Pengembangan Media KALPIN untuk Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6520Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Lambang Bilangan, KALPIN, Anak Usia DiniAbstract
Media yang digunakan untuk mengenalkan bilangan pada anak usia dini belum variatif, masih terbatas pada memberikan pengetahuan lambang bilangan, belum berdampak pada keterampilan dalam menggunakannya pada kehidupan sehari-hari sehingga kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan KALPIN (Kalender Pintar) sebagai media yang digunakan dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-6 tahun di Pacet Kabupaten Bandung pada bulan Desember 2024 sampai Februari 2025. Media ini mengenalkan lambang bilangan dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti tanggal dan tahun, serta membantu anak memahami konsep waktu melalui angka secara lebih bermakna. Pendekatan model ADDIE digunakan dalam penelitian ini, mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, dan implementasi pada skala terbatas. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi meliputi instrumen wawancara kepala sekolah dan guru serta instrumen observasi pembelajaran. Analisis data menggunakan skala likert dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media KALPIN (Kalender Pintar) berdasarkan validasi ahli materi mendapat skor 87%, ahli media memperoleh skor 86% dan praktisi skor 97% berada pada kategori sangat layak. Pada saat implementasi terbatas hasil observasi pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 83% dengan kategori baik dan hasil respon guru 96% pada kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan media KALPIN dapat digunakan sebagai media belajar dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak usia 4-6 tahun di Pacet Kabupaten Bandung
Downloads
References
Amahorseya, M. Z. F. A., & Mardliyah, S. (2023). Implikasi Teori Konstruktivisme Vygotsky Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Dengan Sudut Pengaman Di Tk Anak Mandiri Surabaya. Jurnal Buah Hati, 10(1), 16–28. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i1.2024
Anggraini, N., Fauzi, T., & Sari, M. (2022). Pengembangan Media KALTEM (Kalender Tema) terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Ayu Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 115–130. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.995
Chentiya, C., & Zulminiati, Z. (2021). Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 105–111. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33992
Devi, N. M. I. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran puzzle angka untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416-426. http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i3
Endang Yunitasari, S., Ekaningrum, Z., Ruyanah, Widayanti, R., & Nuraeni Komara, I. (2024). Implementasi Metode Read Aloud untuk Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di PAUD Madani Kids. Syntax Idea, 6(1), 275–289. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i1.2898
Fahmiyah, A. U., Kuswandi, D., & Wahyuni, S. (2025). Penggunaan Media Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. 14(2), 308–326. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1568
Fauzia, S. N., Nessa, R., & Rizka, S. M. (2021). Pengembangan Media Karspet Engklek untuk Memperkenalkan Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3).
Hajar, D., Antika, W., & Setiawan, D. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Train PAUD Berdasarkan Prinsip Reuse. 14(2), 280–295. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1490
Hendriyadi, S. (2016). Metode Riset Kuantitatif (2nd ed.). Prenada Media.
Idris, M. H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 37–43.
Imam, A. I., Putri, F. K. A., Nisfah, N. L., Anisah, A. K., & Fitriyanti, D. (2024). Pengembangan Aplikasi Android Matematika Untuk Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 359-369. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.467
Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974
Kemdikbudristek. (2024). Standar Isi Pada PAUD,Jenjang pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. 2.
Lesmana, D. E., Annisa, N., Setiawati, C., & Watini, S. (2023). Pemanfaatan Studi Literatur TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran Digital PAUD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 2055–2063. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1818
Lismayani, A., & Pratama, M. I. (2025). The Effectiveness of Mathematics 2.0 Learning through Digital Educational Games in Stimulating Early Childhood Mathematical Abilities. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 5(2), 212-218. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline3918
Mahmudah, D., & Suryani, L. (2023). Learning with the Show Tell Method Using Goole Slides as a Tool in the Development of Early Childhood Communcation. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2994–3000. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6832
Mutaqin, E. J., Muslihah, N. N., Hamdani, N. A., & Sasty, S. D. F. (2021). Analysis of The Application of Learning Theory of J.B. Bruner in a Counseling Study Counting Operation to Add Whole Numbers. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 4(1), 109. https://doi.org/10.20961/shes.v4i1.48582
Novitasari, D., Miranda, D., Perdina, S., & Lukmanulhakim. (2024). Pengembangan Immersive Learning Berbasis Virtual Reality Dalam Pengenalan Rumah Ibadah Agama Kristen untuk AUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 267–277. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.508
Nurani, Y. (2025). Early Childhood Science Literacy Through Project Learning Using Loose Parts: Literasi Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Proyek Menggunakan Loose Parts. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 159-173. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1156
Priyanto, A. (2014). pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui Aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 2(7).
Purwanto, M. N. (2019). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran.
Rahma, T. D., & Widyasari, C. (2023). Analisis Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Kantong Buah Pintar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2293-2300. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4120
Rodiah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Permainan Konstruktif dengan Model Atik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Assyifa Johar Baru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 640-645. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.472
Sa’dun Akbar. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (5th ed.). Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Suryani, L. (2021). Permainan Sains dan Permainan Matematika Untuk Anak Usia Dini. Bani Saleh Press.
Suryani, L. (2024). Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Dengan Media Lapbook. Jurnal Ilmiah Potensia, (9), 89.
Triana, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Media Big Book Alfabet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 24-38. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27194
Uswatun, U., Suryani, L., El Liza, M., & Saputra, N. I. (2022). Analisis Deskriptif Penerapan Model Pembelajaran BCCT dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 26-36. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i1.2425
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ai Sri Nurhayati, Lilis Suryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.