PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KERJA PRAKTIKUM BIOLOGI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII DI SMPN 6 PALOPO

Authors

  • Fitriani Ansar
  • khaerati
  • Nur Muhajirah Yunus
  • Iin Dwi Aristy Putri
  • Nurasia

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3433

Keywords:

development, assessment instrument, biology practicum

Abstract

This research aims to determine the the process of developing thevalidity, practicality, and rehability of the biology practicum assessment instrument in the System Exrection. This research is a type of Research and Development (RnD) study with a research design using four step models. Data collection techniques used are observation, interviews, and questionnaire surveys. The sample involved a total of 31 students. The development technique and validation of the biology practicum assessment instrument in the System Exrection for grade VIII wee carried out using a simple random sampling method. The research results show that: (1) in SMPN 6 Palopo, the validator I obtained 86,6% and validator II obtained 83,3% with very criteria; (2) the practicality analysis of the development of the biology praacticum assessment instrumen in the System Exrection based on the response from teacher obtained 84% and the response from students obtained 88% with very practical criteria; (3) the educational effectiveness analysis of the System Exrection for grade VIII at SMPN 6 Palopo obtained 93% with very effective and feasible criteria for use. Based on the research results, the assesment instrument for the biology practicum is considered valid for use.

  

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiana. 2021. Pengembangan E-Modul Materi Virus untuk Meningkatkan Minat Belajar Kelas X SMA/MA pada Pembelajaran Jarak Jauh. Skripsi. Tadris Biologi IAIN Tulungagung.

Amri, A., & Tharihk, A. J. 2018. Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 103-112.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan :Yogyakarta Cipta.

Arywiantari, D., A. A. G. Agung, I. D. K. Tastra. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha 3 (1), 2015.

Hamid, Hamdani. 2013. Pengembangan System Pendidikan di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Hanafi, H. 2017. Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.

Handayani, Ririn. 2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia

Huljannah, Miftahul. 2021. Pentingnya Proses Evaluasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Educator Vol.1 No.2.

Kartika, Astrid. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Sistem Regulasi. Skripsi. Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung.

Kurnia, T. D., C. Lati, H. Fauziah, A. Trihanton. 2019. Model Addie untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, No. 1, pp. 516-525).

Lestari. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum pada Materi Struktur Jaringan pada Tumbuhan Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Makassar. Skripsi. Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar.

Maharani, Maylinda Uti. 2013. Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Terpadu Tema Fotosintesis Berbasis Learning Cyclee Untuk Siswa SMP. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Mahirah, B. 2017. Evaluasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Idaarah,Vol.1 No.2

Maydiantoro, A. 2021. Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Skripsi. FKIP Universitas Lampung.

Mulyatiningsih, E. 2015. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: ALFABETA.

------------------, 2016. Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Munawaroh, I. 2015. Urgensi Penelitian dan Pengembangan. Studi Ilmiah UKM Penelitian, 1(1), 1-5.Universitas Negeri Yogyakarta

Nisa, N. A. K., R. Widyastuti, A. Hamid. 2018. Pengembangan Instrumen Assessment Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII SMP. In Prosiding Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika (Vol. 1, No. 2, pp. 543-556).

Nurhaifa, I., G. Hamdu, Y. Suryana. 2020. Rubrik Penilaian Kinerja Pada Pembelajaran STEM Berbasis Keterampilan 4C. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 101-110.

Plomp, T. 2007. An Introduction to Eductional Design Research. Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).

Purnama, S. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19-32..

Ramayulis. 2002. Metodologi Pendidikan Agama Islam. PT Raja Grafindo: Jakarta

Rohman, Muhammad. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. 2018. Pengembangan Instrumen Experiment Performance Assessment Untuk Menilai Keterampilan Proses Sains Dan Kerja Sama. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168-181.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Peneltian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamdinata, N. S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmawa, Oki. 2019. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja (Performance Assessment) Praktikum pada Mata Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 116-129.

Sulistiyono, M. dan H. Kuswanto. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Kerja Laboratorium Fisika untuk Mengukur Sikap dan Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika 9(1),43-49,2019.

Susanti, Susi. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Biologi Kelas XI SMA Negeri 3 Singguminasa.Skripsi. Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar.

Syarifah, Anis. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry untuk SMA/MA Kelas XI Materi Titrasi Asam Basa dan Larutan Penyangga. Skripsi. Pendidikan Ilmu Kimia UIN Walisongo.

Tamsil, Nurul Mutia. 2019. Pengembangan Instrumen Kinerja Praktikum Biologi MA Pesantren Pondok Madinah Makassar. Pascasarjana,2019.

Wirawan. 2011. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Ansar, F. ., khaerati, Muhajirah Yunus, N. ., Dwi Aristy Putri, I. ., & Nurasia. (2024). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KERJA PRAKTIKUM BIOLOGI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII DI SMPN 6 PALOPO. Jurnal Biogenerasi, 9(1), 745–750. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3433

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>