Analisis Pembelajaran TPACK Berbantu Smartphone pada IPAS Peserta Didik Kelas 5 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6821Keywords:
Analisis, Pembelajaran TPACK, Smartphone, Pembelajaran IPAS, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPAS melalui integrasi TPACK berbantuan smartphone, sekaligus memberikan dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi yang lebih optimal di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas dan implementasi model pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam mata pelajaran IPAS menggunakan aplikasi Solar System Scope melalui smartphone pada siswa kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan guru dan siswa sebagai subjek. Penelitian berlokasi SD Negeri Kadipiro Surakarta, yang berlokasi di Jl. Sumpah Pemuda, Kadipiro, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2024 sampai April 2025 di kelas V SD Negeri Kadipiro dan dilanjutkan dengan penulisan skripsi mulai Februari 2025. Alasan pemilihan lokasi ini adalah adanya permasalahan dalam penggunaan pembelajaran TPACK berbantuan smartphone oleh guru Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TPACK dengan bantuan aplikasi Solar System Scope mampu meningkatkan motivasi, pemahaman konsep, dan partisipasi siswa. Guru juga berhasil mengintegrasikan aspek teknologi, pedagogik, dan konten secara efektif. Kesimpulannya, model TPACK yang dipadukan dengan media digital interaktif merupakan pendekatan inovatif dan efektif dalam pembelajaran IPAS.
Downloads
References
Andayani, N. D., Suciptaningsih, O. A., & Mas’ula, S. (2025). Inovasi pembelajaran sains di era digital: Microsite berbasis deep learning dan TPACK pada materi panca indra untuk siswa kelas IV. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4517–4527. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7776
Farid, A. (2023). Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Handayani, L., Samosir, E. N., Sutono, R., Riana, D., Turan, S. I., & Dwiyono, Y. (2024). Peran kepemimpinan pendidikan dalam mengintegrasikan teknologi berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar Negeri. Sistema: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24903/sjp.v5i1.1813
Handini, O., Prihastari, E. B., & Wiryastuti, V. M. (2025). Analyzing teacher professionalism performance in the implementation of the independent curriculum. KnE Social Sciences, 10(17), 108–116. https://doi.org/10.18502/kss.v10i17.19319
Handini, O., & Mustofa, M. (2022). Application of TPACK in 21st century learning. International Journal of Community Service Learning, 6(4), 530–537. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.54620
Hardanti, P., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2024). Studi literatur: Pemanfaatan pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) pada pengembangan e-modul pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.307
Putri, I. A., & Harinaredi. (2023). Modernisasi pembelajaran IPS berbasis TPACK di era 4.0 kelas tinggi sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 233–241. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5333
Jamalulail, Q., & Rochmiyati, S. (2023). Implementasi pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas IV SD. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 148–155.
Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran kreatif untuk mewujudkan anak-anak yang cerdas, kreatif, dan berkarakter. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 20(2), 205–216. https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1433
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2020). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
Nafisah, D., & Ghofur, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran scan barcode berbasis Android dalam pembelajaran IPS. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144–152. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985
Ningsih, T. (2022). Transformasi moral digital dalam pembelajaran (D. W. S. Lestari, Ed.). Rumah Kreatif Wadas Kelir. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3233
Nugroho, T. P., & Wulandari, V. (2023). Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan problem based learning berbasis TPACK pada pembelajaran tematik. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(2). https://doi.org/10.21093/sippg.v1i2.6301
Putri, D. N., Sumarno, & Aziz, A. (2021). Penerapan pendekatan TPACK untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 1 Kemiri. Jurnal Handayani, 12(1), 92. https://doi.org/10.24114/jh.v12i1.26251
Shafira, D. A., & Minsih, M. (2022). Blended learning dengan desain pembelajaran TPACK pada tatap muka terbatas di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4622–4628. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2914
Subhan, M. (2020). Analisis penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge pada proses pembelajaran Kurikulum 2013 di kelas V. Education and Training, 1(2), 174–179. https://doi.org/10.62017/merdeka
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis kemampuan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) guru biologi SMA dalam menyusun perangkat pembelajaran materi sistem peredaran darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 44–53. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Untu, Z., Widyasari, T., Mallala, S., Jumain, J., & Faradiba, D. A. (2023). Kemampuan guru dalam mengintegrasikan Technological Pedagogical Content and Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran matematika di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 335–343. https://doi.org/10.20527/edumat.v12i2.20044
Wisudojati, B., Iswadi, M. K., Aminullah, A. M., & Laelatunnufus, A. (2024). Peningkatan keterampilan literasi berpikir kritis pada siswa sekolah menengah melalui integrasi teknologi pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1815–1821. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2629
Zulfa, F., & Suwarno, S. H. (2021). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru kelas VI di MIN 6 Sukoharjo. [Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Miftahul Avi Syamsyiah, Oktiana Handini , M. Faruq Hanafi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.