Pengembangan Media Engklek Berbasis Digital Quiz dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan pada Anak Usia Dini

Authors

  • Siti Nailul Amani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Pascalian Hadi Pradana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Trio Suwargono Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6013

Keywords:

Pengembangan, Media Engklek, Digital Quiz, Anak Usia Dini

Abstract

Kemajuan teknologi telah mendorong pergeseran minat anak-anak dari permainan tradisional menuju permainan digital berbasis gadget. Keterbatasan efisiensi waktu dalam permainan tradisional turut menjadi alasan rendahnya penggunaan oleh guru maupun peserta didik. Di sisi lain, lemahnya karakter peduli lingkungan pada anak usia dini menjadi latar belakang penting pengembangan media pembelajaran berbasis budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan engklek berbasis digital quiz sebagai sarana menanamkan karakter peduli lingkungan yang lebih menarik dan fleksibel bagi anak. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian berjumlah 14 anak kelompok A di TK Plus Al Ishlah Jenggawah (9 laki-laki dan 5 perempuan). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, validasi ahli, dan dokumentasi. Hasil validasi oleh ahli media mencapai persentase 95,5%, sedangkan validasi materi sebesar 93,3%. Implementasi menunjukkan 12 anak mampu menunjukkan sikap peduli lingkungan secara optimal, sementara 3 anak masih memerlukan bimbingan. Dengan demikian, media permainan engklek berbasis digital quiz dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran karakter untuk anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amania, M., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). Pengembangan modul permainan tradisional sebagai upaya mengembangkan karakter adil pada anak usia 9-12 tahun. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 237-251. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230

Basit, A., & Sundawa, D. (2022). Analisis Penerapan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Hijau. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(2), 109–119. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7569

Budiarti, E., & Fitriani. (2024). Implementasi Kemampuan Berbahasa Melalui Kegiatan Bermain Peran Dalam Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 6(1), 142–153. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7569

Fortuna, S., Purnamasari, A. I., & Dikananda, A. R. (2023). Game Edukasi Menyusun Kata Berbasis Android Dengan Metode MDLC Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Paud Wijaya Kusuma 1 Kota Cirebon. Jurnal Teknologi Ilmu Komputer, 1(2), 61–65. https://doi.org/10.56854/jtik.v1i2.70

Fransyaigu, R., & Astuti, S. (2020). Analisis Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 1078-1088.

Friwahyuni, D. (2025). Implementasi Media Permainan Ular Tangga Edukatif dalam Menanamkan Karakter Berkebinekaan Global pada Anak Usia 5-6 Tahun. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 497-509. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2469

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep pendidikan karakter anak usia dini. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116-126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775

Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan karakter peduli lingkungan melalui model experiential learning. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 72-79.

Kirana, K. D. A., & Nugrahanta, G. A. (2021). Pengembangan Buku Pedoman Permainan Tradisionalu untuk Menumbuhkan Karakter Toleransi Anak Usia 6-8 Tahun. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 136–151. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.2886

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.

Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165-178. https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834

Muslihin, H. Y., Respati, R., Shobihi, I., & Shafira, S. A. (2021). Kajian Historis dan Identifikasi Kepunahan Permainan Tradisional. Sosial Budaya, 18(1), 36. https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.11787

Nay, F. A., Fallo, S. I., Talan, R., & Christin, P. M. (2024). SPRINTER : Jurnal Ilmu Olahraga Studi Pengaruh Permainan Tradisional Rangku Alu terhadap Kebugaran Jasmani Siswa dengan Pendekatan Statistik Nonparametrik. 5(3), 461–468. https://doi.org/10.46838/spr.v5i3.646

Nurkayatin, W., & Fitri, R. (2024). Penerapan Permainan Tradisonal Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Pramatematika Dan Kemampuan Kemandirian Anak Di TK Negeri Bung Karno Surabaya. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1039–1046. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.934

Puspitasari, N., Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Gobak Sodor dalam Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 10 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(2), 2540-2546.. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2458

Rachmawaty, M., Ningtyas, D. P., Fitriani, I., & Choirudin, C. (2025). Kajian Literatur: Perancangan Media Interaktif Untuk Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2347

Salmawati, Y. F., & Miranda, D. (2024). Pengembangan Permainan Engklek Tematik Dengan Model ADDIE Sebagai Media Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Chatra: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 122-133. https://doi.org/10.62238/chatra.v2i3.91

Sunandari, S., Salsabilah, M., Aulia, I., & Armar, M. A. (2023). Pentingnya Peduli Lingkungan terhadap Penanaman Nilai Karakter pada Siswa. Journal on Education, 5(4), 11627-11631.

Wahyuningtyas, D. P., & Noer, R. K. P. (2024). Relevansi Permainan Tradisional dalam Film Squid Game Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 291–304. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2620

Yuningsih, T. I., & Agustin, M. (2024). Permainan Tradisional untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila Fase Fondasi. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 130–137. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.606

Published

2025-08-01

How to Cite

Amani, S. N., Pradana, P. H., & Suwargono, T. (2025). Pengembangan Media Engklek Berbasis Digital Quiz dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan pada Anak Usia Dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 901–910. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6013

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.