Deskripsi Kecerdasan Interpersonal dan Kaitannya Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Authors

  • Ahmad Talib UNM Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5785

Keywords:

Kecerdasan interpersonal, Kemampuan komunikasi matematis, Pembelajaran statistika.

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan interpersonal dan kaitannya dengan kemampuan komunikasi matematis siswa, pada materi statistika kelas VII.2 SMPN 2 Sajoanging, dengan subjek penelitian adalah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kecerdasan interpersonal, tes kemampuan komunikasi matematis, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terdapat tiga tingkat kecerdasan interpersonal, yaitu rendah (43,33%), sedang (46,67%), dan tinggi (10%). (1) Siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah, cenderung mengalami kesulitan dalam mengekspresikan ide-ide matematis mereka, baik secara tertulis maupun lisan. Mereka menunjukkan hambatan dalam merepresentasikan konsep statistika dalam bentuk grafik, tabel, dan penjelasan tertulis yang sistematis. Mereka kurang aktif dalam diskusi kelompok dan cenderung pasif dalam menerima informasi. (2) Siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang, mengambarkan fleksibilitas yang lebih baik dalam berkomunikasi secara sistematis. Mereka mampu menyampaikan ide-ide matematis secara lisan dengan cukup baik, meskipun masih memerlukan dukungan dalam mengorganisasikan pemikiran msecara tertulis. Dalam diskusi kelompok, mereka dapat berpartisipasi aktif, namun masih mengalami kesulitan dalam menyusun argumen yang sistematis. (3) Siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi, menunjukkan kemampuan komunikasi matematis yang unggul dalam berbagai aspek. Siswa ini mampu mengartikulasikan konsep statistika secara jelas, baik dalam bentuk representasi visual, penjelasan verbal, maupun tulisan. Mereka dapat mengintegrasikan berbagai representasi matematis secara fleksibel, menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam, dan pada diskusi kelompok mereka memiliki keterampilan berinteraksi yang baik dalam mengemukakan ide-ide, dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematis secara lengkap.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-13

How to Cite

Talib, A. (2025). Deskripsi Kecerdasan Interpersonal dan Kaitannya Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 622–637. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5785