Deskripsi Kecerdasan Interpersonal dan Kaitannya Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5785Keywords:
Kecerdasan interpersonal, Kemampuan komunikasi matematis, Pembelajaran statistika.Abstract
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan interpersonal dan kaitannya dengan kemampuan komunikasi matematis siswa, pada materi statistika kelas VII.2 SMPN 2 Sajoanging, dengan subjek penelitian adalah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kecerdasan interpersonal, tes kemampuan komunikasi matematis, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terdapat tiga tingkat kecerdasan interpersonal, yaitu rendah (43,33%), sedang (46,67%), dan tinggi (10%). (1) Siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah, cenderung mengalami kesulitan dalam mengekspresikan ide-ide matematis mereka, baik secara tertulis maupun lisan. Mereka menunjukkan hambatan dalam merepresentasikan konsep statistika dalam bentuk grafik, tabel, dan penjelasan tertulis yang sistematis. Mereka kurang aktif dalam diskusi kelompok dan cenderung pasif dalam menerima informasi. (2) Siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang, mengambarkan fleksibilitas yang lebih baik dalam berkomunikasi secara sistematis. Mereka mampu menyampaikan ide-ide matematis secara lisan dengan cukup baik, meskipun masih memerlukan dukungan dalam mengorganisasikan pemikiran msecara tertulis. Dalam diskusi kelompok, mereka dapat berpartisipasi aktif, namun masih mengalami kesulitan dalam menyusun argumen yang sistematis. (3) Siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi, menunjukkan kemampuan komunikasi matematis yang unggul dalam berbagai aspek. Siswa ini mampu mengartikulasikan konsep statistika secara jelas, baik dalam bentuk representasi visual, penjelasan verbal, maupun tulisan. Mereka dapat mengintegrasikan berbagai representasi matematis secara fleksibel, menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam, dan pada diskusi kelompok mereka memiliki keterampilan berinteraksi yang baik dalam mengemukakan ide-ide, dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematis secara lengkap.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.