Integrasi Dimensi Epistemologis dan Ontologis dalam Pembelajaran Matematika: Kajian Literatur Sistematis

Authors

  • Dela Citra Sabrina Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Anggun Badu Kusuma Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6392

Keywords:

Epistemology, Ontology, Philosophy of Mathematics, Mathematics Education

Abstract

Penelitian ini membahas integrasi antara dimensi epistemologi dan ontologi dalam pembelajara matematika melalui pendekatan SLR. Filsafat khususnya epistemologi dan ontologi, memberikan landasan penting dalam memahami bagaimana pengetahuan matematika dibentuk serta bagaimana konsep-konsep matematika dipahami secara eksistensial. Dalam konteks pendidikan modern yang menekankan pembelajaran bermakna, kajian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana integrasi dimensi filsafat tersebut mempengaruhi praktik pembelajaran matematika di kelas. Melalui metode SLR, penulis menelusuri 20 artikel dari tahun 2021 hingga 2024 dan menyaring 7 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil kajian menunjukkan bahwa epistemologi menekankan pada cara siswa memperoleh, membangun, dan memvalidasi pengetahuan matematika, sedangkan ontologi menyoroti hakikat keberadaan konsep-konsep matematika, apakah bersifat nyata atau abstrak. Integrasi keduanya memberikan dasar yang kuat untuk menciptakan pembelajaran yang lebih mendalam, kontekstual, dan reflektif. Kajian ini juga menegaskan pentingnya pendekatan konstruktivisme, di mana siswa secara aktif membangun pengetahuan melalui pengalaman belajar langsung, dan guru berperan sebagai fasilitator yang menghubungkan konsep abstrak dengan konteks kehidupan nyata. Integrasi ini berkontribusi tidak hanya pada penguatan pemahaman siswa, tetapi juga pada pengembangan strategi pembelajaran yang relevan dan bernilai filosofis dalam pendidikan matematika. Diperlukan penelitian lanjutan berbasis praktik kelas untuk mengoptimalkan penerapan integrasi epistemologis dan ontologis dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bintoro, H. S., Rochmad, & Isnarto. (2021). Model Problem Based Learning dalam Perspektif Ontologi dan Epistemologi Filsafat Pendidikan Matematika. PRISMA, 4, 223–227. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Ekwandani, T. N., Sudjarwo, & Nurwahidin, M. (2022). Studi Literatur Etnomatematika dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2). http://stp-mataram.e-journal.id/JIH

Ernest, P. (2024). The Philoshophy of Mathematics Education: State of The Art.

Fajri, H. M., Raihan, M. D., Sumantri, M. S., Nurhasanah, N., & Utomo, E. (2024). Philosophy of Mathematics in Primary Education Mathematics Learning: Ontological, Epistemological, and Methodological. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 75–88. https://doi.org/10.31943/mathline.v9i1.552

Fitrian, Z. A., Nasrulloh, A., & Nugroho, S. (2022). Perspektif Islam Tentang Signifikansi Antara Filsafat dan Ilmu. Jurnal Filsafat Dan Teologi Islam, 13(2), 247–262.

Hasanah, A., Anggraini, A. E., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Analisis Filsafat dalam Proses Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i6.7736

Ismail, H. H., Dewi, I., & Simamora, E. (2022). Keterkaitan antara Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis Budaya. PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 15(2). https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40922

Istiqomah, M. D., & Somakim, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Filsafat pada Materi Himpunan Kelas VII. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 53. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6600

Jasnain, T., Mardianti, B., Sari, R., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Kajian Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 43(1), 2022.

KARATAŞ, İ., & Tığlı, N. Y. (2021). An Investigation of the Role of In-Service Middle School Mathematics Teachers’ Epistemological Beliefs for Designing the Learning Environment. International Journal of Educational Studies in Mathematics, 8(2), 140–153. https://doi.org/10.17278/ijesim.902288

Kayumova, S., & Strom, K. J. (2023). Ontology, Epistemology, and Critical Theory in STEM Education. In Oxford Research Encyclopedia of Education. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190264093.013.1508

Kustantina, Hasani, A., Nulhakim, L., & Maisaroh, I. (2024). Filsafat Ilmu dalam Bidang Pendidikan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(6), 876–878.

Lisa, Dewi, I., & Simamora, E. (2023). Perspektif Filsafat Pendidikan Matematika Tokoh Masyarakat Aceh Utara dalam Praktik Perhitungan Farud. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(2), 189. https://doi.org/10.30821/axiom.v12i2.17549

Mariyah, S., Syukri, A., & Badarussyamsi. (2021). Filsafat dan Sejarah Perkembangan Ilmu. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3).

Musa, R. N., Monoarfa, J. F., & Regar, V. E. (2024). Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Kelas X. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 08(2), 1040–1048. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3031

Ngazimah, A., & Zuchdi, D. (2020). Landasan ontologi, epistemologi dan aksiologis dalam kajian pendidikan karakter. BAHASTRA, 40(2), 167. https://doi.org/10.26555/bahastra.v40i2.15081

Nur Akmal, A., Maelasari, N., & Lusiana. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Parnabhhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 1(1), 11–14.

Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari perbedaan gender siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(01), 55–70.

Purnomo, D., & Amril, M. (2024). Studi Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan, 4.

Rani, T. P. (2023). Penerapan Model Project Based Learning dalam erspektif Ontologi dan Epistemologi Filsafat Pendidikan Matematika. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(1).

Rosiyanti, H., & Turmudi. (2024). Hubungan Antara Keyakinan Epistemologi Siswa dan Kinerja Akademik dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 10(2).

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukaan, Peran, dan Perspektif Permasalahan dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kelitbangan, 10(1).

Sari, D. N., & Armanto, D. (2022). Matematika dalam Filsafat Pendidikan. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 202. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302

Simanjuntak, R. M., Nurfatanah, & Hanum, F. (2024). Peranan Filsafat pada Program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Angkatan 3 (Kajian Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi). Jurnal Suluh Pendidikan, 12.

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. SEPREN: Jurnal of Mathematics Education and Applied, 2(2).

Suyitno, H., & Rochmad, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Filsafat Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Berbasis Kompetensi dan Konservasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 199. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4981

Tamba, K. P., Cendana, W., & Pratiwi, J. (2020). Keyakinan Epistemologis dan Belajar-Mengajar Matematika Calon Guru Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.573

Utomo, E., Darmuki, A., & Surachmi, S. (2024). Peran Epistemologi Filsafat dalam Mengembangkan Berpikir Kritis bagi Anak Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(4), 3033–3047. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.6831

Zalukhu, A., Herman, Hulu, D. B. T., Zebua, N. S. A., Naibaho, T., & Simanjuntak, R. (2023). Kedudukan dan Peran Filsafat dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 05(03), 6054–6062.

Zulmaulida, R., Husna, M., & Saputra, E. (2024). Ontologi Matematika. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 62–73. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.179

Zulmaulida, R., & Saputra, E. (2024). Ontologi Matematika. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 62–73. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.179

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Dela Citra Sabrina, & Kusuma, A. B. (2025). Integrasi Dimensi Epistemologis dan Ontologis dalam Pembelajaran Matematika: Kajian Literatur Sistematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 866–874. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6392