Penggunaan Metode Bernyanyi dan Tepuk Tangan dalam Mengenalkan Angka 1-10 pada Anak kelas Apel di SPS Nusa Indah 63
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.5999Keywords:
Metode Bernyanyi, Tepuk Tangan, Anak Usia Dini, Pengenalan AngkaAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memegang peran penting sebagai pondasi pengembangan seluruh aspek perkembangan anak, termasuk pengenalan konsep dasar numerasi. Namun demikian, pengenalan angka di kelas PAUD sering kali masih dilakukan secara konvensional sehingga kurang menarik minat belajar anak. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih kreatif, kontekstual, dan menyenangkan melalui penerapan metode bernyanyi dan tepuk tangan dalam mengenalkan angka 1–10 pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 10 anak kelompok Apel di SPS Nusa Indah 63. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru kelas, serta dokumentasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi dan tepuk tangan mampu meningkatkan antusiasme, daya ingat, konsentrasi, serta keterlibatan aktif anak dalam kegiatan belajar. Anak-anak tampak lebih fokus dan berani menghafal urutan angka sambil melakukan gerakan tepuk tangan sesuai jumlah bilangan. Selain itu, metode ini juga mempermudah guru dalam menciptakan suasana belajar yang hidup tanpa memerlukan media pembelajaran yang rumit. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi dan tepuk tangan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran numerasi di PAUD, serta membuka peluang pengembangan metode serupa untuk materi pembelajaran lainnya. Penelitian ini merekomendasikan agar guru dapat terus berinovasi dan memodifikasi lagu serta pola gerakan sesuai karakteristik anak dan materi yang diajarkan.
Downloads
References
Ahmad, A., & Nurlaela, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bernuansa Musik untuk Pengenalan Bilangan di TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1120–1127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.835
Dewey, J. (1938). Experience and Education. Macmillan.
Fatmawati, R., Sulaeman, O., & Pramanik, N. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengingat Lambang Bilangan Pada Anak. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 79-94. https://doi.org/10.12928/waladuna.v3i2.395
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., ... & Ambarwati, K. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Gardner, H. (2011). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books
Hidayah, N., & Munirul Abidin. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab. Jurnal Naskhi Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 5(2), 66–73. https://doi.org/10.47435/naskhi.v5i2.2255
Indrijati, H. (2017). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. Prenada Media.
Komariah, H. (2018). Memperkenalkan Bilangan pada Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 4(2), 240601. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10388
Kurniati, N. R., Hidayati, T., & Farida, I. (2022). Stimulasi Motorik Melalui Gerak dan Lagu. Jurnal Golden Age, 6(2), 122–130.
Maharani, W. K., & Laksmiwati, H. (2013). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Di Tk Dharma Wanita Kelompok a Kecamatan Kademangan. PAUD Teratai, 2(2).
Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan metode bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini E-ISSN, 2502, 7239.
Nurmila. (2022). Penerapan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di dusun bondu desa arabika kec. sinjai barat kab. sinjai.
Putri, D. R., & Astuti, R. (2023). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bernyanyi. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 27–35.
Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rahayu, E., & Wulandari, S. (2022). Implementasi Metode Tepuk Angka untuk Mengenalkan Konsep Numerasi Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Golden Age, 6(2), 140–147. https://doi.org/10.29408/jga.v6i2.5002
Sela, S., & Wathon, A. (2023). Implementasi Metode Bernyanyi Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Mengenal Angka pada Anak Usia Dini. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Sari, N. P., & Syam, A. (2022). Efektivitas Media Tepuk Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.29408/jga.v6i1.3834
Tonra, W. S., Tonra, W. S., Wahyudi, D., & Ikhsan, M. (2023). Pembelajaran Matematika Berbasis Numerasi Di Sekolah Dasar (SD): Contoh Dan Bukan Contoh Soal Numerasi. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 186-193. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.5108
Rusdi, M. I., & Taufiq, T. (2024). Pengembangan Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Bagi Siswa SDN 55 Olang. Jurnal Literasi Digital, 4(3), 154-166. https://doi.org/10.54065/jld.4.3.2024.569
Mustakim, R., Arpin, R. M., & Fitriani, F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Mata Pelajaran Menginstalasi PC Di SMK Negeri 2 Takalar. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.438
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mila Auliyatul Faizah, Mukhtar Zaini Dahlan, Basuki Hadi Prayogo, Raden Roro Maya Candra Pinanta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.