Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKN Kelas V

Authors

  • Sulastina Sulastina Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Universitas Negeri Semarang
  • Deni Setiawan Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5321

Keywords:

Pengembangan, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Karakter, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran penting dalam membangun karakter siswa. Namun, pembelajaran PKn di tingkat dasar sering kali terkesan monoton karena guru cenderung menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan media pembelajaran yang interaktif. Kondisi ini menyebabkan motivasi belajar siswa rendah, sehingga berdampak pada pencapaian hasil belajar yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline yang dirancang untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada materi PKn. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 172 Enrekang sebagai kelas Kontrol dan SDN 1 Enrekang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi angket motivasi, wawancara, observasi, dan tes hasil belajar. serta divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif, serta uji efektivitas melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran, dengan validasi ahli memperoleh skor rata-rata di atas 90%. Implementasi di kelas menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa yang signifikan, serta hasil belajar yang meningkat dengan selisih rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 33,2%. Kesimpulannya, multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn, sekaligus mendukung pembelajaran berbasis karakter sesuai tuntutan kurikulum merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, J., & Estiastuti, A. (2022). Pengembangan Media “Proksina” Berbasis Articulate Storyline Dengan Model Tgt Mupel IPS Kelas V. Joyful Learning Journal, 11(4), 167-173. https://doi.org/10.15294/jlj.v11i4.63623

Arofah, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Articulate Storyline Berbasis Discovery Learning Pada Muatan Ipa Kelas IV. Joyful Learning Journal, 12(1), 17-24. https://doi.org/10.15294/jlj.v12i1.67721

Astuti, N. W. W., & Suastra, I. W. (2024). Critical Study of Educational Philosophy on The Pancasila Student Profile in The Era of Revolution 4.0 And Human Society 5.0. Indonesian Journal Of Educational Development (IJED), 5(1), 150–161. https://doi.org/10.59672/ijed.v5i1.3386

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The Development of Articulate Storyline Interactive Learning Media Based on Case Methods to Train Student’s Problem-Solving Ability. Heliyon, 9(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082

Hamdani, S. A., Prima, E. C., Agustin, R. R., Feranie, S., & Sugiana, A. (2022). Development Of Android-Based Interactive Multimedia to Enhance Critical Thinking Skills in Learning Matters. Journal Of Science Learning, 5(1), 103–114. https://doi.org/10.17509/jsl.v5i1.33998

Handayani, N. K. T., Gading, I. K., & Widiana, I. W. (2023). Media Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.61599

Heliawati, L., Lidiawati, L., & Pursitasari, I. D. (2022). Articulate Storyline 3 Multimedia Based On Gamification To Improve Critical Thinking Skills And Self-Regulated Learning. International Journal Of Evaluation And Research In Education, 11(3), 1435–1444. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22168

Khairatunnisa, A., & Fitria, Y. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Aplikasi Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Ipas Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 317-332. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.3844

Letasado, M. R. (2021). Pengaruh Penerapan Subject Specific Pedagogy Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 236-247. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.326

Lita, N., & Harahap, N. (2024). International Journal Of Students Education The Role Of Citizenship Education In The Development Of National Character. International Journal Of Students Education, Vol 2 No 1 Ijose (2024), 261–266. https://doi.org/https://doi.org/10.62966/ijose.v2i1.648

Mayoza, H., Harahap, T. H., & Manurung, S. A. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1422-1433. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.1598

Munir, M., Afifah, N., & Najib, M. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 48-65. https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7677

Olvah, M., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4320-4332. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14171

Ramadhani, N., Ulya, W. J., Nustradamus, S. B., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Sistematic Literature Riview: Peran Media Pembelajaran Interaktif dan Konvensional Pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(5), 99-114. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1941

Saefudin, M., & Raharjo, T. J. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Topik Kecepatan Bagi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Articulate Storyline. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 212-226. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15457

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika Smp. Jp3m (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Sekarsari, E. P., & Rusnilawati, R. (2023). The Effect Of Team Games Tournament Model-Assisted Articulate Storyline Media On Improving Outcomes And Interest In Learning Javanese Script Material In Elementary School. Mimbar Sekolah Dasar, 10(1), 281–296. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v10i1.55262

Septiani, A. N. N. S. I., & Rejekiningsih, T. (2020). Development of Interactive Multimedia Learning Courseware to Strengthen Students' Character. European Journal of Educational Research, 9(3), 1267-1280. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267

Simatupang, N. A., & Napitupulu, S. (2023). Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline 3 Theme 5 My Heroes on Student Learning Interest Grade IV Elementary School. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 2(2), 155-165. https://doi.org/10.55299/ijere.v2i2.455

Sukmarini, F., Mauludiyah, L., Roziqi, M. A., & Nurdianto, T. (2021). Interactive Arabic Learning Media based on Articulate Storyline 3 to Increase Students' Motivation/Pemanfaatan Articulate Storyline 3 sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 106-121. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-06

Winarti, A., Karenina, T., & Syahmani, S. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Materi Kimia Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. JCAE (Journal of Chemistry and Education), 7(3), 124-136. https://doi.org/10.20527/jcae.v7i3.2619

Published

2025-03-01

How to Cite

Sulastina, S., Suminar, T., & Setiawan, D. (2025). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKN Kelas V. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 12–31. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5321

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.