Pengembangan Media Engklek Berbasis Digital Quiz dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6013Keywords:
Pengembangan, Media Engklek, Digital Quiz, Anak Usia DiniAbstract
Kemajuan teknologi telah mendorong pergeseran minat anak-anak dari permainan tradisional menuju permainan digital berbasis gadget. Keterbatasan efisiensi waktu dalam permainan tradisional turut menjadi alasan rendahnya penggunaan oleh guru maupun peserta didik. Di sisi lain, lemahnya karakter peduli lingkungan pada anak usia dini menjadi latar belakang penting pengembangan media pembelajaran berbasis budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan engklek berbasis digital quiz sebagai sarana menanamkan karakter peduli lingkungan yang lebih menarik dan fleksibel bagi anak. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian berjumlah 14 anak kelompok A di TK Plus Al Ishlah Jenggawah (9 laki-laki dan 5 perempuan). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, validasi ahli, dan dokumentasi. Hasil validasi oleh ahli media mencapai persentase 95,5%, sedangkan validasi materi sebesar 93,3%. Implementasi menunjukkan 12 anak mampu menunjukkan sikap peduli lingkungan secara optimal, sementara 3 anak masih memerlukan bimbingan. Dengan demikian, media permainan engklek berbasis digital quiz dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran karakter untuk anak usia dini.
Downloads
References
Amania, M., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). Pengembangan modul permainan tradisional sebagai upaya mengembangkan karakter adil pada anak usia 9-12 tahun. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 237-251. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230
Basit, A., & Sundawa, D. (2022). Analisis Penerapan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Hijau. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(2), 109–119. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7569
Budiarti, E., & Fitriani. (2024). Implementasi Kemampuan Berbahasa Melalui Kegiatan Bermain Peran Dalam Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 6(1), 142–153. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7569
Fortuna, S., Purnamasari, A. I., & Dikananda, A. R. (2023). Game Edukasi Menyusun Kata Berbasis Android Dengan Metode MDLC Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Paud Wijaya Kusuma 1 Kota Cirebon. Jurnal Teknologi Ilmu Komputer, 1(2), 61–65. https://doi.org/10.56854/jtik.v1i2.70
Fransyaigu, R., & Astuti, S. (2020). Analisis Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 1078-1088.
Friwahyuni, D. (2025). Implementasi Media Permainan Ular Tangga Edukatif dalam Menanamkan Karakter Berkebinekaan Global pada Anak Usia 5-6 Tahun. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 497-509. https://doi.org/10.31537/jecie.v8i2.2469
Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep pendidikan karakter anak usia dini. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116-126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775
Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan karakter peduli lingkungan melalui model experiential learning. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 72-79.
Kirana, K. D. A., & Nugrahanta, G. A. (2021). Pengembangan Buku Pedoman Permainan Tradisionalu untuk Menumbuhkan Karakter Toleransi Anak Usia 6-8 Tahun. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 136–151. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.2886
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.
Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165-178. https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834
Muslihin, H. Y., Respati, R., Shobihi, I., & Shafira, S. A. (2021). Kajian Historis dan Identifikasi Kepunahan Permainan Tradisional. Sosial Budaya, 18(1), 36. https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.11787
Nay, F. A., Fallo, S. I., Talan, R., & Christin, P. M. (2024). SPRINTER : Jurnal Ilmu Olahraga Studi Pengaruh Permainan Tradisional Rangku Alu terhadap Kebugaran Jasmani Siswa dengan Pendekatan Statistik Nonparametrik. 5(3), 461–468. https://doi.org/10.46838/spr.v5i3.646
Nurkayatin, W., & Fitri, R. (2024). Penerapan Permainan Tradisonal Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Pramatematika Dan Kemampuan Kemandirian Anak Di TK Negeri Bung Karno Surabaya. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1039–1046. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.934
Puspitasari, N., Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Gobak Sodor dalam Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 10 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(2), 2540-2546.. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2458
Rachmawaty, M., Ningtyas, D. P., Fitriani, I., & Choirudin, C. (2025). Kajian Literatur: Perancangan Media Interaktif Untuk Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2347
Salmawati, Y. F., & Miranda, D. (2024). Pengembangan Permainan Engklek Tematik Dengan Model ADDIE Sebagai Media Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Chatra: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 122-133. https://doi.org/10.62238/chatra.v2i3.91
Sunandari, S., Salsabilah, M., Aulia, I., & Armar, M. A. (2023). Pentingnya Peduli Lingkungan terhadap Penanaman Nilai Karakter pada Siswa. Journal on Education, 5(4), 11627-11631.
Wahyuningtyas, D. P., & Noer, R. K. P. (2024). Relevansi Permainan Tradisional dalam Film Squid Game Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 291–304. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2620
Yuningsih, T. I., & Agustin, M. (2024). Permainan Tradisional untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila Fase Fondasi. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 130–137. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.606
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nailul Amani, Pascalian Hadi Pradana, Trio Suwargono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.