Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas V di Kecamatan Cianjur

Authors

  • Hertin Nopianti Universitas Terbuka
  • Suroyo Suroyo Universitas Terbuka
  • Agus Santoso Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5383

Keywords:

Pendidikan Matematika Realistik, Hasil Belajar Matematika, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Urgensi penelitian terletak pada pendidikan matematika di sekolah dasar yang seringkali terkendala oleh metode pengajaran yang lebih menekankan pada hafalan rumus dan prosedur, tanpa melibatkan siswa dalam proses pemecahan masalah yang menstimulasi berpikir kritis. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, yang sangat penting dalam menghadapi tantangan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendekatan Pendidikann Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Kecamatan Cianjur, dengan fokus pada keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, memilih dua kelas, yaitu kelas VA dan VB di SD Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes hasil belajar matematika dan soal keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data dilakukan dengan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PMR memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika, terutama bila dikaitkan dengan keterampilan berpikir kritis siswa. Ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan PMR dan metode ekspositori, terutama pada siswa dengan keterampilan berpikir kritis tinggi dan rendah. Siswa yang menggunakan pendekatan PMR menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi, terutama pada kelompok siswa dengan keterampilan berpikir kritis rendah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan PMR terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika, dengan manfaat yang lebih besar ketika diintegrasikan dengan keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, pendekatan ini dapat direkomendasikan sebagai alternatif yang efektif dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar untuk mendukung peningkatan kemampuan matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

efektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik pada pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189-197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Agusta, E. S. (2020). Peningkatan kemampuan matematis siswa melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 2(2), 145-165. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i2.17819

Arrafi, A., & Masniladevi, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 750-774.

Arwadi, F. (2021). Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan self confidence siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.857

Dahlan, A. H. (2018). Pengembangan model pembelajaran pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan ketertarikan belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 1(1), 8-14. https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp8-14

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694

Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.33387/dpi.v6i1.350

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi barisan dan deret berdasarkan gaya berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68-77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.552

Karim, A. (2015). Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i3.154

Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342-3351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1341

Muhtadi, D. (2017). Implementasi pendidikan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik dan kemandirian belajar peserta didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.424

Nuraida, D. (2019). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51-60.

Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh pendidikan matematika realistik terhadap suasana pembelajaran yang menyenangkan pada pelajaran matematika sekolah dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 58-71. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.58-71

Purba, G. F. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada konsep Merdeka Belajar. Sepren, 4(01), 23-33. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.732

Putra, D. O. P., & Purnomo, Y. W. (2023). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 512-522. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6231

Septiana, A., Amin, I. I., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi literatur: Pendekatan pendidikan matematika realistik dalam pembelajaran matematika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(2), 343-350. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7090

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: jurnal tadris matematika, 10(1), 51-69. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131-142. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103

Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60-65. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7530

Zulhelmi, Z., Adlim, A., & Mahidin, M. (2017). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72-80.

Published

2025-03-01

How to Cite

Nopianti, H., Suroyo, S., & Santoso, A. (2025). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas V di Kecamatan Cianjur. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 42–60. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5383

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.