Systematic Literature Review Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam HOTS
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.5836Keywords:
Berpikir Tingkat Tinggi, Higher Order Thinking Skills, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena memungkinkan seseorang untuk menghadapi tantangan secara logis dan efektif, dalam konteks pendidikan, khususnya matematika, kemampuan ini diasah melalui latihan berpikir kritis, analitis, dan sistematis dalam menyelesaikan berbagai persoalan Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis literatur mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang telah diterbitkan dalam lima tahun terakhir. Permasalahan utama yang muncul adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ketika menghadapi soal-soal HOTS. Penelitian dilakukan melalui metode Systematic Literature Review (SLR) dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi, strategi pembelajaran yang efektif, dan rekomendasi untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa dalam menyelesaikan masalah matematis. Hasil kajian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dipengaruhi oleh aspek kognitif dan non-kognitif, termasuk pemahaman konsep matematika dasar, motivasi, kepercayaan diri, dan keterampilan berpikir kritis. Pembelajaran berbasis inovasi, seperti Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan pembelajaran kontekstual, terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa menghadapi soal HOTS. Selain itu, pengembangan kecerdasan emosional dan motivasi internal juga memainkan peran penting. Pendekatan holistik yang mencakup penguatan pemahaman konsep, variasi metode pembelajaran, serta dukungan emosional diperlukan untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang bermanfaat dalam akademik dan kehidupan nyata.
Downloads
References
Amalia, R. Z., & Hadi, W. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bermuatan Higher Order Thinking Skill ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. ASIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1564–1578. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3743
Amiroh, & Indrawati, D. (2022). Peran Critical Thinking dalam Mendorong Kreativitas Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Revolusi Industri 5.0. Tarbawi, 5(2), 151–165. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi
Andhany, E., Syahputra, E., & Simamora, E. (2023). Analisis Higher Order Thinking Skills Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 118–126.
Andriani, W., Syaukani, S., & Andhany, E. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 70–74.
Asdar, A., Alimuddin, A., & Ali, S. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Soal HOTS Matematika Siswa SMP ditinjau dari Kemampuan Awal. Issues in Mathematics Education (IMED), 6(1), 25. https://doi.org/10.35580/imed32238
Cahyani, V. P., & Ahmad, F. (2024). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil belajar dan Motivasi Siswa. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(2), 76–82. https://doi.org/10.53696/venn.v3i2.155
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital : Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12179
Dewi, A. A. A., Maharani, H. R., & Ubaidah, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tipe HOTS Ditinjau dari Self Confidence. Prosiding Seminar Nasional Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula Klaster Humaniora, 10(3), 261–270. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3874
Ekananda, A., Pujiastuti, H., & Hadi, C. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 367–382. https://doi.org/10.56704/jirpm.v1i4.10085
Faradisa, A. P., Utami, R. E., & Aini, A. N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Hots Ditinjau dari Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(2), 76–83.
Farliana, N., & Setiaji, K. (2021). Workshop Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Berfikir Kritis Siswa. Surya Abdimas, 5(2), 150–159. https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.1050
Fathurohman, I., Setiani, Y., & Fakhrudin. (2023). Analisis Kesalahaan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tingkat Tinggi Berdasarkan Teori Polya. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 152–159. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871
Gunawan, D., Sutrisno, S., & Muslim, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 249. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11518
Hayati, M. N., & Toyib, M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Berorientasi HOTS ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Inomatika, 4(1), 109–132. https://doi.org/10.35438/inomatika.
Irmawati, R., Rahayu, A., & Ratnasari, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 247–257. https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1546
Jumala, N., Aisyah, & Karimah, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Matriks Berdasarkan Teori Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika V, 5(Sandika V), 346–358. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/download/1774/1302
Labulan, P., Program Studi Pendidikan Matematika, I., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Mulawarman, U., & Timur, K. (2023). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS Materi Pola Bilangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Mulawarman, 3(1), 256–263. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm
Leonisa, I., & Soebagyo, J. (2022). Strategi Siswa dan Langkah Polya dalam Penyelesaian Masalah Matematis Berbasis HOTS. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 77–86. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1852
Mahfuddin, M., & Caswita, C. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Berbasis High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1696–1708. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3874
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mutmainah, N., & Purnomo, E. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Thinking Order Skill (HOTS) Materi SPLTV. Prosiding Seminar Edusaintech, 4, 146–152. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/554
Nurhayati, Jamilah, & Astuti, R. (2022). Analisis Kemampuan Masalah dalam Menyelesaikan Soal HOTS. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 4(2), 407–416. https://doi.org/10.31332/kd.v4i1.6119
Parameswari, P., & Kurniyati, T. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 89–97. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6606
Prasetya, B. D., Ainurrohmah, I., & Aisyah, I. H. (2022). Studi Literatur: Kemampuan Literasi Matematika Dalam Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4(1), 291–298.
Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2668
Rezeki, F., Lisa, & Anwar, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Pokok Bahasan Peluang Siswa MAN Lhokseumawe. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 2(1), 48–56. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v2i1.1405
Rismawati, M., Rahmawati, P., & Rindiani, A. B. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2134–2143. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1444
Rohman, I. M., Mustangin, M., & Khairunnisa, G. F. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan Motivasi Belajar pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). JP3, 16(9), 1–14.
Sa’diah, L. S., & Nahdi, D. S. (2023). Model Pembelajaran Kontekstual untuk Membantu Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.277
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., Nuryanti, R. E., Kinasih, S., & Hidayah, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi Barisan Dan Deret. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4(1), 391–402. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1224
Saputra, N. N., Maula, I., Indriyani, S., & Maharani, T. (2020). Analisis HOTS dalam Pemecahan Masalah ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Ujmes, 5(1), 39–45. https://doi.org/10.30999/ujmes.v5i1.915
Selfiana, N., MS, A. T., Nursyam, A., & Surya, A. T. P. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 323–331. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3531
Silalahi, T. K. M., Simanjuntak, R. M., Sitepu, C., & Hutahuruk, A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Hots Pada Materi Pokok Perbandingan. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 8(1), 89. https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2665
Sitanggang, N., Lukman, H., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menyelesaikan Soal Tipe Hots. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(1), 34–42. https://doi.org/10.37150/jp.v5i1.1246
Taufik, A., & Arsid, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Di Smk Nasional Makassar. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 581–589. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.798
Taufiqiyah, L. N., & Malasari, P. N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbasis HOTS Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(JP2MS), 257–271. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.257-271
Yuaidah, R., Siti Balkist, P., & Mulyanti, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 06yua(01), 1–9. https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1546.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.