Pengembangan Media KALPIN untuk Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-6 Tahun

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6520

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Lambang Bilangan, KALPIN, Anak Usia Dini

Abstract

Media yang digunakan untuk mengenalkan bilangan pada anak usia dini  belum variatif, masih terbatas pada memberikan pengetahuan lambang bilangan, belum berdampak pada keterampilan dalam menggunakannya pada kehidupan sehari-hari sehingga kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan KALPIN (Kalender Pintar) sebagai media yang digunakan dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-6 tahun di Pacet Kabupaten Bandung pada bulan Desember 2024 sampai Februari 2025. Media ini mengenalkan lambang bilangan dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti tanggal dan tahun, serta membantu anak memahami konsep waktu melalui angka secara lebih bermakna. Pendekatan model ADDIE digunakan dalam penelitian ini, mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, dan implementasi pada skala terbatas. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi meliputi instrumen wawancara kepala sekolah dan guru serta instrumen observasi pembelajaran. Analisis data menggunakan skala likert dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media KALPIN (Kalender Pintar) berdasarkan validasi ahli materi mendapat skor 87%, ahli media memperoleh skor 86% dan praktisi  skor 97% berada pada kategori sangat layak. Pada saat implementasi terbatas hasil observasi pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 83% dengan kategori baik dan hasil respon guru 96% pada kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan media KALPIN dapat digunakan sebagai media belajar dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak usia 4-6 tahun di Pacet Kabupaten Bandung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amahorseya, M. Z. F. A., & Mardliyah, S. (2023). Implikasi Teori Konstruktivisme Vygotsky Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Dengan Sudut Pengaman Di Tk Anak Mandiri Surabaya. Jurnal Buah Hati, 10(1), 16–28. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i1.2024

Anggraini, N., Fauzi, T., & Sari, M. (2022). Pengembangan Media KALTEM (Kalender Tema) terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Ayu Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 115–130. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.995

Chentiya, C., & Zulminiati, Z. (2021). Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 105–111. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33992

Devi, N. M. I. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran puzzle angka untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416-426. http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i3

Endang Yunitasari, S., Ekaningrum, Z., Ruyanah, Widayanti, R., & Nuraeni Komara, I. (2024). Implementasi Metode Read Aloud untuk Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di PAUD Madani Kids. Syntax Idea, 6(1), 275–289. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i1.2898

Fahmiyah, A. U., Kuswandi, D., & Wahyuni, S. (2025). Penggunaan Media Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. 14(2), 308–326. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1568

Fauzia, S. N., Nessa, R., & Rizka, S. M. (2021). Pengembangan Media Karspet Engklek untuk Memperkenalkan Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3).

Hajar, D., Antika, W., & Setiawan, D. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Train PAUD Berdasarkan Prinsip Reuse. 14(2), 280–295. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1490

Hendriyadi, S. (2016). Metode Riset Kuantitatif (2nd ed.). Prenada Media.

Idris, M. H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 37–43.

Imam, A. I., Putri, F. K. A., Nisfah, N. L., Anisah, A. K., & Fitriyanti, D. (2024). Pengembangan Aplikasi Android Matematika Untuk Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 359-369. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.467

Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Kemdikbudristek. (2024). Standar Isi Pada PAUD,Jenjang pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. 2.

Lesmana, D. E., Annisa, N., Setiawati, C., & Watini, S. (2023). Pemanfaatan Studi Literatur TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran Digital PAUD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 2055–2063. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1818

Lismayani, A., & Pratama, M. I. (2025). The Effectiveness of Mathematics 2.0 Learning through Digital Educational Games in Stimulating Early Childhood Mathematical Abilities. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 5(2), 212-218. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline3918

Mahmudah, D., & Suryani, L. (2023). Learning with the Show Tell Method Using Goole Slides as a Tool in the Development of Early Childhood Communcation. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2994–3000. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6832

Mutaqin, E. J., Muslihah, N. N., Hamdani, N. A., & Sasty, S. D. F. (2021). Analysis of The Application of Learning Theory of J.B. Bruner in a Counseling Study Counting Operation to Add Whole Numbers. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 4(1), 109. https://doi.org/10.20961/shes.v4i1.48582

Novitasari, D., Miranda, D., Perdina, S., & Lukmanulhakim. (2024). Pengembangan Immersive Learning Berbasis Virtual Reality Dalam Pengenalan Rumah Ibadah Agama Kristen untuk AUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 267–277. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.508

Nurani, Y. (2025). Early Childhood Science Literacy Through Project Learning Using Loose Parts: Literasi Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Proyek Menggunakan Loose Parts. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 159-173. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1156

Priyanto, A. (2014). pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui Aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 2(7).

Purwanto, M. N. (2019). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran.

Rahma, T. D., & Widyasari, C. (2023). Analisis Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Kantong Buah Pintar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2293-2300. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4120

Rodiah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Permainan Konstruktif dengan Model Atik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Assyifa Johar Baru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 640-645. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.472

Sa’dun Akbar. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (5th ed.). Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7

Suryani, L. (2021). Permainan Sains dan Permainan Matematika Untuk Anak Usia Dini. Bani Saleh Press.

Suryani, L. (2024). Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Dengan Media Lapbook. Jurnal Ilmiah Potensia, (9), 89.

Triana, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Media Big Book Alfabet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 24-38. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27194

Uswatun, U., Suryani, L., El Liza, M., & Saputra, N. I. (2022). Analisis Deskriptif Penerapan Model Pembelajaran BCCT dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 26-36. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i1.2425

Published

2025-08-01

How to Cite

Nurhayati, A. S., & Suryani, L. (2025). Pengembangan Media KALPIN untuk Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-6 Tahun. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 1056–1068. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6520

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.