Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas V di Kecamatan Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5383Keywords:
Pendidikan Matematika Realistik, Hasil Belajar Matematika, Keterampilan Berpikir KritisAbstract
Urgensi penelitian terletak pada pendidikan matematika di sekolah dasar yang seringkali terkendala oleh metode pengajaran yang lebih menekankan pada hafalan rumus dan prosedur, tanpa melibatkan siswa dalam proses pemecahan masalah yang menstimulasi berpikir kritis. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, yang sangat penting dalam menghadapi tantangan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendekatan Pendidikann Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Kecamatan Cianjur, dengan fokus pada keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, memilih dua kelas, yaitu kelas VA dan VB di SD Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes hasil belajar matematika dan soal keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data dilakukan dengan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PMR memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika, terutama bila dikaitkan dengan keterampilan berpikir kritis siswa. Ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan PMR dan metode ekspositori, terutama pada siswa dengan keterampilan berpikir kritis tinggi dan rendah. Siswa yang menggunakan pendekatan PMR menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi, terutama pada kelompok siswa dengan keterampilan berpikir kritis rendah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan PMR terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika, dengan manfaat yang lebih besar ketika diintegrasikan dengan keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, pendekatan ini dapat direkomendasikan sebagai alternatif yang efektif dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar untuk mendukung peningkatan kemampuan matematis siswa.
Downloads
References
efektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik pada pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189-197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Agusta, E. S. (2020). Peningkatan kemampuan matematis siswa melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 2(2), 145-165. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i2.17819
Arrafi, A., & Masniladevi, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 750-774.
Arwadi, F. (2021). Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan self confidence siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.857
Dahlan, A. H. (2018). Pengembangan model pembelajaran pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan ketertarikan belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 1(1), 8-14. https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp8-14
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643
Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.33387/dpi.v6i1.350
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi barisan dan deret berdasarkan gaya berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68-77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.552
Karim, A. (2015). Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i3.154
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342-3351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1341
Muhtadi, D. (2017). Implementasi pendidikan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik dan kemandirian belajar peserta didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.424
Nuraida, D. (2019). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51-60.
Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh pendidikan matematika realistik terhadap suasana pembelajaran yang menyenangkan pada pelajaran matematika sekolah dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 58-71. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.58-71
Purba, G. F. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada konsep Merdeka Belajar. Sepren, 4(01), 23-33. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.732
Putra, D. O. P., & Purnomo, Y. W. (2023). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 512-522. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6231
Septiana, A., Amin, I. I., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi literatur: Pendekatan pendidikan matematika realistik dalam pembelajaran matematika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(2), 343-350. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7090
Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: jurnal tadris matematika, 10(1), 51-69. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131-142. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103
Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60-65. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7530
Zulhelmi, Z., Adlim, A., & Mahidin, M. (2017). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72-80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.