Penggunaan Metode Bernyanyi dan Tepuk Tangan dalam Mengenalkan Angka 1-10 pada Anak kelas Apel di SPS Nusa Indah 63

Authors

  • Mila Auliyatul Faizah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Mukhtar Zaini Dahlan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Basuki Hadi Prayogo Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Raden Roro Maya Candra Pinanta Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.5999

Keywords:

Metode Bernyanyi, Tepuk Tangan, Anak Usia Dini, Pengenalan Angka

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memegang peran penting sebagai pondasi pengembangan seluruh aspek perkembangan anak, termasuk pengenalan konsep dasar numerasi. Namun demikian, pengenalan angka di kelas PAUD sering kali masih dilakukan secara konvensional sehingga kurang menarik minat belajar anak. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih kreatif, kontekstual, dan menyenangkan melalui penerapan metode bernyanyi dan tepuk tangan dalam mengenalkan angka 1–10 pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 10 anak kelompok Apel di SPS Nusa Indah 63. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru kelas, serta dokumentasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi dan tepuk tangan mampu meningkatkan antusiasme, daya ingat, konsentrasi, serta keterlibatan aktif anak dalam kegiatan belajar. Anak-anak tampak lebih fokus dan berani menghafal urutan angka sambil melakukan gerakan tepuk tangan sesuai jumlah bilangan. Selain itu, metode ini juga mempermudah guru dalam menciptakan suasana belajar yang hidup tanpa memerlukan media pembelajaran yang rumit. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi dan tepuk tangan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran numerasi di PAUD, serta membuka peluang pengembangan metode serupa untuk materi pembelajaran lainnya. Penelitian ini merekomendasikan agar guru dapat terus berinovasi dan memodifikasi lagu serta pola gerakan sesuai karakteristik anak dan materi yang diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A., & Nurlaela, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bernuansa Musik untuk Pengenalan Bilangan di TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1120–1127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.835

Dewey, J. (1938). Experience and Education. Macmillan.

Fatmawati, R., Sulaeman, O., & Pramanik, N. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengingat Lambang Bilangan Pada Anak. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 79-94. https://doi.org/10.12928/waladuna.v3i2.395

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., ... & Ambarwati, K. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Gardner, H. (2011). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books

Hidayah, N., & Munirul Abidin. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab. Jurnal Naskhi Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 5(2), 66–73. https://doi.org/10.47435/naskhi.v5i2.2255

Indrijati, H. (2017). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. Prenada Media.

Komariah, H. (2018). Memperkenalkan Bilangan pada Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 4(2), 240601. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10388

Kurniati, N. R., Hidayati, T., & Farida, I. (2022). Stimulasi Motorik Melalui Gerak dan Lagu. Jurnal Golden Age, 6(2), 122–130.

Maharani, W. K., & Laksmiwati, H. (2013). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Di Tk Dharma Wanita Kelompok a Kecamatan Kademangan. PAUD Teratai, 2(2).

Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan metode bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini E-ISSN, 2502, 7239.

Nurmila. (2022). Penerapan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di dusun bondu desa arabika kec. sinjai barat kab. sinjai.

Putri, D. R., & Astuti, R. (2023). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bernyanyi. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 27–35.

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rahayu, E., & Wulandari, S. (2022). Implementasi Metode Tepuk Angka untuk Mengenalkan Konsep Numerasi Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Golden Age, 6(2), 140–147. https://doi.org/10.29408/jga.v6i2.5002

Sela, S., & Wathon, A. (2023). Implementasi Metode Bernyanyi Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Mengenal Angka pada Anak Usia Dini. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Sari, N. P., & Syam, A. (2022). Efektivitas Media Tepuk Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.29408/jga.v6i1.3834

Tonra, W. S., Tonra, W. S., Wahyudi, D., & Ikhsan, M. (2023). Pembelajaran Matematika Berbasis Numerasi Di Sekolah Dasar (SD): Contoh Dan Bukan Contoh Soal Numerasi. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 186-193. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.5108

Rusdi, M. I., & Taufiq, T. (2024). Pengembangan Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Bagi Siswa SDN 55 Olang. Jurnal Literasi Digital, 4(3), 154-166. https://doi.org/10.54065/jld.4.3.2024.569

Mustakim, R., Arpin, R. M., & Fitriani, F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Mata Pelajaran Menginstalasi PC Di SMK Negeri 2 Takalar. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.438

Published

2025-08-01

How to Cite

Faizah, M. A., Dahlan, M. Z., Prayogo, B. H., & Pinanta, R. R. M. C. (2025). Penggunaan Metode Bernyanyi dan Tepuk Tangan dalam Mengenalkan Angka 1-10 pada Anak kelas Apel di SPS Nusa Indah 63. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 891–900. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.5999

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.