Analisis Penggunaan PowerPoint Interaktif sebagai Media Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Parumasan

Authors

  • Dwi Imelda Talia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurdinah Hanifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6421

Keywords:

PowerPoint Interaktif, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Media Edukasi

Abstract

Urgensi penelitian ini yaitu rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa dikarenakan guru yang kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran digital yang efektif dan menarik untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan PowerPoint interaktif sebagai media edukasi dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Parumasan. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain sequential explanatory. Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 20 siswa kelas V dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini dimana peneliti mengambil data kuantitatif dengan pretest-posttest dan angket respons siswa kemudian didukung dengan data kualitatif melalui wawancara, penilaian observasi kelas, dan studi literatur. Media PowerPoint interaktif ini telah melalui uji kelayakan dimana hasil dari validasi media mencapai 96,4% dengan kategori “Sangat Valid” sedangkan untuk hasil validasi materi dari guru kelas V mencapai 100% dengan kategori “Sangat Valid”. Peningkatan hasil belajar pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji N-Gain dengan rata-rata nilai pretest sebesar 38,65% dan rata-rata nilai posttest sebesar 71,35% dengan nilai N-Gain sebesar 0,52 termasuk ke dalam kategori “Sedang”. Berdasarkan hasil data tersebut menunjukkan bahwa penggunaan PowerPoint interaktif sebagai media edukasi dalam pembelajaran IPS materi keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Parumasan. Dengan demikian, penggunaan media ini dapat dimanfaatkan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan juga sebagai inovasi pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, A. N., Djuanda, D., Nursaadah, R., Baliani, S., & Sopian, P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD Ani. 11, 1835–1852. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313

Aeni, A. N., Khulqi, R., Latifa, D. A., & Inayah, A. N. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran “Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin” Sebagai Media Pembelajaran Politik Islam Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 979. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1097

Amelia, M. P., Listiyani, L., & Anam, K. (2024). Peran Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2(4), 68–73. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.216

Deria, M. D., & Wardani, D. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 148–156. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.12283

Fatayan, A., Frilia, A., & Fauziah, M. P. (2022). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. 6(2), 2694–2700. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2474

Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756

Isomudin, I. (2019). Analisis Sequential Explanatory Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Ditinjau Dari Disiplin, Minat Belajar, Dan Kecerdasan Emosional. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 113. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i2.2335

Kolopita, C. P., Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Inverted: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37905/inverted.v2i1.13081

Kurnia, I., Maulidia, M. A., Gunawan, R., & Aeni, A. N. (2023). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pengenalan Kebudayaan Islam Mekkah Bagi Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 770. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2092

Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID 19. 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Melviana, M., Oktaviani, A. A., Fadilah, H., & Aeni, A. N. (2023). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Canva dalam Pengenalan Politik Islam pada Siswa Kelas 5 SD. Journal on Education, 6(1), 742–749. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2476

Muthia, S. P. (2024). Analisis Penyebab Rendahnya Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(3), 177–181. https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i3.496

Natalia, M., & Tangkin, W. P. (2022). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas II SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1017–1025. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2676

Prima, R., Sya, D., Nur, S., & Sya, H. (2019). Studi Kasus Metode Penelitian Kualitatif.

Putriyana F, A. N. dkk. (2016). Pentingnya Penggunaan Teknologi Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 7(3), 1–23. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91635

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmawati, B. F., Badarudin, B., & Hadi, M. S. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135

Ratnasari , D. T., & Ginanjar, A. (2020). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Edukasi Penanggulangan Bencana Alam. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 481–488. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.679

Rukmana, R. D., & Fitrihidajati, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Komponen Ekosistem Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 621–633. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p621-633

Sasmitha, I. D., Setianingsih, E. S., & Huda, C. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif. Elementary School Teacher Journal, 4(1), 241–252. http://dx.doi.org/10.61476/gsf8m927

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449

Supardi, A. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar. 161–167. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.2.161=167

Tristanti, S. N. (2020). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SDN LOSARI. National Conference for Ummah.

Utami, N. P., & Yanti, P. G. (2022). Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8388–8394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3825

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645. http://dx.doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066

Zulfirman, R. (2022). Implementasi metode outdoor learning dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147-153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758

Published

2025-08-01

How to Cite

Talia, D. I., Hanifah, N., & Aeni, A. N. (2025). Analisis Penggunaan PowerPoint Interaktif sebagai Media Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Parumasan. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 1013–1026. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6421

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.