Pengaruh Model Problem Based Learning melalui Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6818Keywords:
Problem Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Berpikir Kritis, Berfikir Kreatif, Siswa Sekolah DasarAbstract
Keterampilan abad ke-21, khususnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif, merupakan kompetensi esensial yang harus dikuasai siswa untuk menghadapi tantangan global. Namun, hasil survei internasional seperti PISA tahun 2022 menunjukkan bahwa capaian siswa Indonesia dalam kedua aspek tersebut masih tergolong rendah. Urgensi penelitian ini adalah menemukan model pembelajaran yang efektif dalam menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif sejak jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) melalui pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Parungpanjang, dengan sampel dipilih secara purposive sampling. Sampel terdiri atas kelas VA SDN Gorowong 02 sebagai kelas eksperimen (24 siswa) dan kelas VB SDN Gorowong 04 sebagai kelas kontrol (24 siswa). Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif, lembar observasi aktivitas, serta angket respon siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t independen dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata N-Gain berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,65 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,45. Untuk berpikir kreatif, rata-rata N-Gain kelas eksperimen mencapai 0,73 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol hanya 0,64. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, model Problem Based Learning melalui pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sekolah dasar, serta dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang relevan dengan tuntutan pendidikan abad ke-21.
Downloads
References
Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & Isrok'atun, I. A. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871-880. DOI: https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580
Atmojo, I. R. W., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi (Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). CV Pajang Putra Wijaya.
Avcu, Y. E., & Yaman, Y. (2022). Effectiveness of the differentiated instructional design for value education of gifted: a mixed study. Journal of Gifted Education and Creativity, 9(1), 1-23.
Baltzman L. (2023) A Systematic Review of Higher-Order Thinking by Visualizing its Structure Using His Cite and Cite Space Software Write the Abstract and Introduction. Int J Adv Innovat Thoughts Ideas, 12: 222.
Baş, M., & Bolat, Y. (2022). The Impact of Cognitive Competence on Critical Thinking Skills: An Educational Science Study with School Counsellors. Education Quarterly Reviews, Vol.5 Special Issue 2: Current Education Research in Turkey, 53–64.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Diniyah, A. L. (2024). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI Sunan Giri. Experiment: Journal of Science Education, 4(1), 24-34. DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v4i1.28966
Dorisno, D., Ayunis, A., Efendi, R., & Zulfahmi, H. B. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(2), 163-174.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal basicedu, 6(2), 2846-2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Haryanti, T. S., Sujana, A., & Isrok'atun, I. A. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Materi Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 3(1). https://doi.org/10.17509/jpi.v3i1.18946
Kepka BSKAP Nomor 031/H/KR/ 2024 tentang Kompetensi dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Mongkau, J. G., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Memperkuat Keterampilan Abad 21 untuk Generasi Emas. Journal on Education, 6(4), 22018-22030. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6323
Nasrulloh, S. Q., Prihantini, R., & Irianto, S. (2023). PBL berdiferensiasi sebagai upaya peningkatan kemampuan berfikir kritis dan penyelesaian masalah pada pembelajaran biologi. Khazanah Pendidikan, 17(2), 346-350. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17915
Hasritita, R. (2024). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).
PISA. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Kementriaan Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 77-97. DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.13
Rahmawati, Tomo Djudin, & Hamdani. (2023). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) di MAN2 Pontianak. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 298-306. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i1.1481
Rukminingsih, G. A., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, 53(9).
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif: Studi eksplorasi siswa di SMPN 62 Surabaya. Pensa: e-jurnal pendidikan sains, 9(2), 242-246.
Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67, 18.
Syofyan, H. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ipa Menuju Pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Deepublish.
Wibowo, D. C., Peri, M., Awang, I. S., Rayo, K. M., & Sintang, S. P. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 152-161. DOI:10.31932/j-pimat.v2i2.889
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gina Sofianti, Rasmitadila Rasmitadila, Sri Dewi Nirmala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.