugraheni, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Inquiry Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 612–621. https://doi.org/10.5281/zenodo.7095139
Fakhri, A. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran : Menjawab Tantangan Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. C.E.S (Confrence Of Elementary Studies), 1(1), 32–40.
Fatimah, A. E., & Purba, A. (2022). Interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan discovery dengan gaya belajar mahasiswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Journal of Didactic Mathematics, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.34007/jdm.v3i1.1163
Firmansyah, H. (2024). Analisis Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Sejarah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 7832–7842. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Fitria, A., Safnowandi, & Fajri, S, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing ( Guided Inquiry ) Berbasis Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kajian Biologi, 2(3), 128–141.
Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Inquiry Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627
Kritis, K. B., Widianjani, S., & Patimah, L. (2023). Jurnal Didactical Mathematics Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan. 5(1), 81–86. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm
Kurnia, I., Caswita, & Suharsono. (2022). Pengembangan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. Al-Ikmal: Jurnal Pendidikan, 1(1), 48–58. https://e-journal.iaidalampung.ac.id/index.php/al-ikmal/article/view/32
Kusmaryono, I., Maharani, H. R., & Muhtarom. (2024). Mempromosikan Pemikiran Kritis Melalui Pembeljaran Matematika. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Kusuma, A. S., & Karwati, U. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Improvisasi Gitar Jazz: Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Berpikir Kritis. Kolektif: Jurnal Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.28
Kusuma, T. C., Boeriswati, E., & Supena, A. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 413–420. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.563
Mahbubah, S. M., & Masnawati, E. (2024). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Untuk Mengaktifkan Interaksi Siswa Pada Materi PAI DI SDI MUSRA. Jurnal of Islamic Elemntary Education, 1(2), 21–37.
Maisaroh, A. A., & Untari, S. (2024). Transformasi Pendidikan Karakter Melalui Kebijakan Pemerintah Di Indonesia Menuju Generasi Emas 2045. Jurnal Kebijakan Pemerintahan, 7(47), 18–30.
Maryam, Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206–213. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355
Maylia, E. C., Amelia, A. P., Suwarna, D. M., Muyassaroh, I., & Jenuri, J. (2024). Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 32–41. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p32-41
Mubarok, M. S. (2022). Mapping research problematika zakat indonesia di era society 5.0: Systematic literature review-VOSviewer SERAMBI. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(3), 239–252.
Nurdiansyah, S., Sundayana, R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis serta Habits Of Mind Menggunakan Model Inquiry Learning dan Model Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.861
Nurhayati, H., Handayani, L., & Widiarti, N. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Puling, H., Manilang, E., & Lawalata, M. (2024). Logika dan Berpikir Kritis : Hubungan dan Dampak Dalam Pengambilan Keputusan. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 2–2.
Putri, F. A. E., Syaiful, S., & Siburian, J. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Online Inquiry dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 274–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.450
Putri, N. I. P., & Sundayana, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning dan Inquiry Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 157–168. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.887
Rahmatin, J. A., Respasari, B. N., & Syukur, A. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Cinqase Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 453–461. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________
Rendi, Marni, Neonane, T., & Lawalata, M. (2024). Peran Logika Dalam Berfikir Kritis Untuk Membangun Kemampuan. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 82–98.
Rohantizani, R., Muliana, M., & Nurlaila, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 27. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11103
Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 175–184. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3098
Safitri, A. D., & Mustika Sari, R. M. (2024). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smk. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 8–16. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5226
Safitri, W. L., Darma, Y., & Haryadi, R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Dengan Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Materi Segi Empat Dan Segitiga Siswa Smp. Numeracy, 8(1), 25–40. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1333
Sari, A. A. I., & Lutfi, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Inkuiri. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 118–129. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.225
Siregar, H., Panjaitan, S. M., & Sitepu, C. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Sipahutar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 3(5), 9646–9657.
Tambunan, L. (2021). Implementasi Pembelajaran Cooperative Learning dan Locus of Control dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1051–1061. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.491
Wahono Widodo, Setyowati, R. R. N., Suyanto, T., Sari, D. A. P., Martini, & Inazah. (2018). Model Pembelajaran ALLR Active Based – Lesson Learn – Reflection Untuk Penguatan Sikap Toleransi Sosial. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue Mi).
Yazidah, I., Irawan, E. B., & Sulandra, I. M. (2020). Pembelajaran berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kRitis. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(1), 13–19.
Zahwa Amellia, Mutia Fonna, & Erna Isfayani. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas VII MTsS Jabal Nur. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v3i1.491
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.