Analisis Penggunaan PowerPoint Interaktif sebagai Media Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Parumasan
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6421Keywords:
PowerPoint Interaktif, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Media EdukasiAbstract
Urgensi penelitian ini yaitu rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa dikarenakan guru yang kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran digital yang efektif dan menarik untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan PowerPoint interaktif sebagai media edukasi dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Parumasan. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain sequential explanatory. Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 20 siswa kelas V dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini dimana peneliti mengambil data kuantitatif dengan pretest-posttest dan angket respons siswa kemudian didukung dengan data kualitatif melalui wawancara, penilaian observasi kelas, dan studi literatur. Media PowerPoint interaktif ini telah melalui uji kelayakan dimana hasil dari validasi media mencapai 96,4% dengan kategori “Sangat Valid” sedangkan untuk hasil validasi materi dari guru kelas V mencapai 100% dengan kategori “Sangat Valid”. Peningkatan hasil belajar pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji N-Gain dengan rata-rata nilai pretest sebesar 38,65% dan rata-rata nilai posttest sebesar 71,35% dengan nilai N-Gain sebesar 0,52 termasuk ke dalam kategori “Sedang”. Berdasarkan hasil data tersebut menunjukkan bahwa penggunaan PowerPoint interaktif sebagai media edukasi dalam pembelajaran IPS materi keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Parumasan. Dengan demikian, penggunaan media ini dapat dimanfaatkan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan juga sebagai inovasi pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan.
Downloads
References
Aeni, A. N., Djuanda, D., Nursaadah, R., Baliani, S., & Sopian, P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD Ani. 11, 1835–1852. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Aeni, A. N., Khulqi, R., Latifa, D. A., & Inayah, A. N. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran “Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin” Sebagai Media Pembelajaran Politik Islam Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 979. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1097
Amelia, M. P., Listiyani, L., & Anam, K. (2024). Peran Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2(4), 68–73. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.216
Deria, M. D., & Wardani, D. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 148–156. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.12283
Fatayan, A., Frilia, A., & Fauziah, M. P. (2022). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. 6(2), 2694–2700. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2474
Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756
Isomudin, I. (2019). Analisis Sequential Explanatory Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Ditinjau Dari Disiplin, Minat Belajar, Dan Kecerdasan Emosional. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 113. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i2.2335
Kolopita, C. P., Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Inverted: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37905/inverted.v2i1.13081
Kurnia, I., Maulidia, M. A., Gunawan, R., & Aeni, A. N. (2023). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pengenalan Kebudayaan Islam Mekkah Bagi Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 770. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2092
Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075
Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID 19. 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
Melviana, M., Oktaviani, A. A., Fadilah, H., & Aeni, A. N. (2023). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Canva dalam Pengenalan Politik Islam pada Siswa Kelas 5 SD. Journal on Education, 6(1), 742–749. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2476
Muthia, S. P. (2024). Analisis Penyebab Rendahnya Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(3), 177–181. https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i3.496
Natalia, M., & Tangkin, W. P. (2022). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas II SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1017–1025. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2676
Prima, R., Sya, D., Nur, S., & Sya, H. (2019). Studi Kasus Metode Penelitian Kualitatif.
Putriyana F, A. N. dkk. (2016). Pentingnya Penggunaan Teknologi Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 7(3), 1–23. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91635
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmawati, B. F., Badarudin, B., & Hadi, M. S. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135
Ratnasari , D. T., & Ginanjar, A. (2020). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Edukasi Penanggulangan Bencana Alam. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 481–488. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.679
Rukmana, R. D., & Fitrihidajati, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Komponen Ekosistem Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 621–633. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p621-633
Sasmitha, I. D., Setianingsih, E. S., & Huda, C. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif. Elementary School Teacher Journal, 4(1), 241–252. http://dx.doi.org/10.61476/gsf8m927
Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449
Supardi, A. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar. 161–167. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.2.161=167
Tristanti, S. N. (2020). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SDN LOSARI. National Conference for Ummah.
Utami, N. P., & Yanti, P. G. (2022). Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8388–8394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3825
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645. http://dx.doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Zulfirman, R. (2022). Implementasi metode outdoor learning dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147-153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Imelda Talia, Nurdinah Hanifah, Ani Nur Aeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.