Integrasi Dimensi Epistemologis dan Ontologis dalam Pembelajaran Matematika: Kajian Literatur Sistematis
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i2.6392Keywords:
Epistemology, Ontology, Philosophy of Mathematics, Mathematics EducationAbstract
Penelitian ini membahas integrasi antara dimensi epistemologi dan ontologi dalam pembelajara matematika melalui pendekatan SLR. Filsafat khususnya epistemologi dan ontologi, memberikan landasan penting dalam memahami bagaimana pengetahuan matematika dibentuk serta bagaimana konsep-konsep matematika dipahami secara eksistensial. Dalam konteks pendidikan modern yang menekankan pembelajaran bermakna, kajian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana integrasi dimensi filsafat tersebut mempengaruhi praktik pembelajaran matematika di kelas. Melalui metode SLR, penulis menelusuri 20 artikel dari tahun 2021 hingga 2024 dan menyaring 7 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil kajian menunjukkan bahwa epistemologi menekankan pada cara siswa memperoleh, membangun, dan memvalidasi pengetahuan matematika, sedangkan ontologi menyoroti hakikat keberadaan konsep-konsep matematika, apakah bersifat nyata atau abstrak. Integrasi keduanya memberikan dasar yang kuat untuk menciptakan pembelajaran yang lebih mendalam, kontekstual, dan reflektif. Kajian ini juga menegaskan pentingnya pendekatan konstruktivisme, di mana siswa secara aktif membangun pengetahuan melalui pengalaman belajar langsung, dan guru berperan sebagai fasilitator yang menghubungkan konsep abstrak dengan konteks kehidupan nyata. Integrasi ini berkontribusi tidak hanya pada penguatan pemahaman siswa, tetapi juga pada pengembangan strategi pembelajaran yang relevan dan bernilai filosofis dalam pendidikan matematika. Diperlukan penelitian lanjutan berbasis praktik kelas untuk mengoptimalkan penerapan integrasi epistemologis dan ontologis dalam pembelajaran matematika.Downloads
References
Bintoro, H. S., Rochmad, & Isnarto. (2021). Model Problem Based Learning dalam Perspektif Ontologi dan Epistemologi Filsafat Pendidikan Matematika. PRISMA, 4, 223–227. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Ekwandani, T. N., Sudjarwo, & Nurwahidin, M. (2022). Studi Literatur Etnomatematika dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2). http://stp-mataram.e-journal.id/JIH
Ernest, P. (2024). The Philoshophy of Mathematics Education: State of The Art.
Fajri, H. M., Raihan, M. D., Sumantri, M. S., Nurhasanah, N., & Utomo, E. (2024). Philosophy of Mathematics in Primary Education Mathematics Learning: Ontological, Epistemological, and Methodological. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 75–88. https://doi.org/10.31943/mathline.v9i1.552
Fitrian, Z. A., Nasrulloh, A., & Nugroho, S. (2022). Perspektif Islam Tentang Signifikansi Antara Filsafat dan Ilmu. Jurnal Filsafat Dan Teologi Islam, 13(2), 247–262.
Hasanah, A., Anggraini, A. E., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Analisis Filsafat dalam Proses Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i6.7736
Ismail, H. H., Dewi, I., & Simamora, E. (2022). Keterkaitan antara Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis Budaya. PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 15(2). https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40922
Istiqomah, M. D., & Somakim, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Filsafat pada Materi Himpunan Kelas VII. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 53. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6600
Jasnain, T., Mardianti, B., Sari, R., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Kajian Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 43(1), 2022.
KARATAŞ, İ., & Tığlı, N. Y. (2021). An Investigation of the Role of In-Service Middle School Mathematics Teachers’ Epistemological Beliefs for Designing the Learning Environment. International Journal of Educational Studies in Mathematics, 8(2), 140–153. https://doi.org/10.17278/ijesim.902288
Kayumova, S., & Strom, K. J. (2023). Ontology, Epistemology, and Critical Theory in STEM Education. In Oxford Research Encyclopedia of Education. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190264093.013.1508
Kustantina, Hasani, A., Nulhakim, L., & Maisaroh, I. (2024). Filsafat Ilmu dalam Bidang Pendidikan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(6), 876–878.
Lisa, Dewi, I., & Simamora, E. (2023). Perspektif Filsafat Pendidikan Matematika Tokoh Masyarakat Aceh Utara dalam Praktik Perhitungan Farud. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(2), 189. https://doi.org/10.30821/axiom.v12i2.17549
Mariyah, S., Syukri, A., & Badarussyamsi. (2021). Filsafat dan Sejarah Perkembangan Ilmu. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3).
Musa, R. N., Monoarfa, J. F., & Regar, V. E. (2024). Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Kelas X. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 08(2), 1040–1048. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3031
Ngazimah, A., & Zuchdi, D. (2020). Landasan ontologi, epistemologi dan aksiologis dalam kajian pendidikan karakter. BAHASTRA, 40(2), 167. https://doi.org/10.26555/bahastra.v40i2.15081
Nur Akmal, A., Maelasari, N., & Lusiana. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Parnabhhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 1(1), 11–14.
Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari perbedaan gender siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(01), 55–70.
Purnomo, D., & Amril, M. (2024). Studi Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan, 4.
Rani, T. P. (2023). Penerapan Model Project Based Learning dalam erspektif Ontologi dan Epistemologi Filsafat Pendidikan Matematika. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(1).
Rosiyanti, H., & Turmudi. (2024). Hubungan Antara Keyakinan Epistemologi Siswa dan Kinerja Akademik dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 10(2).
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukaan, Peran, dan Perspektif Permasalahan dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kelitbangan, 10(1).
Sari, D. N., & Armanto, D. (2022). Matematika dalam Filsafat Pendidikan. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 202. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302
Simanjuntak, R. M., Nurfatanah, & Hanum, F. (2024). Peranan Filsafat pada Program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Angkatan 3 (Kajian Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi). Jurnal Suluh Pendidikan, 12.
Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. SEPREN: Jurnal of Mathematics Education and Applied, 2(2).
Suyitno, H., & Rochmad, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Filsafat Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Berbasis Kompetensi dan Konservasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 199. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4981
Tamba, K. P., Cendana, W., & Pratiwi, J. (2020). Keyakinan Epistemologis dan Belajar-Mengajar Matematika Calon Guru Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.573
Utomo, E., Darmuki, A., & Surachmi, S. (2024). Peran Epistemologi Filsafat dalam Mengembangkan Berpikir Kritis bagi Anak Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(4), 3033–3047. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.6831
Zalukhu, A., Herman, Hulu, D. B. T., Zebua, N. S. A., Naibaho, T., & Simanjuntak, R. (2023). Kedudukan dan Peran Filsafat dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 05(03), 6054–6062.
Zulmaulida, R., Husna, M., & Saputra, E. (2024). Ontologi Matematika. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 62–73. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.179
Zulmaulida, R., & Saputra, E. (2024). Ontologi Matematika. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 62–73. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.179
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dela Citra Sabrina, Anggun Badu Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.