MENJELAJAH KONVERGENSI BARISAN LEWAT PYTHON INTEGRASI ANALISIS MATEMATIS DAN KOMPUTASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5732Keywords:
Analisis Real, Konvergensi Barisan, Limit, PythonAbstract
Konsep konvergensi barisan merupakan salah satu topik fundamental dalam Analisis Real yang sering kali menimbulkan kendala konseptual dan prosedural bagi pembelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menganalisis sebuah program berbasis Python yang dirancang untuk mengevaluasi konvergensi barisan secara sistematis melalui integrasi pendekatan analitik dan numerik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan deskriptif-komputasional, yang mencakup perancangan, implementasi, dan pengujian program. Program ini mengadopsi definisi limit, kriteria Cauchy, dan estimasi limit berbasis representasi simbolik untuk mengidentifikasi sifat konvergen atau divergen dari suatu barisan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa program mampu mengevaluasi berbagai bentuk barisan dengan tingkat akurasi tinggi dan ketahanan terhadap keragaman struktur ekspresi. Keunggulan utama terletak pada efisiensi pemrosesan serta kemampuannya dalam menginterpretasi ekspresi matematis kompleks secara simbolik. Meskipun demikian, keterbatasan masih dijumpai, terutama terkait ketergantungan pada format sintaks yang tepat dan ketiadaan visualisasi grafis dinamis. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa program yang dikembangkan berpotensi menjadi alat bantu inovatif dalam mendukung pemahaman konsep konvergensi barisan. Disarankan pengembangan lanjutan melalui integrasi antarmuka visual interaktif dan perluasan kapabilitas komputasi simbolik agar program ini semakin optimal sebagai media pembelajaran Analisis Real.Downloads
Download data is not yet available.
References
Alfarizi, M. R., Al-farish, M. Z., Taufiqurrahman, M., Ardiansah, G., & Elgar, M. (2023). Penggunaan Python Sebagai Bahasa Pemrograman untuk Machine Learning dan Deep Learning. Karimah Tauhid, 2(1), 1–6. doi:https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7518
Angin, C. P., Tambunan, C. P., Lubis, R. H., Siregar, U. M., & Piliang, Y. K. (2024). Analisis Kemampuan Mahasiswa Matematika FMIPA Unimed dalam Menyelesaikan Permasalahan Konvergensi dan Divergensi Barisan Bilangan Real dengan Berbantuan Software MATLAB. Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 2(6), 76–86. doi:https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i6.281
Bartle, R.G., & Sherbert, D. (2011). Introduction to Real Analysis Fourth Edition. United States of America: John Willey & Sons, Inc
Dasawarsa, A. R., Sucipto, A., Sofyan, A., Saptaji, M., & Rosyani, P. (2023). Analisis Penerapan Python Dalam Perhitungan Limit. Jurnal Matematika, Algoritma dan Sains, 1(1), 31–35. Diambil kembali dari https://ojs.jurnalmahasiswa.com/ojs/index.php/alkhawarizmi/article/view/202
Hutapea, T. A., Sinambela, P. N., & Adlin, D. (2020). Ability of Problem Solving Students Based on Information and Communication Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1-5. doi:10.1088/1742-6596/1485/1/012052
Isnani, Waluya, S. B., Rochmad, Dwijanto, & Asih, R. S. (2021). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa pada Matakuliah Analisis Real. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 235-238. doi:https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Saharuddin, & Prihatmono, M. W. (2022). Pengenalan dan pelatihan dasar bahasa pemrograman Python pada siswa/i SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan,, 6(4), 2233-2237. doi:https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10569
Saragih, V. Y., Kusfa, B. D., & Fitria, R. I. (2024). Penerapan Python dalam Perhitungan Turunan Fungsi Dua Peubah dan Visualisasi Grafik 3D. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 3(1), 76–83. doi:https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i1.1419
Angin, C. P., Tambunan, C. P., Lubis, R. H., Siregar, U. M., & Piliang, Y. K. (2024). Analisis Kemampuan Mahasiswa Matematika FMIPA Unimed dalam Menyelesaikan Permasalahan Konvergensi dan Divergensi Barisan Bilangan Real dengan Berbantuan Software MATLAB. Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 2(6), 76–86. doi:https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i6.281
Bartle, R.G., & Sherbert, D. (2011). Introduction to Real Analysis Fourth Edition. United States of America: John Willey & Sons, Inc
Dasawarsa, A. R., Sucipto, A., Sofyan, A., Saptaji, M., & Rosyani, P. (2023). Analisis Penerapan Python Dalam Perhitungan Limit. Jurnal Matematika, Algoritma dan Sains, 1(1), 31–35. Diambil kembali dari https://ojs.jurnalmahasiswa.com/ojs/index.php/alkhawarizmi/article/view/202
Hutapea, T. A., Sinambela, P. N., & Adlin, D. (2020). Ability of Problem Solving Students Based on Information and Communication Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1-5. doi:10.1088/1742-6596/1485/1/012052
Isnani, Waluya, S. B., Rochmad, Dwijanto, & Asih, R. S. (2021). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa pada Matakuliah Analisis Real. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 235-238. doi:https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Saharuddin, & Prihatmono, M. W. (2022). Pengenalan dan pelatihan dasar bahasa pemrograman Python pada siswa/i SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan,, 6(4), 2233-2237. doi:https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10569
Saragih, V. Y., Kusfa, B. D., & Fitria, R. I. (2024). Penerapan Python dalam Perhitungan Turunan Fungsi Dua Peubah dan Visualisasi Grafik 3D. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 3(1), 76–83. doi:https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i1.1419
Downloads
Published
2025-04-24
How to Cite
Putri Nazwa, Rehana, Rambe, Y. M. ., & Yesnita Aprilia. (2025). MENJELAJAH KONVERGENSI BARISAN LEWAT PYTHON INTEGRASI ANALISIS MATEMATIS DAN KOMPUTASIONAL. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 603–613. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5732
Issue
Section
Articles
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.